... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

India Diterjang Wabah Belalang di Tengah Corona

KIBLAT.NET, New Delhi – Kawanan besar belalang gurun menghancurkan tanaman di seluruh India bagian barat dan tengah. Pihak berwenang berusaha untuk meningkatkan respons mereka terhadap wabah terburuk negara itu dalam hampir tiga dekade.

Drone, traktor dan mobil telah dikirim untuk melacak hama yang rakus dan menyemprotkannya dengan pestisida. Belalang  telah menghancurkan hampir 50.000 hektar lahan pertanian.

“Delapan hingga 10 gerombolan, masing-masing berukuran sekitar satu kilometer persegi yang aktif di beberapa bagian Rajasthan dan Madhya Pradesh,” kata wakil direktur organisasi Peringatan Belalang pemerintah KL Gurjar kepada kantor berita AFP.

“India belum menghadapi kawanan belalang pada skala ini sejak 1993,” kata pusat peringatan itu.

Serangga telah menyebabkan kerusakan besar pada tanaman musiman di kedua negara bagian tersebut. Hal ini menambah beban banyak petani yang telah bertahan hidup di bawah penguncian virus corona yang ketat.

Mereka menghancurkan panen di pusat pertanian di negara tetangga Pakistan pada bulan April, sebelum memasuki Rajasthan. “Kawanan yang lebih kecil juga aktif di beberapa negara bagian di India,” kata Gurjar.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, sekelompok 40 juta belalang dapat memakan makanan sebanyak 35.000 orang, atau enam gajah.

Daerah perumahan di ibukota negara bagian Rajasthan, Jaipur, diliputi oleh serangga ketika penduduk setempat yang kebingungan menggedor pot dan wajan untuk menghalau serangga.

BACA JUGA  Hubungan Dengan Cina Memanas, India Borong 33 Jet Tempur Rusia

Belalang menghancurkan tanaman di beberapa bagian Rajasthan dekat dengan perbatasan dengan Pakistan selama bertahun-tahun, tetapi jarang serangga itu bergerak lebih jauh ke dalam negara.

Para ahli memperingatkan situasi bisa memburuk dengan lebih banyak diperkirakan mencapai India melalui Pakistan dari Tanduk Afrika pada Juni.

Hujan lebat dan topan memungkinkan pembiakan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pertumbuhan populasi belalang yang cepat di Semenanjung Arab awal tahun lalu, menurut PBB.

Belalang menghancurkan tanaman di beberapa bagian Rajasthan dekat dengan perbatasan dengan Pakistan selama bertahun-tahun, tetapi jarang serangga untuk bergerak lebih jauh ke dalam negara.

Sumber: AFP
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Rayakan Idul Fitri dengan Muhasabah Akbar

Untuk menyemarakkan malam kemenangan, ACT menggelar Muhasabah Akbar pada Sabtu (23/05/2020)

Selasa, 26/05/2020 20:45 0

Indonesia

PKS Salurkan Rp 68,9 Miliar untuk Korban Covid-19

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyalurkan bantuan untuk korban dan penanganan Covid-19 di berbagai kawasan Indonesia, bahkan untuk WNI di luar negeri senilai Rp 68,9 Miliar. Angka tersebut dihitung per Selasa (25/05/2020) pukul 09.00 WIB.

Selasa, 26/05/2020 19:25 0

Indonesia

New Normal Tanpa Pengendalian Dinilai Berpotensi Timbulkan Bencana Lebih Besar

Belum saatnya melakukan relaksasi kebijakan PSBB dan mempersilahkan masyarakat beraktifitas kembali secara normal

Selasa, 26/05/2020 18:16 0

Info Event

Jakarta Care Line Tetap Beroperasi Saat Idulfitri

Di hari raya Idulfitri, layanan antar beras gratis Jakarta Care Line tetap beroperasi

Selasa, 26/05/2020 17:44 0

Indonesia

Dinilai Kekang Kebebasan Pers, Komisi IX: Hentikan Pembahasan Omnibus Law Cipta Kerja

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR-RI, Netty Prasetiyani Heryawan meminta pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja dihentikan. Netty menilai RUU ini berpotensi mengekang kebebasan pers di Indonesia.

Selasa, 26/05/2020 14:43 0

Indonesia

Cegah Second Wave, Anies Akan Batasi Arus Balik

Demi mencegah potensi timbulnya gelombang kedua atau second wave kasus baru Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membatasi pergerakan masyarakat saat arus balik menuju Ibu Kota setelah Idul Fitri 1441 Hijriah.

Selasa, 26/05/2020 10:14 0

Indonesia

Hingga Hari Kedua Lebaran, 135 Napi Asimilasi Kembali Ditangkap

Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) mencatat hingga hari kedua lebaran, Senin (25/05/2020) ada 135 narapidana asimilasi yang ditangkap karena berulah kembali.

Selasa, 26/05/2020 06:23 0

Indonesia

Meme MUI Imbau Ulama Waspada Rapid Test Hoaks

Dalam hal ini, Sekjen MUI Anwar Abbas menegaskan bahwa kabar tersebut hoaks.

Senin, 25/05/2020 15:00 2

Suara Pembaca

Peradaban Sedekah

Sedekah adalah sebuah amal sosial dalam Islam sekaligus sebagai salah satu pilar atau pondasi yang membuat Islam bisa melewati masa 1.500 tahun

Sabtu, 23/05/2020 06:11 0

Info Event

ACT Ajak Publik Semarakkan Malam Takbiran dengan Muhasabah Akbar

Menyambut hari kemenangan dengan wujud syukur melalui Muhasabah Akbar dan doa bersama untuk keselamatan umat Islam dan seluruh bangsa Indonesia

Sabtu, 23/05/2020 05:58 0

Close