John Bolton: Trump Minta Bantuan Cina untuk Menangi Pemilu 2020

KIBLAT.NET, Washington – Donald Trump memohon bantuan kepada pemimpin China Xi Jinping untuk memenangkan kembali pemilihan pada tahun 2020. Demikian tulis mantan penasihat keamanan nasional presiden AS John Bolton dalam sebuah buku baru di balik layar yang eksplosif, menurut kutipan yang diterbitkan pada hari Rabu (17/06/2020).

Dalam kritik pedasnya, Bolton menyebut bahwa fokus Trump adalah memenangkan masa jabatan kedua dengan mendorong kebijakan luar negerinya. Dalam kutipan yang diterbitkan oleh The Washington Post, The New York Times, dan The Wall Street Journal, Bolton juga mengklaim Trump berulang kali akan mengabaikan pelanggaran hak-hak orang Cina. Yang paling mengejutkan, dia mengatakan kepada Xi bahwa penawanan massal Muslim Uighur adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

“Dalam pertemuan penting dengan Xi Juni lalu, Trump mengalihkan pembicaraan ke arah pemilihan presiden AS, menyinggung kemampuan ekonomi Cina untuk mempengaruhi kampanye yang sedang berlangsung, memohon kepada Xi untuk memastikan dia menang,” klaim Bolton dalam pesannya.

Bolton menulis bahwa Trump menekankan pentingnya petani Amerika dan bagaimana meningkatkan pembelian kedelai dan gandum Cina karena dapat memengaruhi hasil pemilihan AS.

Bolton juga menggambarkan beberapa perilaku Trump, termasuk intervensinya dalam kasus-kasus yang melibatkan perusahaan-perusahaan besar di Cina dan Turki. “Dia pada dasarnya, memberikan bantuan pribadi kepada diktator yang dia sukai,” tulis Bolton.

“Pola itu tampak seperti penghalang keadilan sebagai cara hidup, yang tidak bisa kami terima,” lanjut Bolton, yang mengatakan telah melaporkan hal ini kepada Jaksa Agung William Barr.

Buku, “The Room Where It Happened,” akan dirilis Selasa depan.

Sumber: AFP
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat