Ahok Lelang Batik yang Dikenakan Saat Sidang, Ditawar Sampai Rp 100 Juta

KIBLAT.NET, Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melelang 19 baju batik yang dikenakan selama sidang penistaan agama. Lelang tersebut bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-54 pada 29 Juni 2020.

“Batik sidang pertama sudah mencapai tawaran hingga Rp100 juta,” kata Ahok melalui Instagram pribadinya @basukibtp pada Kamis (02/07/2020).

Setelah tawaran pertama tersebut, kini Ahok kembali melelang batik sidang keduanya. Motif batik tulis yang dikenakannya merupakan batik sogan dengan motif debyah. Makna dari motif debyah ini menurut Ahok, mengandung filosofi bunga teratai yang sedang mekar.

“Diharapkan, sang pemakai motif ini dapat ‘mekar’ karirnya setelah menjalani sidang,” ujarnya.

Ahok pun menceritakan dirinya yang terlihat tegar saat Jaksa Penuntut Umum menolak seluruh alasannya dalam nota pembelaan. Selain itu, motif batik tersebut juga dikenakan Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Hari Batik Nasional yakni Rabu, 2 Oktober 2013.

“Kini, bunga teratai tersebut, percaya atau tidak, terbukti ‘mekar’ pada kedua sosok negarawan ini,” klaim Ahok.

Jika batik pertama dibuka dengan harga RP 54, maka batik kedua ini dibuka dengan harga Rp 2.906 sesuai tanggal kelahirannya.

Sebelumnya, Ahok pernah tersandung kasus penodaan agama lantaran mengutip Surat Al Maidah ayat 51 saat berpidato di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok didakwa dengan dua pasal alternatif, yakni Pasal 156a KUHP dan atau Pasal 156 KUHP.

BACA JUGA  Suparji Ahmad: Sumbangsih Syekh Jaber untuk Indonesia Sangat Besar

Akhirnya pada 9 Mei 2017, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pun menyatakan Ahok bersalah dan menjatuhkan vonis hukuman 2 tahun penjara.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat