... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Empat Tips Menghindari Kecanduan Youtube

Foto: Ilustrasi tayangan Youtube.

KIBLAT.NET, Bekasi – Menjelajahi video di YouTube adalah salah satu cara untuk menghibur dan menghabiskan waktu, terutama selama periode isolasi wajib di rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona. Namun, menghabiskan banyak waktu untuk itu dapat memengaruhi kesehatan fisik dan psikologis Anda. Oleh karenanya, diharuskan untuk mengontrol waktu dan penggunaannya hingga tidak berubah menjadi kecanduan.

Ada 4 cara untuk memantau waktu menonton:

Pertama: YouTube memiliki fitur Time Watched di smartphone, untuk melihat berapa lama Anda menghabiskan waktu menonton video di siang hari, hari sebelumnya, dan tujuh hari terakhir, serta melaporkan penggunaan rata-rata harian.
Anda dapat mengaksesnya di ponsel Android, iPhone dan iPad, sebagai berikut:

• Masuk ke YouTube.
• Klik pada gambar profil Anda.
• Pilih Waktu Ditonton (Time Watched)

Kedua: Membuat manajemen waktu di YouTube. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan YouTube untuk mengingatkan waktu beristirahat setelah menonton beberapa video, melalui opsi “Alat untuk mengatur waktu YouTube Anda”. Anda dapat mengaktifkan opsi (Ingatkan saya untuk istirahat). Anda akan diminta untuk mengatur aplikasi, mengingatkan Anda untuk berhenti menggunakan ponsel dan melakukan sesuatu yang lain.

Jika Anda mengeklik opsi untuk menonaktifkan suara dan pemberitahuan, Anda juga dapat mengatur waktu seperti (Jangan Ganggu) ketika Anda ingin YouTube tidak mengganggu Anda dengan pemberitahuan. Dengan cara itu YouTube tidak akan mengirimi Anda pemberitahuan berulang kali selama waktu ini.

BACA JUGA  Riset: Bayi yang Diberi Susu Botol Telan Jutaan Mikroplastik Setiap Hari

Ketiga: Kompilasikan semua pemberitahuan dalam satu ringkasan. Jika Anda mengaktifkan fitur Digest Scheduled, Anda tidak akan menerima pemberitahuan terus menerus melalui aplikasi; Anda bahkan dapat mengelompokkan semua pemberitahuan hari ini ke dalam satu ringkasan, yang dapat Anda lihat kapan saja.

Empat: Aktifkan fitur pengingat tidur. YouTube menyediakan pengaturan yang memberitahu Anda untuk berhenti menonton video ketika waktu tertentu tercapai, dan pengaturan ini hanya tersedia di aplikasi YouTube sekarang, di mana Anda dapat menemukannya di halaman Pengaturan Umum dan halaman Waktu Tonton.

Setelah Anda mengubah pengaturan ke mode (aktif), Anda akan diminta mengatur waktu untuk mengingatkan Anda tentang waktu tidur. Jadi tentukan waktu yang tepat bagi diri sendiri ketika Anda harus berhenti menonton dan mulai bersantai, lebih baik bukan waktu tidur Anda yang sebenarnya, karena Anda perlu waktu untuk menghilangkan efek cahaya biru, di mana American Academy of Ophthalmologists merekomendasikan pembatasan paparan cahaya biru dua jam sebelum tidur. Anda juga dapat mengatur interval waktu pengingat untuk melakukan sesuatu yang lain, seperti browsing atau melihat sesuatu selain layar.

Anda juga dapat menolak atau menunda pengingat, dan Anda juga dapat mengatur pengingat Anda untuk menunggu sampai video yang Anda tonton sebelum pengingat waktu tidur.

Sumber: Al-Arabiya
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Muhammadiyah Minta Teror ke Penyelenggara Diskusi FH UGM Diusut Tuntas

Sekretaris Umum Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menegaskan bahwa jajarannya sedang mengumpulkan informasi terkait orang yang mengancam dengan mengatasnamakan Muhammadiyah Klaten.

Sabtu, 30/05/2020 23:48 0

Indonesia

Hidayat Nur Wahid Kritik Pengangkatan Eks Kontributor Playboy Jadi Dirut TVRI

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, mengkritik pengangkatan eks kontributor majalah Playboy menjadi dirut TVRI. Menurutnya, Dewan Pengawas Televisi Republik Indonesia (Dewas TVRI) tidak melihat dan mempertimbangkan aturan Perundangan terkait etika kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti tertuang dalam TAP MPR No VI/2001,

Sabtu, 30/05/2020 23:41 0

Indonesia

Muhammadiyah Klaten Bantah Terkait dengan Teror Penyelenggara Diskusi FH UGM

Ketua PD Muhammadiyah Klaten, Abdul Rodhi menegaskan bahwa pihaknya tidak ada kaitan dengan teror ke penyelenggara diskusi politik yang digelar Fakultas Hukum UGM. Ia juga menyesalkan adanya teror tersebut.

Sabtu, 30/05/2020 19:38 0

Indonesia

Terkait New Normal, PKS Kritik Keras Rencana Pembukaan Sekolah

Pada pekan pertama sekolah, Perancis mendapati 70 kasus baru Covid-19 di sekolah-sekolah yang diizinkan dibuka sejak 13 Mei lalu. Kendati telah dilakukan pembatasan, penularan tersebut tidak dapat dihindari. Selain di Perancis, Korea Selatan juga melaporkan kasus serupa dimana murid berusia 6 tahun tertular oleh gurunya pada 24 Mei lalu. Akibat kejadian ini, sekolah tersebut kembali ditutup dan sebanyak 91 murid harus dikarantina.

Sabtu, 30/05/2020 19:24 1

Suara Pembaca

Mengandung Kebijakan Tidak Serius, Melahirkan Jumlah Positif yang Masif

Sejak pertama kali corona virus atau Covid-19 ini teridentifikasi di Indonesia pada sekitar awal bulan Maret 2020, jumlah korban positif hingga kini kian merangkak naik. Berbagai kebijakan yang dikeluakan seperti lockdown, WFH (work from home), maupun PSBB nyatanya tidak membuat angka terdampak positif Covid-19 ini menurun.

Sabtu, 30/05/2020 19:09 0

Info Event

Global Qurban-ACT Bantu Sesama di Tengah Pandemi Covid-19

Jelang Iduladha mendatang, wabah Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap...

Sabtu, 30/05/2020 17:06 0

Info Event

Terdampak Covid 19, ACT Jawab Keluhan Pedagang Kecil Ibukota

Program Sahabat Usaha Mikro Indonesia adalah program pemberian sedekah modal kerja dan pendampingan untuk pelaku usaha ultra mikro yang terdampak pandemi Covid-19

Sabtu, 30/05/2020 13:52 0

Kiblatorial

Editorial: Normalkah New Normal?

KIBLAT.NET – Istilah New Normal sesungguhnya adalah istilah yang berasal dari dunia bisnis dan ekonomi....

Sabtu, 30/05/2020 09:14 0

Indonesia

Pandemi Belum Dapat Diatasi, Muhammadiyah Pertanyakan Rencana New Normal

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menilai berbagai pernyataan dan pemberitaan Pemerintah terkait new normal akhir-akhir ini malah menimbulkan kebingungan di masyarakat.

Jum'at, 29/05/2020 07:35 0

Feature

Rintihan Anak Terduga Teroris di Momen Lebaran: Kasihan Umi, Tidak Ditemani Ayah

Tapi, bagi kedua anak itu, Lebaran kali ini lebih kelam dibanding sebelum-sebelumnya. Mereka harus menemani ibunya tanpa kehadiran sang ayah.

Kamis, 28/05/2020 22:42 1

Close
CLOSE
CLOSE