Pakar HTN Heran DPR Bahas UU Tak Berkaitan dengan Corona

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar Hukum Tata Negara, Zaenal Arifin Mochtar heran mengapa DPR membahas dan mensahkan undang-undang yang tidak berkaitan dengan wabah Corona. Ia mencontohkan disahkannya Undang-undang Minerba serta RUU Mahkamah Konstitusi.

“Kenapa di saat seperti ini DPR rajin membahas undang-undang yang tidak ada kaitannya dengan Covid-19. Misalnya RUU Mahkamah Konstitusi dan Undang-undang Minerba yang isinya ngeri. Saya khawatir ada sesuatu,” katanya dalam diskusi “Policy Setengah Basa-basi?” Pada Rabu (20/05/2020).

Ia juga curiga kenapa DPR tiba-tiba mau mensahkan Perppu nomor 1 tahun 2020 tentang Covid-19. Padahal, DPR sebelumnya banyak mengecam soal isi dari Perppu tersebut.

“Pasal 12 misalnya, dianggap memangkas kewenangan DPR. Tapi tiba-tiba menerima Perppu tersebut jadi UU, ini menarik. Ada apa sebenarnya,” jelasnya.

“Dengan kejadian semacam ini, wajar masyarakat punya pikiran aneh-aneh. Misalnya menggunakan pasal 27, mau rampok (uang negara.red). Pikiran seperti itu tidak salah,” sambungnya.

Maka, ia menghimbau agar DPR tidak membahas undang-undang yang tidak berkaitan dengan Covid-19. Zaenal meminta, DPR harus memposisikan negara dalam keadaan bahaya.

“Sehingga yang dibahas aturan yang berkaitan dengan Covid-19, tidak perlu bahas yang lain. Apa hubungannya masa pensiun Hakim MK dengan Covid-19? Ini yang membuat orang curiga,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat