Studi: Pemakaian Masker Secara Luas Cegah Gelombang Corona Lanjutan

KIBLAT.NET, London – Penggunaan masker secara menyeluruh dapat menekan penularan COVID-19 ke tingkat yang dapat dikendalikan dan dapat mencegah gelombang penyakit pandemi lanjutan ketika dikombinasikan dengan penguncian. Demikian menurut sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan pada Rabu (10/06/2020).

Penelitian, yang dipimpin oleh para ilmuwan di Universitas Cambridge dan Greenwich di Inggris, menunjukkan bahwa penguncian saja tidak akan menghentikan kebangkitan coronavirus SARS-CoV-2 yang baru, tetapi masker buatan sendiri dapat secara dramatis mengurangi tingkat penularan jika cukup banyak orang memakainya di tempat umum.

“Analisis kami mendukung adopsi langsung dan universal masker wajah oleh publik,” kata Richard Stutt, yang ikut memimpin penelitian di Cambridge.

Temuan menunjukkan bahwa jika penggunaan masker yang luas dikombinasikan dengan pembatasan sosial dan beberapa tindakan penguncian, bisa menjadi cara yang dapat diterima untuk mengelola pandemi dan membuka kembali kegiatan ekonomi. Tindakan ini dilakukan sebelum pengembangan dan ketersediaan publik dari vaksin yang efektif terhadap COVID-19.

Temuan penelitian ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah “Prosiding Royal Society A”.

Organisasi Kesehatan Dunia memperbarui pedomannya pada hari Jumat, merekomendasikan bahwa pemerintah meminta semua orang untuk memakai masker wajah di tempat umum di mana ada risiko untuk mengurangi penyebaran penyakit

Sumber: Channel News Asia
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat