... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

ACT Ajak Publik Semarakkan Malam Takbiran dengan Muhasabah Akbar

KIBLAT.NET, Jakarta – Sama halnya dengan Ramadan, umat muslim sedunia juga menyambut Idulfitri tahun ini dalam kondisi pandemi. Larangan mudik dan perubahan hari libur Lebaran ditetapkan pemerintah demi menekan lajunya penderita Covid-19. Agar malam kemenangan tetap semarak dan penuh kesyahduan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak publik untuk menyaksikan Muhasabah Akbar. Dengan tetap memperhatikan kaidah pembatasan jarak sosial, acara akan berlangsung secara daring pada Sabtu (23/05/2020) nanti, mulai dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Dalam kondisi pandemic Covid-19, silaturahmi ke kampung halaman di momen lebaran harus tertunda. Namun, kondisi ini tak menyurutkan semarak Idulfitri yang ada. “Tujuan dari acara ini, kita ingin mengajak semua elemen masyarakat memanfaatkan momentum akhir menyambut hari kemenangan dengan wujud syukur melalui Muhasabah Akbar dan doa bersama untuk keselamatan umat Islam dan seluruh bangsa Indonesia,” kata Lukman Azis, Direktur Komunikasi ACT, pada Rabu (20/05/2020) ini.

Muhasabah Akbar akan dihadiri oleh beberapa pendakwah yang akan mengisi kajian. Mereka antara lain Ustaz Amir Faishol Fath, Ustaz Hilman, Syeikh Ali Jaber, dan Mamah Dedeh. Selain itu, 12 qari Internasional akan turut melantunkan ayat-ayat Alquran di acara ini.

Acara yang akan dipandu oleh beberapa anggota Kajian Musawarah, yakni Chand Kelvin, Reza Aditya, dan Ali Zaenal ini juga akan menghadirkan hiburan dalam Konser Kemanusiaan. Sejumlah musisi akan meramaikan segmen tersebut. Salah satunya adalah grup Adam, yang populer mengkover lagu “Aisyah”.

BACA JUGA  Melalui ACT, PGRI Serahkan Bantuan untuk Guru di Jakarta

Melalui segmen Humanity Talks, para relawan akan membagi pengalaman mereka selama berkecimpung di dunia kemanusiaan yang salah satunya dipandu oleh Fenita. Humanity Talks juga akan diramaikan oleh Din Syamsudin dan Anies Baswedan. Selain itu ada juga laporan langsung dari aksi-aksi kemanusiaan ACT pada malam takbiran nanti.

Lukman menjelaskan, selain untuk muhasabah diri, acara ini juga bertujuan untuk menggalang kepedulian terhadap sesama. Kepedulian digalang melalui program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI) dan membantu saudara di Palestina.

“Jadi kita akan benar-benar merangkul dan berkolaborasi aktif bersama para dai atau ustaz, artis, komunitas dan donatur atau sahabat dermawan melalui aksi nyata bersama. Insyaallah, Muhasabah Akbar ini tidak hanya menjadi sarana evaluasi diri kita bersama, tetapi juga dapat menggerakan dan menginspirasi orang lain untuk berbagi kepedulian,” jelas Rachmat.

Acara ini terselenggara berkat dukungan dengan berbagai pihak seperti dari media, diantaranya Tribunnews.com, Gatra Media Group, hidayatullah.com, chanelmuslim.com, Jurnalislam.com, Salam-Online.com, kiblat.net, Suaramuslim.net, gomuslim.co.id, Timesindonesia.co.id, Malangpostonline.com, City Guide 911 FM, Suara Muslim 93.8 FM, Solopos 103 FM, soloposfm.com, RRI Malang, Prima TV, NET TV, dan RCTI+. Tidak luput juga akun-akun instragram seperti @Jakarta.ku, @Bekasi24jam, dan @InfoDepok.

Bagi sahabat dermawan yang berminat mengikuti Muhasabah Akbar ini dapat melakukan registrasi melalui tautan https://bit.ly/muhasabahakbar1441H. Lukman berharap sahabat dermawan dapat ikut serta dalam acara ini.

BACA JUGA  Ekonominya Terpuruk Akibat Covid-19, ACT Siapkan Program Sahabat UMI

“Mari kita jadikan acara ini sebagai momentum sekaligus wujud syukur atas nikmat dan ampunan Allah dengan mengevaluasi diri bersama – sama. Semoga seluruh ibadah selama puasa diterima Allah, dengan menjadi pribadi bertaqwa dan menjadikan Indonesia yang lebih baik, dan mudah-mudahan kita bisa terbebas dari pandemi Covid-19,” harap Rachmat.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Penembakan Terjadi di Pangkalan AS di Texas, FBI: Terkait Terorisme

PensKIBLAT. NET, Texa — Insiden penembakan kembali terjadi di pangkalan militer di Amerika Serikat. Polisi...

Jum'at, 22/05/2020 16:52 0

Indonesia

Konser BPIP Dinilai Tidak Menghargai Kemuliaan Ramadhan

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 beserta Indika Foundation menggelar konser amal penggalangan dana secara virtual bertajuk “Bersatu Melawan Corona” pada hari Ahad, 17 Mei 2020.

Kamis, 21/05/2020 22:14 0

Indonesia

Dipindah ke Nusakambangan, Pengacara Habib Bahar Bandingkan Kliennya dengan Ahok

Pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar membandingkan kliennya dengan Ahok. Sebab, dahulu massa pro Ahok berbuat rusuh di LP Cipinang saat Ahok ditahan.

Kamis, 21/05/2020 16:12 1

Asean

Pulih dari Covid-19, Kamboja Cabut Larangan Pengunjung Asing

Mereka juga akan dikarantina selama 14 hari setelah tiba di fasilitas yang ditunjuk pemerintah dan diuji untuk virus. Tetapi tidak menentukan di mana lokasinya.

Kamis, 21/05/2020 15:26 0

News

Jumlah Global Positif Virus Wuhan Capai 5 Juta Jiwa

Lebih dari 328.000 orang juga meninggal karena COVID-19, penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus corona baru.

Kamis, 21/05/2020 14:36 0

Indonesia

Pakar HTN Heran DPR Bahas UU Tak Berkaitan dengan Corona

Pakar Hukum Tata Negara, Zaenal Arifin Mochtar heran mengapa DPR membahas dan mensahkan undang-undang yang tidak berkaitan dengan wabah Corona

Kamis, 21/05/2020 13:44 0

News

Ketidakjelasan Pemerintah Membuat Masyarakat Tetap Berkerumun Saat Pandemi

Ahli Hukum Tata Negara, Bivitri Susanti menilai bahwa banyak kebijakan pemerintah yang berubah-ubah di masa pandemi Covid-19. Menurutnya tindakan tersebut membuat kebingungan masyarakat.

Kamis, 21/05/2020 13:06 0

News

Khutbah Idul Fitri 1441 H: Pemimpin yang Menyengsarakan Rakyat

Kiblat menyediakan khutbah Idul Fitri 1441 H, dengan tema “Pemimpin yang Menyengsarakan Rakyat”. Anda dapat mendownload dan menggunakan naskah khutbah Idul Fitri secara gratis dalam melalui  link  berikut.

Kamis, 21/05/2020 04:00 0

Indonesia

Jalani Rapid Test di Lapas, Habib Bahar Negatif Corona

Setelah ditahan kembali pada Selasa (19/05/2020), Habib Bahar bin Smith menjalani rapid test atau tes cepat dan hasilnya negatif reaktif Covid-19.

Rabu, 20/05/2020 17:09 0

Amerika

Ketegangan China-AS Soal Corona Berlanjut di Sidang PBB Bahas Suriah

KIBLAT. NET, New York — Ketegangan antara China dan Amerika Serikat mengenai pandemi virus Corona...

Rabu, 20/05/2020 16:21 0

Close