Pakar Jihadis Irak Tewas Ditembak Orang Misterius

KIBLAT.NET, Baghdad – Seorang pakar Irak terkemuka yang kerap meneliti kelompok-kelompok jihad di Timur Tengah, termasuk ISIS, ditembak mati oleh orang-orang bersenjata tak dikenal pada Senin (05/07/2020) malam di depan rumahnya di Baghdad. Hal ini diungkapkan direktur media Kementerian Dalam Negeri Irak, Mayor Jenderal Saad Maan.

Hisham al-Hashimi (47) sering muncul di outlet media lokal dan asing sebagai analis, terutama selama pertempuran Irak melawan ISIS.

Dia juga kerap bersuara tentang politik Irak dan kelompok-kelompok ekstremis Syiah dan telah menjadi sebagai penasihat pemerintah Irak sebelumnya.

Al-Hashimi meninggal di Rumah Sakit Ibn Al-Nafees di Baghdad setelah dia terluka serius dalam serangan itu.

Motif di balik pembunuhannya sejauh ini tidak jelas, tetapi pembunuhan yang dengan target serupa sering terjadi selama puncak perang sektarian Irak.

Al-Hashimi adalah seorang kritikus vokal elit politik Irak dan kerap membahas korupsi di negara itu pada akun media sosialnya. Dia tampaknya telah men-tweet tentang konflik sektarian dalam politik Irak beberapa saat sebelum terbunuh.

Berita kematiannya mengejutkan banyak orang di Timur Tengah dan sekitarnya.

Duta Besar Uni Eropa untuk Irak Martin Huth tweeted: “Bersama dengan keluarga dan teman-temannya, kami berduka atas kematian Dr Husham Al-Hashimi. Para pelaku kejahatan keji ini harus dibawa ke pengadilan!”

Sumber: CNN
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat