... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

RUU HIP Cacat Sejak Masih Naskah Akademik

Foto: Majelis Silaturahmi Dami Negeriku

KIBLAT.NET, Solo – Komponen umat islam Solo Raya yang tergabung dalam Majelis Silaturahmi Dami Negeriku menolak RUU HIP. Rancangan Undang-undang ini dinilai ada cacat substansial dan konstitusional sejak masih naskah akademik.

“Kami segenap komponen umat Islam Solo raya menyatakan menolak RUU HIP karena memiliki cacat substansial dan konstitusional sejak masih Naskah Akademik,” Ungkap Muhammad Halim, Ketua Majelis Silaturahmi Dami Negeriku di Gedung MUI Solo pada Senin (22/6/20).

Menurutnya, naskah Akademik RUU HIP telah memanipulasi Keppres Hari Lahir Pancasila dengan menyatakan bahwa, Keppres Hari Lahir Pancasila 1 Juni sebagai bentuk pengakuan negara bahwa Pancasila bersumber dari pidato Soekarno 1 Juni 1945 dalam sidang pertama BPUPKI.

Menurutnya, hal itu tidak pernah dilakukan oleh Ir. Soekarno sendiri selama beliau menjabat sebagai presiden RI. RUU tersebut juga mendegradasi Pancasila dan berdusta atas nama Proklamator Kemerdekaan RI dan akan membuka hidupnya kembali faham komunisme.

“Kami menegaskan bahwa tanggal 1 Juni adalah lahirnya istilah Pancasila bukan hari lahir Pancasila. Karena, Soekarno baru memperkenalkan istilah pancasila dihadapan BPUPKI, dan belum disetujui sebagai dasar negara.” terangnya.

“Adapun kelahiran Pancasila sebagai dasar negara secara substansial dan konstitusional adalah tanggal 18 Agustus 1945 sebagaimana yang tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945,” sambungnya.

Di akhir, ia meminta kepada DPR RI melalui Baleg dan Panja RUU HIP untuk membatalkan RUU HIP. Karena akan membuat turbulensi berkepanjangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mendegradasi Pancasila dan mengabaikan UUD I945 yang akan membahayakan stabilitas NKRI.

BACA JUGA  Massa PA 212 Akan Kepung DPR Siang Ini

Reporter: Reno
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “RUU HIP Cacat Sejak Masih Naskah Akademik”

  1. Firman Ahmad

    Sepakat bahwa tanggal 1 Juni memang adalah lahirnya istilah Pancasila, tetapi anehnya sebagian buku sejarah yang diajarkan di SMP menyatakan bahwa sidang pertama BPUPKI yang berakhir tanggal 1 Juni telah menetapkan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila padahal saat itu dasar negara masih belum disetujui karena baru sebatas usulan.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Satu Jutaan Warga Palestina di Gaza Kekurangan Pangan

Selain itu, blokade Israel di Gaza sejak 2006 telah mengakibatkan melonjaknya tingkat kemiskinan dan pengangguran di wilayah yang dikepung.

Senin, 22/06/2020 06:26 0

Afrika

Arab Saudi dan UEA Dukung Langkah Mesir dalam Konflik Libya

Arab Saudi mengatakan keamanan Mesir merupakan bagian integral dari keamanan Kerajaan dan seluruh negara Arab. Terkait hal ini, Riyadh berdiri di samping Kairo.

Senin, 22/06/2020 06:22 0

Opini

PDIP Lancang Mensejajarkan Khilafah dengan Komunisme

Nampaknya, kebencian PDIP terhadap ajaran Islam KHILAFAH belum pupus, meskipun rezim Jokowi di bawah kendali PDIP telah mencabut BHP HTI secara zhalim, hanya dengan dalih telah mendakwahkan ajaran Islam KHILAFAH.

Ahad, 21/06/2020 09:57 1

Suara Pembaca

Kurban, Yuk! Bersama Mualaf dan Kaum Termarjinal

Mengawal dakwah di daerah rawan pendangkalan aqidah dan daerah termarjinal memang butuh jurus khusus. Karena...

Sabtu, 20/06/2020 15:46 0

Suriah

Banjir di Kamp-kamp Pengungsi Suriah, 3 Tewas 2 Hilang

KIBLAT.NET, Idlib – Banjir bandang merenggut nyawa 3 warga di kamp-kamp pengungsi Suriah di Idlib,...

Sabtu, 20/06/2020 15:40 0

Afrika

Protes Pemerintahan Korup, Rakyat Mali Kembali Turun ke Jalan

KIBLAT.NET, Bamako – Kerumunan besar sekali lagi memenuhi jalan-jalan ibukota Mali, Bamako. Ini sebagai lanjutan...

Sabtu, 20/06/2020 15:08 0

Amerika

Buku Memoar John Bolton Ungkap Kamp Konsentrasi Uighur Disetujui Trump

Ada banyak rahasia pemerintah Trump yang diungkap oleh John Bolton di bukunya tersebut. Salah satunya terkait cerita Trump yang setuju dengan pembangunan kamp-kamp penahanan Muslim Uighur di China.

Sabtu, 20/06/2020 06:04 0

India

Cina Siapkan Tank-tank Mutakhir di Perbatasan India

Latihan itu juga melibatkan tank baru Beijing Tipe 15, yang melakukan debut publiknya pada parade militer Hari Nasional Oktober lalu.

Kamis, 18/06/2020 16:23 0

Amerika

John Bolton: Trump Minta Bantuan Cina untuk Menangi Pemilu 2020

Yang paling mengejutkan, dia mengatakan kepada Xi bahwa penawanan massal Muslim Uighur adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Kamis, 18/06/2020 16:20 0

Prancis

Kasus Pencucian Uang, Paman Bashar Assad Divonis Empat Tahun Penjara

Paman Presiden Suriah Bashar Assad dijatuhi hukuman empat tahun di penjara Prancis setelah diputuskan bersalah dalam kasus pencucian uang dan penipuan pajak. 

Kamis, 18/06/2020 16:15 0

Close