... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Abu Rara Penusuk Wiranto Divonis 12 Tahun Penjara

Foto: Detik-detik penusukan terhadap Menko Polhukam Kabinet Kerja, Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10 Oktober 2019). (Foto: Antara)

KIBLAT.NET, Jakarta – Terdakwa penusuk mantan Menko Polhukam Wiranto, Syahrial Alamsyah alias Abu Rara divonis 12 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat karena dinilai terbukti melakukan tindak pidana terorisme.

“Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak terorisme dengan mengajak anak dan tindak terorisme sebagaimana dalam dakwaan satu dan dakwaan dua. Menjatuhkan pidana kepada Abu Rara dengan pidana penjara selama 12 tahun penjara,” kata Ketua Majelis Hakim, Masrizal di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (25/06/2020), dikutip dari Antara.

Abu Rara dinyatakan melanggar pasal 15 junto Pasal 6 junto pasal 16 Undang-Undang nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi undang-undang.

“Penetapan pidana terhadap terdakwa dikurangi seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,” tambahnya.

Putusan majelis hakim tersebut empat tahun lebih rendah dibandingkan dengan tuntutan 16 tahun penjara Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Setelah mendengar putusan hakim, Abu Rara diberi kesempatan untuk mengajukan banding apabila merasa keberatan dengan putusan Majelis Hakim.

Namun dia menyatakan menerima putusan tersebut.

“Bismillah saya terima putusan hakim tanpa cela,” kata Abu Rara.

Selanjutnya, Majelis Hakim mengetok palu menandakan sidang telah usai dan ditutup.

Istri Abu Rara Divonis Sembilan Tahun

BACA JUGA  Setelah Dilaporkan, Kabid Humas Polda Sulteng Sebut Almarhum Qidam Bukan Teroris

Sebelumnya, istri Abu Rara, Fitri Diana divonis divonis sembilan tahun penjara. Vonis itu empat tahun lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Istri Abu Rara itu disebut terbukti melakukan kegiatan tindak pidana terorisme dengan suaminya di Menes, Pandegelang, Banten pada Oktober 2019.

“Terdakwa dianggap terbukti dalam tindak pidana terorisme seperti yang dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU). Maka dengan ini Fitri Diana dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara,” kata Masrizal.

Selain itu, terdakwa lainnya yaitu Samsudin alias Ending alias Jack Sparrow alias Abu Basilah divonis lima tahun penjara atas perencanaan tindak terorisme di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (25/06/2020).

Samsudin adalah rekan Abu Rara, ia didakwa membantu merencanakan penyerangan terhadap mantan Menko Polhukam Wiranto.

“Terdakwa Samsudin dianggap terbukti dalam perencanaan tindak pidana terorisme. Maka dari itu terdakwa divonis lima tahun penjara,” kata Ketua Majelis Hakim Masrizal.

Vonis tersebut lebih ringan dua tahun. Majelis hakim mempersilakan Samsudin untuk mengajukan keberatan atas putusan tersebut. Namun Samsudin menerima putusan tersebut.

Sumber: Antara
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Eks Tahanan Ungkap Kejamnya Penyiksaan dalam Penjara Rezim Assad

Muhammed Rahimo (56) dipenjara di berbagai penjara rezim selama lebih dari lima tahun, meskipun ia tidak bersalah atas kejahatan apa pun.

Jum'at, 26/06/2020 14:11 0

India

107 Orang Tewas Akibat Tersambar Petir di India

Setidaknya 107 orang tewas akibat sambaran petir di India utara dan timur. Demikian kata para pejabat, selama awal musim hujan tahunan.

Jum'at, 26/06/2020 14:01 0

Afrika

Instruktur Senior Al Shabab Somalia Terbunuh

KIBLAT. NET, Mogadishu – Instruktur senior Gerakan Al Shabab Al Mujahidin Somalia terbunuh dalam operasi...

Jum'at, 26/06/2020 09:54 0

Rusia

Rusia Mundur dari Pengaturan yang Cegah Penargetan Fasilitas Medis di Suriah

UutKIBLAT. NET, Moskow – Rusia pada Kamis (25/06/2020) mengumumkan mundur dari Pengaturan Sukarela yang dipimpin...

Jum'at, 26/06/2020 09:32 0

News

Bosan di Rumah? Berkemah Bisa Jadi Alternatif Hindari Corona

Beberapa pengunjung yang berlibur mempertimbangkan rencana untuk berkemah di luar rumah yang indah di mana mereka dapat lebih mudah menghindari infeksi dan menjaga jarak sosial.

Rabu, 24/06/2020 14:03 0

Amerika

Perjanjian Dagang, Alasan Trump Tak Sanksi Berat Cina terkait Muslim Uighur

Pernyataan Trump dimuat situs web Amerika, Axios, Minggu lalu, di mana ia mengatakan: "Pencapaian yang sangat berarti berarti ia tidak dapat memaksakan sanksi tambahan."

Rabu, 24/06/2020 13:39 0

Opini

Perlukah Seorang Muslim Mengadopsi Pikiran Feminisme?

Kaum feminis kerap mencari konteks dan latar belakang dari nash-nash Al-Qur’an maupun Hadis yang berkaitan dengan wanita kemudian membuat bantahan terhadap penafsiran yang dianggap mendiskreditkan kaum wanita.

Rabu, 24/06/2020 09:28 0

Arab Saudi

Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji, Tapi Dibatasi

"Keputusan itu diambil karena ancaman yang terus-menerus dari pandemi coronavirus dan untuk menjaga kesehatan masyarakat global, kata Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

Selasa, 23/06/2020 08:39 0

Afrika

Corona Menyebar, Begini Ratapan Tahanan Politik di Penjara “Kalajengking” Mesir

Tahanan di Penjara 992 yang dijaga ketat di Kairo, yang dikenal sebagai "Penjara Scorpion," mengatakan bahwa jumlah orang dengan gejala virus Corona baru naik menjadi lebih dari 300 tahanan. Namun, otoritas penjara tak mengambil tindakan apapun.

Selasa, 23/06/2020 08:12 0

Palestina

Satu Jutaan Warga Palestina di Gaza Kekurangan Pangan

Selain itu, blokade Israel di Gaza sejak 2006 telah mengakibatkan melonjaknya tingkat kemiskinan dan pengangguran di wilayah yang dikepung.

Senin, 22/06/2020 06:26 0

Close