... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kematian Pria Kulit Hitam oleh Polisi AS Picu Kemarahan Publik

KIBLAT.NET, Minneapolis – FBI telah membuka penyelidikan atas kematian seorang pria Afrika-Amerika, setelah sebuah video menunjukan seorang polisi menghimpitkan kakinya di leher pria itu di tanah.

Namun Departemen Kepolisian Minneapolis mengumumkan pada Selasa pagi bahwa pria bernama George Floyd itu meninggal karena “kecelakaan medis”.

Walikota Minneapolis Jacob Frye memberi pernyataan dalam konferensi pers pada hari Selasa: “Menjadi hitam seharusnya tidak menghukum Anda mati. Selama lima menit, kita telah melihat bagaimana seorang perwira kulit putih menekan lututnya di leher seorang pria kulit hitam. Selama lima menit! … Ketika Anda mendengar seseorang meminta bantuan, Anda seharusnya menolong. Perwira ini telah gagal menggunakan standar akal sehat manusia.”

Media-media telah merilis video yang menunjukkan bahwa korban tidak pernah melakukan perlawanan terhadap personel keamanan.

Menurut klaim polisi, setelah diborgol, pria berusia empat puluh tahun itu menderita gangguan kesehatan, sehingga ambulans dipanggil, dan dia dibawa ke rumah sakit, di mana dia meninggal tidak lama kemudian.

Saksi mata mengatakan bahwa pria itu menangis dan hidungnya berdarah. Namun polisi tidak menanggapi permohonannya dengan serius, meskipun orang yang lewat memohon petugas untuk mengangkat kakinya dari kepala Floyd.

Beberapa menit kemudian, pria itu tampak tak bergerak di lantai, dengan mata terpejam, dan kepalanya terbaring di jalan.

“Saudaraku, dia bahkan tidak bergerak!” teriak seorang pejalan kaki memperingatkan polisi. “Lepaskan lehernya!” kata seorang pejalan kaki dalam klip video, sementara yang lain mengatakan: “Apakah Anda membunuhnya?”

BACA JUGA  Perjanjian Dagang, Alasan Trump Tak Sanksi Berat Cina terkait Muslim Uighur

Kandidat presiden Demokrat Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan bahwa George Floyd dan keluarganya pantas mendapatkan keadilan.

Dia menambahkan, “Saya bersyukur atas tindakan cepat di Minneapolis untuk memecat para petugas yang terlibat, tetapi mereka harus bertanggung jawab atas tindakan keji mereka. FBI harus melakukan penyelidikan menyeluruh.”

Sementara Presiden Donald Trump belum membuat komentar tentang insiden tragis itu.

Senator Demokrat Amy Kloppscher menggambarkan insiden itu sebagai “contoh menakutkan dan menyakitkan dari seorang pria Afrika-Amerika yang sekarat.” Ia menyerukan “tindakan segera”, termasuk penyelidikan eksternal menyeluruh atas insiden tersebut, dan pertanggungjawaban bagi mereka yang terlibat.

Sementara, demonstrasi massa di Minneapolis berlangsung, menyerukan akuntabilitas serius atas rasisme polisi dan mengakhiri insiden tragis dan berulang seperti itu.

Sumber: Arabi21
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Duduk Perkara Warga Bekasi yang Diduga Tertular Corona Usai Shalat Ied

Dewan Kemakmuran Masjid Jami' Al-Muhajirin, Perumnas 1, Bekasi Barat meluruskan informasi tentang satu keluarga positif terinfeksi Covid-19 usai mengikuti shalat Idul Fitri di masjid tersebut.

Rabu, 27/05/2020 17:18 1

Info Event

Ekonominya Terpuruk Akibat Covid-19, ACT Siapkan Program Sahabat UMI

Tak sedikit warga Jakarta yang kini harus mengalami kelumpuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19, seperti terlilit hutang, kehilangan modal, sampai harus gulung tikar

Rabu, 27/05/2020 09:52 0

Artikel

Memahami New Normal ala Pak Jokowi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi pada Selasa (26/05/2020) meninjau dua lokasi sekaligus yaitu Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat dan Summarecon Mall Bekasi sebagai persiapan penerapan new normal.

Rabu, 27/05/2020 09:37 0

Analisis

Ghazwatul Hindi, Peta Akhir Zaman di Nusantara (Bag. 1)

Untuk memahami siapa kelompok yang beruntung, terbebas dari api neraka karena Ghazwatul Hindi (memerangi al-Hindi), maka tentu harus diketahui dahulu, siapakah Al-Hindi?

Rabu, 27/05/2020 09:19 1

Artikel

BPJS dan Model Pemiskinan Masyarakat

Sekarang pertanyaannya, maukah para pejabat negara, termasuk Menteri Keuangan lebih peduli akan persoalan kemiskinan? Atau malah bersikap abai seperti pendapat Sri Mulyani yang dengan entengnya menyuruh turun kelas dalam keanggotaan BPJS

Rabu, 27/05/2020 09:05 0

Indonesia

Bukan Membuka Mall, Kunjungan Jokowi ke Bekasi untuk Cek Kesiapan New Normal

Kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi di Mall Summarecon Bekasi pada Selasa (26/05/2020) siang adalah untuk meninjau kesiapan penerapan new normal. Bukan dalam rangka pembukaan mall sebagaimana yang sebelumnya diberitakan oleh beberapa media online.

Rabu, 27/05/2020 07:52 0

Info Event

Rayakan Idul Fitri dengan Muhasabah Akbar

Untuk menyemarakkan malam kemenangan, ACT menggelar Muhasabah Akbar pada Sabtu (23/05/2020)

Selasa, 26/05/2020 20:45 0

Indonesia

PKS Salurkan Rp 68,9 Miliar untuk Korban Covid-19

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyalurkan bantuan untuk korban dan penanganan Covid-19 di berbagai kawasan Indonesia, bahkan untuk WNI di luar negeri senilai Rp 68,9 Miliar. Angka tersebut dihitung per Selasa (25/05/2020) pukul 09.00 WIB.

Selasa, 26/05/2020 19:25 0

Indonesia

New Normal Tanpa Pengendalian Dinilai Berpotensi Timbulkan Bencana Lebih Besar

Belum saatnya melakukan relaksasi kebijakan PSBB dan mempersilahkan masyarakat beraktifitas kembali secara normal

Selasa, 26/05/2020 18:16 0

Info Event

Jakarta Care Line Tetap Beroperasi Saat Idulfitri

Di hari raya Idulfitri, layanan antar beras gratis Jakarta Care Line tetap beroperasi

Selasa, 26/05/2020 17:44 0

Close