Meme MUI Imbau Ulama Waspada Rapid Test Hoaks

KIBLAT.NET, Jakarta – Saat ini beredar meme yang mengatasnamakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang isinya menyerukan kepada seluruh MUI Provinsi, Kabupaten/Kota agar berhati-hati dan waspada dengan diadakannya Rapid Test Covid-19 terhadap ulama, kyai, dan ustadz di seluruh Indonesia. Surat itu tertanggal 03 April 2020 dan dituliskan atas nama Sekretariat MUI Pusat.

Dalam hal ini, Sekjen MUI Anwar Abbas menegaskan bahwa kabar tersebut hoaks. Sebab, MUI tidak pernah mengeluarkan pengumuman seperti yang tertulis di meme tersebut.

“DP MUI Pusat menyatakan kabar tersebut bohong (hoaks) karena DP MUI Pusat tidak pernah mengeluarkan surat, pengumuman, pernyataan dan sejenisnya yang isinya agar seluruh MUI Provinsi, Kabupaten/Kota berhati-hati dan waspada dengan diadakannya Rapid Test Covid-19 terhadap ulama, kyai, dan ustadz di seluruh Indonesia,” katanya kepada Kiblat.net melalui siaran persnya pada Selasa (25/05/2020).

Ia juga menekankan bahwa MUI Pusat tidak pernah mengeluarkan seruan agar ulama, kiai, dan ustaz di Indonesia menolak Rapid Test Covid-19.

Meme hoaks mengatasnamakan MUI Agar tolak rapid test

Menurutnya, informasi tersebut tidak sesuai dengan standar penerbitan surat/pengumuman/pemberitahuan atau sejenisnya di organisasi MUI. Yakni seharusnya menggunakan kop surat DP MUI Pusat, diberi nomor surat dan tanggal terbit, ditandatangani dua orang Pimpinan Harian MUI Pusat, dan dibubuhi stempel organisasi MUI.

“Narasi yang digunakan dalam kabar bohong tersebut tidak mencerminkan dan menjadi tradisi dalam surat, pengumuman, pemberitahuan dan sejenisnya yang selama ini diterbitkan oleh DP MUI Pusat. Yakni santun, halus, sejuk, damai, dan memuat pesan keislaman,”paparnya.

BACA JUGA  Din Syamsuddin: MUI Perlu Dipimpin Ulama Berintegritas

Ia pun meminta Kepolisian dan Kominfo untul mengusut penyebar informasi palsu tersebut. Sebagai langkah lanjutan, kata dia, MUI akan melaporkan kasus tersebut ke kepolian.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat