Trump: Kita Bukan Polisi Dunia!

KIBLAT.NET, Washington – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menghadiri wisuda taruna Akademi Militer AS di West Point, Sabtu pagi waktu setempat atau Sabtu malam WIB (13/6). Dalam sambutan di hadapan 1.100 perwira remaja itu, Trump mengingatkan setiap perwira remaja bahwa merekabukan lagi polisi dunia.

Trump menegaskan, pemerintahannya mengembalikan prinsip fundamental bahwa tentara Amerika Serikat tidak bertugas untuk membangun negeri-negeri yang jauh. Melainkan untuk membela dengan sungguh-sungguh bangsa dan negara dari ancaman musuh.

“Kita mengakhiri era perang tanpa akhir. Tetapi bukan menjadi kewajiban militer Amerika Serikat untuk menyelesaikan konflik di negeri yang jauh, yang bahkan banyak orang tidak pernah dengar,” ujarnya.

Upacara digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan. Perwira remaja yang hadir dalam upacara duduk di tengah lapangan dengan jarak yang cukup jauh satu sama lain.

“Kita bukan polisi dunia,” kata Trump lagi sambil menambahkan, musuh-musuh negara itu harus tahu apabila rakyat AS terancam, maka tentara AS tidak akan pernah ragu untuk mengambil tindakan.

“Dan ketika kita bertempur, kita hanya akan bertempur untuk menang,” sambungnya lagi. Dia mengutip pernyataan salah seorang jenderal AS dalam Perang Dunia Kedua, Douglas McArthur, bahwa dalam perang tidak ada yang dapat menggantikan kemenangan.

Dia juga mengatakan, di saat seperti sekarang ini, Amerika Serikat membutuhkan patriot sejati. “Anda adalah bagian dari itu,” demikian Trump.

BACA JUGA  Donald Trump Pecat Menhan AS Mark Esper

Sumber: CNN
Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat