... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jokowi Minta Tatanan Normal Baru Disosialisasikan

Foto: Jokowi minta tatanan normal baru alias new normal segera disosialisasikan

KIBLAT.NET, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk melakukan sosialisasi secara masif mengenai kenormalan baru atau tatanan normal baru di tengah pandemi COVID-19. Ia yakin, jika sosialisasi dilakukan secara masif, maka kasus Covid-19 dapat segera turun. Hal ini, kata dia, juga sudah dilakukan di beberapa provinsi.

“Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru yang sudah disiapkan oleh Kemenkes ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat,” kata Jokowi lewat rapat kabinet terbatas video conference, Rabu (27/5/2020).

Sosialisasi yang masif ini akan membuat masyarakat lebih memahami apa yang harus dilakukan saat beraktivitas di luar rumah. Dengan mulai dari menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, hingga soal larangan berkerumun. Hal itu untuk menghindari penularan virus korona COVID-19. Penerapan kenormalan baru ini dilakukan agar masyarakat bisa tetap produktif namun aman dari COVID-19.

Jokowi pun mengatakan kenormalan baru atau tatanan baru akan diterapkan jika Reproduction Number (R0) di sejumlah provinsi telah menurun di bawah 1. Selain itu, kenormalan baru juga akan dilakukan jika sektor-sektor tertentu di lapangan mampu mengikuti tatanan baru tersebut. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas persiapan pelaksanaan protokol tatanan normal baru produktif dan aman covid-19 melalui video conference di Istana Merdeka, Rabu (27/5).

“Akan kita mulai untuk tatanan baru ini, kita coba di beberapa provinsi dan kabupaten dan kota yang memiliki R0 sudah di bawah 1 dan juga pada sektor-sektor tertentu yang kita lihat di lapangan bisa melakukan mengikuti tatanan norma baru yang ingin kita kerjakan,” ujar Jokowi.

BACA JUGA  WHO: Krisis Pandemi Masih Jauh Dari Akhir

 

Sumber: medcom
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Feature

Rintihan Anak Terduga Teroris di Momen Lebaran: Kasihan Umi, Tidak Ditemani Ayah

Tapi, bagi kedua anak itu, Lebaran kali ini lebih kelam dibanding sebelum-sebelumnya. Mereka harus menemani ibunya tanpa kehadiran sang ayah.

Kamis, 28/05/2020 22:42 1

Opini

Idul Fitri dan Pandemi Covid-19

Baru saja bulan Ramadhan 1441 H meninggalkan kita. Setelah sebulan penuh di bulan ini, umat Islam berpuasa dan melakukan berbagai ibadah lainnya dengan semangat dan antusias, meskipun dalam suasana pandemi Covid-19. Kini telah hadir bulan Syawal menghampiri kita sebagai penggantinya. Di bulan ini, umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal setiap tahunnya. Hari raya ini dan idul Adha 10 Zulhijjah ditetapkan oleh Rasulullah Saw sebagai hari raya umat Islam yang diharamkan berpuasa padanya.

Kamis, 28/05/2020 07:15 0

Indonesia

Duduk Perkara Warga Bekasi yang Diduga Tertular Corona Usai Shalat Ied

Dewan Kemakmuran Masjid Jami' Al-Muhajirin, Perumnas 1, Bekasi Barat meluruskan informasi tentang satu keluarga positif terinfeksi Covid-19 usai mengikuti shalat Idul Fitri di masjid tersebut.

Rabu, 27/05/2020 17:18 1

Info Event

Ekonominya Terpuruk Akibat Covid-19, ACT Siapkan Program Sahabat UMI

Tak sedikit warga Jakarta yang kini harus mengalami kelumpuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19, seperti terlilit hutang, kehilangan modal, sampai harus gulung tikar

Rabu, 27/05/2020 09:52 0

Artikel

Memahami New Normal ala Pak Jokowi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi pada Selasa (26/05/2020) meninjau dua lokasi sekaligus yaitu Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat dan Summarecon Mall Bekasi sebagai persiapan penerapan new normal.

Rabu, 27/05/2020 09:37 0

Analisis

Ghazwatul Hindi, Peta Akhir Zaman di Nusantara (Bag. 1)

Untuk memahami siapa kelompok yang beruntung, terbebas dari api neraka karena Ghazwatul Hindi (memerangi al-Hindi), maka tentu harus diketahui dahulu, siapakah Al-Hindi?

Rabu, 27/05/2020 09:19 1

Artikel

BPJS dan Model Pemiskinan Masyarakat

Sekarang pertanyaannya, maukah para pejabat negara, termasuk Menteri Keuangan lebih peduli akan persoalan kemiskinan? Atau malah bersikap abai seperti pendapat Sri Mulyani yang dengan entengnya menyuruh turun kelas dalam keanggotaan BPJS

Rabu, 27/05/2020 09:05 0

Indonesia

Bukan Membuka Mall, Kunjungan Jokowi ke Bekasi untuk Cek Kesiapan New Normal

Kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi di Mall Summarecon Bekasi pada Selasa (26/05/2020) siang adalah untuk meninjau kesiapan penerapan new normal. Bukan dalam rangka pembukaan mall sebagaimana yang sebelumnya diberitakan oleh beberapa media online.

Rabu, 27/05/2020 07:52 0

Info Event

Rayakan Idul Fitri dengan Muhasabah Akbar

Untuk menyemarakkan malam kemenangan, ACT menggelar Muhasabah Akbar pada Sabtu (23/05/2020)

Selasa, 26/05/2020 20:45 0

Indonesia

PKS Salurkan Rp 68,9 Miliar untuk Korban Covid-19

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyalurkan bantuan untuk korban dan penanganan Covid-19 di berbagai kawasan Indonesia, bahkan untuk WNI di luar negeri senilai Rp 68,9 Miliar. Angka tersebut dihitung per Selasa (25/05/2020) pukul 09.00 WIB.

Selasa, 26/05/2020 19:25 0

Close