Soroti Pernikahan Usia Dini, Politisi NasDem Salahkan Video Dewasa

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota Komisi VIII dari Fraksi NasDem, Satori menyoroti meningkatnya pernikahan di bawah umur. Ia menyebut hal itu disebabkan kurangnya sosialisasi dari Pemerintah Pusat mengenai usia pernikahan ideal, terutama di daerah terpencil.

“Seperti yang kita tahu, ada perubahan batas usia perkawinan menjadi 19 tahun. Tetapi yang terjadi adalah masih banyak usia-usia di bawah itu yang sudah melakukan perkawinan. Tentu ini menjadi tugas kita semua untuk menyelesaikannya,” kata Satori saat Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) di Gedung Nusantara II Senayan, Jakarta pada Selasa (23/6/2020).

Selain itu, Satori yang berasal dari partai NasDem itu juga menilai bahwa pernikahan di bawah umur disebabkan oleh video dewasa. Ia mengatakan bahwa saat ini masyarakat lebih mudah mengakses video dewasa sehingga memicu pernikahan di bawah umur.

“Jadi serba salah, pernikahan di bawah umur ini bertujuan untuk menghindari zina, tetapi sisi lain administrasinya juga salah,” ujar Satori.

Lebih lanjut Satori menyatakan harus ada kerja sama antara KPPPA dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dalam menghentikan peredaran video-video dewasa yang mudah diakses oleh setiap masyarakat.

“Harus ada kerja sama untuk menghentikan ini, seperti dengan Kominfo. Karena video ini mudah sekali diakses siapapun yang memiliki HP, apalagi saat ini banyak anak-anak di bawah umur sudah punya HP,” imbuh Satori.

BACA JUGA  Disuntik Vaksin Sinovac, Jokowi Mengaku Agak Pegal

 

Sumber: Parlementaria
Editor: Guntur Aji

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat