... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cegah Penyebaran Corona, Kafe di Korsel Gunakan Robot Barista

Foto: Robot barista sedang melayani pelanggan di sebuah kafe di Korea Selatan. (Foto: Reuters)

KIBLAT.NET, Daejeon – Robot barista baru di sebuah kafe di Daejeon, Korea Selatan, tampak melayani pelanggan dengan sopan dan cepat. Ia terlihat tidak memiliki kesulitan sama sekali dalam menjalankan tugasnya di tengah upaya pencegahan gelombang kedua wabah corona.

“Ini teh latte almond Rooibos anda, selamat menikmati. Ini akan terasa lebih nikmat jika diaduk,” kata sebuah robot saat pelanggan meraih minuman pesanannya dari atas nampan yang dipasang di dalam kapsul putih besar berkilau yang menyerupai komputer.

Setelah berhasil mengendalikan wabah virus corona baru yang menginfeksi lebih dari 11.000 orang dan menewaskan 267 orang, Korea Selatan perlahan-lahan beralih dari aturan social distancing yang intensif menjadi apa yang oleh pemerintah disebut “menjaga jarak sosial dalam kehidupan sehari-hari”.

Robot dapat membantu orang menerapkan jarak sosial di tempat umum, kata Lee Dong-bae, direktur penelitian di Vision Semicon, pabrik teknologi pintar yang mengembangkan robot barista bersama dengan lembaga ilmu pengetahuan yang dikelola negara.

“Sistem kami tidak memerlukan interaksi dengan pelanggan mulai dari pemesanan hingga pengiriman, dan meja-meja disusun dalam jarak yang jarang untuk memastikan kelancaran pergerakan robot, yang sesuai dengan kampanye menjaga jarak saat ini,” katanya.

Sistem tersebut menggunakan lengan robot pembuat kopi dan robot penyajian, dapat membuat 60 jenis kopi yang berbeda dan menyajikan minuman kepada pelanggan di kursi mereka. Robot barista juga dapat berkomunikasi dan mengirimkan data ke perangkat lain dan memiliki teknologi navigasi otomatis untuk menghitung rute terbaik di sekitar kafe.

BACA JUGA  Soal Penyebab Bentrok Perbatasan, Cina-India Saling Tuding

Untuk pemesanan enam cangkir minuman, diproses melalui sebuah kios, hanya butuh waktu tujuh menit. Satu-satunya karyawan manusia di kafe berlantai dua ini adalah pembuat kue yang juga memiliki beberapa tugas pembersihan dan mengisi ulang bahan-bahan yang dibutuhkan.

Pabrikan dan lembaga ilmiah memiliki target untuk memasok robot barista setidaknya ke 30 kafe tahun ini.

“Robot itu menyenangkan dan mudah karena anda tidak harus mengambil pesanan anda,” kata seorang mahasiswa bernama Lee Chae-mi (23).

Namun Chae-mi tak memungkiri jika dirinya sedikit khawatir tentang pasar kerja karena banyak teman-temannya yang mengambil pekerjaan paruh waktu di kafe dan robot-robot ini nantinya berpotensi menggantikan mereka.

Sumber: Reuters
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Hingga Hari Kedua Lebaran, 135 Napi Asimilasi Kembali Ditangkap

Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) mencatat hingga hari kedua lebaran, Senin (25/05/2020) ada 135 narapidana asimilasi yang ditangkap karena berulah kembali.

Selasa, 26/05/2020 06:23 0

Suara Pembaca

Peradaban Sedekah

Sedekah adalah sebuah amal sosial dalam Islam sekaligus sebagai salah satu pilar atau pondasi yang membuat Islam bisa melewati masa 1.500 tahun

Sabtu, 23/05/2020 06:11 0

Info Event

ACT Ajak Publik Semarakkan Malam Takbiran dengan Muhasabah Akbar

Menyambut hari kemenangan dengan wujud syukur melalui Muhasabah Akbar dan doa bersama untuk keselamatan umat Islam dan seluruh bangsa Indonesia

Sabtu, 23/05/2020 05:58 0

Indonesia

Konser BPIP Dinilai Tidak Menghargai Kemuliaan Ramadhan

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 beserta Indika Foundation menggelar konser amal penggalangan dana secara virtual bertajuk “Bersatu Melawan Corona” pada hari Ahad, 17 Mei 2020.

Kamis, 21/05/2020 22:14 0

Info Event

Peduli Warga Terdampak Covid-19, Pemuda Al Fath Tabanan Bagi Sembako Tahap 3

Sasaran dari program tersebut ialah kalangan keluarga fakir miskin, kaum dhuafa dan keluarga yang secara ekonomi terdampak akibat pandemi covid-19

Kamis, 21/05/2020 18:55 0

Indonesia

Dipindah ke Nusakambangan, Pengacara Habib Bahar Bandingkan Kliennya dengan Ahok

Pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar membandingkan kliennya dengan Ahok. Sebab, dahulu massa pro Ahok berbuat rusuh di LP Cipinang saat Ahok ditahan.

Kamis, 21/05/2020 16:12 1

Info Event

Bantu Cegah Corona, DMII-ACT Edukasi Masyarakat Lewat Mobile Covid-19 Education

Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) - ACT kembali mengedukasi masyarakat lewat Mobile Covid-19 Education (MCE)

Selasa, 19/05/2020 22:57 0

Indonesia

Din: Mengapa Pemerintah Pelopori Acara Konser Musik, Bukan Tingkatkan Doa

Dengan menggelar konser musik pemerintah terkesan bergembira di atas penderitaan rakyat

Selasa, 19/05/2020 22:19 1

Suara Pembaca

Suci Sekeping Hati – Ramadhan (Corona Version)

Di bulan Ramadhan yang suci, agung, sarat keberkahan dan penuh kemuliaan ini sekeping hati kita seolah dibawa berlari, berpacu dengan waktu untuk meraih segala keutamaan dan pahala sebanyak-banyaknya.

Selasa, 19/05/2020 20:21 0

Analisis

Wajah Dunia Setelah Corona

Dalam masa krisis akibat Virus Wuhan ini, umat manusia menghadapi dua opsi penting. Opsi pertama adalah pilihan antara pengawasan totaliter dan pemberdayaan sipil. Kedua adalah opsi antara isolasi nasionalis dan solidaritas global.

Selasa, 19/05/2020 16:15 0

Close