Satu Jutaan Warga Palestina di Gaza Kekurangan Pangan

KIBLAT.NET, Gaza – Sekitar satu juta warga Palestina di Gaza menghadapi kekurangan makanan karena Israel terus memblokade dan memangkas dana global untuk para pengungsi Palestina. Demikian ungkap sebuah organisasi kesejahteraan pada hari Sabtu (20/06/2020).

Dalam sebuah pernyataan pada Hari Pengungsi Dunia, Jamal al-Khoudary, ketua Komite Populer untuk Mengakhiri Pengepungan Gaza, mengatakan bahwa turunnya dukungan dari para donor memiliki dampak serius pada para pengungsi Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yerusalem dan negara-negara Arab lainnya.

Dia mengatakan keputusan AS untuk menghentikan dana sekitar $ 360 juta per tahun, untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) dua tahun lalu telah berdampak pada operasi badan tersebut.

Selain itu, blokade Israel di Gaza sejak 2006 telah mengakibatkan melonjaknya tingkat kemiskinan dan pengangguran di wilayah yang dikepung.

Hari Pengungsi Sedunia ditandai secara global pada 20 Juni dan berfokus pada peningkatan kesadaran tentang penderitaan jutaan pengungsi di seluruh dunia.

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat