... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menolak Pengungsi Rohingya Sama dengan Legalkan Pelanggaran HAM

Foto: Penahanan apal pengungsi Rohingya oleh otoritas Malaysia di Langkawi pada 2018. (Foto: Aljazeera)

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menegaskan bahwa pemerintah Indonesia harus menjamin keselamatan pengungsi Rohingya yang baru mendarat di Aceh. Ia menegaskan, para pengungsi harus diberi kebutuhan dasar.

“Kami mendesak pihak berwenang di Indonesia untuk memastikan penyelamatan, pendaratan dan perlindungan bagi para pengungsi. Mereka juga harus diberikan kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, air bersih dan tempat tinggal sementara yang layak. Apalagi banyak dari mereka adalah anak-anak,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Kamis (25/06/2020).

Usman juga menyebut bahwa sengan adanya kejadian ini, pihaknya mendesak Pemerintah untuk segera menginisiasi komunikasi intensif dengan pemimpin negara lain di kawasan, termasuk dengan Australia.

“Hal ini dilakukan agar Bali Process diaktifkan demi mencari solusi tentang bagaimana menyelamatkan para pengungsi yang masih terapung di laut dan untuk mengakhiri penderitaan mereka,” tuturnya.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, lanjutnya, kami meminta negara-negara di kawasan untuk menjamin keselamatan dan kesejahteraan para pengungsi serta tidak mendorong mereka kembali ke laut. Di bawah hukum internasional, negara-negara di kawasan punya kewajiban untuk menyelamatkan pengungsi yang mencari perlindungan di wilayah negara mereka.

“Kami menekankan bahwa menolak para pengungsi ini sama saja dengan melegalkan pelanggaran hak asasi manusia,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Bosan di Rumah? Berkemah Bisa Jadi Alternatif Hindari Corona

Beberapa pengunjung yang berlibur mempertimbangkan rencana untuk berkemah di luar rumah yang indah di mana mereka dapat lebih mudah menghindari infeksi dan menjaga jarak sosial.

Rabu, 24/06/2020 14:03 0

Amerika

Perjanjian Dagang, Alasan Trump Tak Sanksi Berat Cina terkait Muslim Uighur

Pernyataan Trump dimuat situs web Amerika, Axios, Minggu lalu, di mana ia mengatakan: "Pencapaian yang sangat berarti berarti ia tidak dapat memaksakan sanksi tambahan."

Rabu, 24/06/2020 13:39 0

Opini

Perlukah Seorang Muslim Mengadopsi Pikiran Feminisme?

Kaum feminis kerap mencari konteks dan latar belakang dari nash-nash Al-Qur’an maupun Hadis yang berkaitan dengan wanita kemudian membuat bantahan terhadap penafsiran yang dianggap mendiskreditkan kaum wanita.

Rabu, 24/06/2020 09:28 0

Arab Saudi

Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji, Tapi Dibatasi

"Keputusan itu diambil karena ancaman yang terus-menerus dari pandemi coronavirus dan untuk menjaga kesehatan masyarakat global, kata Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

Selasa, 23/06/2020 08:39 0

Afrika

Corona Menyebar, Begini Ratapan Tahanan Politik di Penjara “Kalajengking” Mesir

Tahanan di Penjara 992 yang dijaga ketat di Kairo, yang dikenal sebagai "Penjara Scorpion," mengatakan bahwa jumlah orang dengan gejala virus Corona baru naik menjadi lebih dari 300 tahanan. Namun, otoritas penjara tak mengambil tindakan apapun.

Selasa, 23/06/2020 08:12 0

Palestina

Satu Jutaan Warga Palestina di Gaza Kekurangan Pangan

Selain itu, blokade Israel di Gaza sejak 2006 telah mengakibatkan melonjaknya tingkat kemiskinan dan pengangguran di wilayah yang dikepung.

Senin, 22/06/2020 06:26 0

Afrika

Arab Saudi dan UEA Dukung Langkah Mesir dalam Konflik Libya

Arab Saudi mengatakan keamanan Mesir merupakan bagian integral dari keamanan Kerajaan dan seluruh negara Arab. Terkait hal ini, Riyadh berdiri di samping Kairo.

Senin, 22/06/2020 06:22 0

Opini

PDIP Lancang Mensejajarkan Khilafah dengan Komunisme

Nampaknya, kebencian PDIP terhadap ajaran Islam KHILAFAH belum pupus, meskipun rezim Jokowi di bawah kendali PDIP telah mencabut BHP HTI secara zhalim, hanya dengan dalih telah mendakwahkan ajaran Islam KHILAFAH.

Ahad, 21/06/2020 09:57 1

Suara Pembaca

Kurban, Yuk! Bersama Mualaf dan Kaum Termarjinal

Mengawal dakwah di daerah rawan pendangkalan aqidah dan daerah termarjinal memang butuh jurus khusus. Karena...

Sabtu, 20/06/2020 15:46 0

Suriah

Banjir di Kamp-kamp Pengungsi Suriah, 3 Tewas 2 Hilang

KIBLAT.NET, Idlib – Banjir bandang merenggut nyawa 3 warga di kamp-kamp pengungsi Suriah di Idlib,...

Sabtu, 20/06/2020 15:40 0

Close