... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Habib Rizieq 2 Tahun Dicekal, HRS Center: Pemerintah RI Harus Bertanggung Jawab

Foto: Habib Muhammad Rizieq Shihab

KIBLAT.NET, Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tercatat telah mengalami pencekalan selama dua tahun, sehingga tak bisa kembali ke Tanah Air. Habib Rizieq Shihab (HRS) Center menyatakan pemerintah RI harus bertanggung jawab atas kondisi itu.

Direktur HRS Center Abdul Chair Ramadhan mengatakan pada 15 Juni 2020 Habib Rizieq Shihab genap dua tahun menjalani masa pencekalan. Dia menyebutnya sebagai cekal terselubung.

“Habib Rizieq Shihab (HRS) menjalani masa “pengasingan politik” melalui “cekal terselubung” terhitung mulai tanggal 15 Juni 2018,” ujar Abdul Chair dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Selasa (16/06/2020).

“Negara selalu menghindar untuk bertanggung jawab dan menunjuk Kerajaan Saudi Arabia (KSA) selaku pihak yang memiliki otoritas,” imbuhnya.

HRS Center menghimpun sejumlah bukti kronologis pencekalan Habib Rizieq. Perintah cekal dari penyidik umum kantor intelijen Saudi pertama kali diterbitkan pada 1 Syawal 1439 H atau 15 Juni 2018, dengan nomor perintah 68447.

Sementara perintah cekal kedua muncul pada 29 Rabiul Awwal 1439 H atau 7 Desember 2018 dengan nomor 26138. Bunyi perintahnya adalah larangan keluar/larangan bepergian.

Sejumlah usaha untuk keluar dari Arab Saudi juga telah dilakukan Habib Rizieq. HRS Center menjelaskan usaha pertama dilakukan pada 8 Juli 2018, lalu 12 Juli 2018, dan terakhir 19 Juli 2018. Namun, ketiga usaha untuk keluar itu gagal akibat cekal. Akhirnya pada 20 Juli 2018 masa berlaku visa bisnis multiple milik Habib Rizieq habis, sehingga over stay sampai sekarang.

BACA JUGA  Hidayat Nur Wahid: Upaya Pembakaran Baliho HRS Bentuk Tindak Pidana

Abdul Chair menilai ada indikasi kuat adanya permintaan cekal dari pemerintah Indonesia. Dia merujuk keterangan yang disampaikan mantan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Usamah Ays-Syu’aibi dalam sebuah wawancara dengan sebuah statsiun televisi. Salah satu pernyataan Usamah yang dirujuk Direktur HRS Center itu adalah, “dia punya hak untuk tinggal di Saudi sesuai dengan aturan resmi Saudi, bila dia ingin kembali ke Jakarta dia bebas untuk pergi. Tapi Anda harus tanya kepada Pemerintah Anda.”

“Menurut ketentuan hukum, status pencekalan tidak boleh melebihi batas waktu dua tahun,” lanjut Abdul Chair.

Di Indonesia, tata cara pelaksanaan pencegahan dan penangkalan diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1994. Dalam pasal 6 ayat 3 huruf b dijelaskan, jangka waktu penangkalan terhadap Warga Negara Indonesia adalah paling lama enam bulan dan setiap kali dapat diperpanjang untuk paling lama enam bulan dengan ketentuan seluruh masa perpanjangan penangkalan tersebut tidak lebih dari dua tahun.

“Pemerintah RI harus bertanggung jawab,” pungkas Abdul Chair.

Reporter: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Peluang di Balik Wabah Corona Memang Ada, Tapi Masih Sebatas “Awang-Awang”

Fahmi Suwaidi memang memaparkan dengan baik terkait banyaknya korban dan kerugian luar biasa yang dialami para penguasa Eropa di kala itu sebagai titik persamaan. Namun patut disayangkan, sejatinya banyak hal-hal yang lebih subtansial yang luput dituliskan.

Rabu, 17/06/2020 07:40 0

Amerika

Baru Sembuh Dari Covid-19, Kakek 70 Tahun Kaget Ditagih Biaya Perawatan 15 Miliar

Setelah dinyatakan sembuh, Flor harus berhadapan dengan tagihan rumah sakit setebal 81 halaman

Selasa, 16/06/2020 15:14 0

Palestina

Hamas Seru Palestina Bersatu Lawan Aneksasi Israel

KIBLAT.NET, Gaza – Gerakan perlawanan Palestina Hamas, Senin (15/06/2020), menyerukan persatuan di antara Palestina dan...

Selasa, 16/06/2020 05:56 0

Eropa

Presiden Polandia Samakan Ideologi LGBT dengan Komunisme

Dia mengatakan generasi orang tuanya telah berjuang melawan ideologi komunis selama 40 tahun dan "mereka tidak memperjuangkan ini sehingga muncul ideologi baru yang bahkan lebih destruktif".

Senin, 15/06/2020 05:36 0

Palestina

Empat Strategi Hamas Hadapi Rencana Aneksasi Israel

"Kita berada di depan tahap paling berbahaya dalam konflik ini, tetapi ini adalah yang paling dekat dengan kemenangan dan pembebasan," ujar Haniyeh.

Senin, 15/06/2020 05:22 0

Info Event

Ikuti! Webinar Islamisasi Sains dan Pengaruhnya Hari Ini Bersama ITJ Bekasi

bagaimana sejarah Islamisasi Sains yang sesungguhnya dan bagaimana pengaruhnya hingga hari ini?

Ahad, 14/06/2020 22:18 0

Arab Saudi

Bangun Pusat Anti-Teror PBB, Saudi Kucurkan Puluhan Juta Dolar

KIBLAT.NET, Riyadh – Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan perang terhadap terorisme...

Ahad, 14/06/2020 07:15 0

Amerika

Trump: Kita Bukan Polisi Dunia!

“Kita mengakhiri era perang tanpa akhir. Tetapi bukan menjadi kewajiban militer Amerika Serikat untuk menyelesaikan konflik di negeri yang jauh, yang bahkan banyak orang tidak pernah dengar,” ujarnya.

Ahad, 14/06/2020 00:11 0

Opini

Menertawakan Jaksa Kasus Novel Baswedan

Persidangan kasus penyiraman air keras Novel Baswedan hampir berada di babak akhir. Tiga tahun sudah publik dibuat bingung dengan pelarian para terdakwa.

Sabtu, 13/06/2020 22:20 0

Close