... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Masjid Al-Aqsa Direncanakan Buka Kembali Usai Idul Fitri

Foto: Kompleks Masjid Al-Aqsa di kota Al-Quds atau Yerusalem

KIBLAT.NET, Yerussalem – Masjid Al-Aqsa di Yerusalem atau Al-Quds akan dibuka kembali untuk jamaah Muslim setelah liburan Idul Fitri, dua bulan setelah ditutup karena pandemi. Demikian sebuah pernyataan dari badan pemerintahan Yerusalem.

“Dewan memutuskan untuk mencabut penangguhan terhadap jamaah yang memasuki Masjid Al-Aqsa yang diberkati setelah liburan Idul Fitri,” kata pernyataan yang dirilis pada hari Selasa (18/05/2020) oleh  Dewan Wakaf Islam Yerusalem.

Dewan yang ditunjuk Yordania untuk mengawasi situs-situs Islam di kompleks suci itu merujuk pada liburan Idul Fitri tiga hari, yang diharapkan dimulai akhir pekan ini untuk menandai akhir bulan suci Ramadhan.

Masjid Al-Aqsa, situs paling suci ketiga Islam, ditutup pada bulan Maret untuk pertama kalinya setelah lebih dari 50 tahun sebagai bagian dari langkah-langkah di seluruh dunia untuk membendung penyebaran virus corona baru.

Pada 15 Maret, pejabat agama menutup Masjid dan Dome of The Rock, dan seminggu kemudian juga melarang jamaah berkumpul di daerah terbuka di kompleks puncak bukit suci, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Haram al-Sharif dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount.

Tidak segera jelas apakah jamaah juga akan diizinkan kembali ke Al-Aqsa dan Dome of the Rock minggu depan.

Direktur masjid, Omar al-Kiswani, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa ia berharap tidak ada batasan pada jumlah jamaah. Ia menambahkan bahwa badan pemerintahan akan mengumumkan “mekanisme dan langkah-langkah berikutnya”.

BACA JUGA  Pulih dari Covid-19, Kamboja Cabut Larangan Pengunjung Asing

Dia mengatakan akan merinci teknis untuk “memastikan kami tidak dikecam dengan dalih kami melanggar aturan kesehatan”.

Kompleks Masjid Al-Aqsa, yang terletak di Kota Tua Yerusalem, telah lama menjadi titik api dalam konflik Israel-Palestina.

Kompleks masjid itu berada di bawah pengawasan Yordania, negara tetangga, yang menguasai Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, hingga diduduki oleh Israel dalam Perang Enam Hari tahun 1967.

Pelonggaran Pembatasan

Dengan jumlah kasus COVID-19 yang menurun, wilayah Israel dan Palestina telah mengurangi pembatasan dalam beberapa hari terakhir.

Tembok Barat, situs paling suci di mana orang Yahudi diizinkan untuk berdoa, adalah salah satu dinding luar kompleks Masjid Al-Aqsa. Beberapa waktu lalu ditutup oleh otoritas Israel tetapi dibuka kembali awal bulan ini, meskipun dibatasi hanya 300 orang dalam satu waktu.

Secara total, Israel telah mencatat 16.650 infeksi virus corona dalam populasi sembilan juta, dengan 277 kematian.

Di pihak Palestina, kurang dari 400 kasus telah dikonfirmasi di Tepi Barat dan Gaza, yang memiliki populasi gabungan lebih dari 4,5 juta.

Pantai-pantai di Israel akan dibuka kembali mulai hari Rabu, dengan restoran dan bar akan diikuti mulai 27 Mei. Penerbangan juga akan dilanjutkan dari berbagai lokasi dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Suci Sekeping Hati – Ramadhan (Corona Version)

Di bulan Ramadhan yang suci, agung, sarat keberkahan dan penuh kemuliaan ini sekeping hati kita seolah dibawa berlari, berpacu dengan waktu untuk meraih segala keutamaan dan pahala sebanyak-banyaknya.

Selasa, 19/05/2020 20:21 0

Analisis

Wajah Dunia Setelah Corona

Dalam masa krisis akibat Virus Wuhan ini, umat manusia menghadapi dua opsi penting. Opsi pertama adalah pilihan antara pengawasan totaliter dan pemberdayaan sipil. Kedua adalah opsi antara isolasi nasionalis dan solidaritas global.

Selasa, 19/05/2020 16:15 0

Indonesia

Politisi PKS: Pemerintah Jangan Asal Lakukan Relaksasi PSBB

Pemerintah berencana melakukan relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan mengijinkan orang dengan usia 45 tahun kebawa untuk beraktivitas di luar untuk memenuhi kebutuhan ekonominya.

Selasa, 19/05/2020 13:48 0

Indonesia

Berjibaku Menuju “Kampung Vietnam”, Pemukiman Terisolir di Jakarta

Daerah Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dikenal sebagai kawasan yang cukup padat. Pemukiman dan kawasan industri tersebar di setiap sudut wilayah dan terhubung satu sama lain. Namun siapa sangka, pada era keterbukaan ini di kawasan tersebut masih terselip pemukiman terisolir dan tidak bisa diakses kendaraan.

Selasa, 19/05/2020 12:55 1

Indonesia

Melalui ACT, PGRI Serahkan Bantuan untuk Guru di Jakarta

Dampak Covid-19 di Jakarta terus meluas terutama pada sektor ekonomi. Sejumlah kolaborasi dijalin Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk menanggulangi permasalahan ini. Salah satunya kerja sama antara ACT dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Selasa, 19/05/2020 12:05 0

Indonesia

Dianggap Langgar PSBB, Habib Bahar Kembali Ditahan

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM menjelaskan alasan pencabutan pemberian izin asimilasi di rumah terhadap Habib Bahar bin Smith.

Selasa, 19/05/2020 11:41 2

Indonesia

Soal Pelonggaran PSBB, IDEAS: Langkah Mundur dan Berbahaya

Institute For Demographic and Poverty Studies (IDEAS) menilai pelonggaran Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) merupakan langkah mundur yang berbahaya dalam penanggulangan dan penanganan pandemi Covid-19.

Selasa, 19/05/2020 04:57 0

Indonesia

Soal Kenaikan Iuran BPJS, Komisi IX: Presiden Mempermainkan Hati Rakyat

Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Heryawan menyebut kebijakan Presiden menaikkan iuran BPJS Kesehatan sebagai hal yang mempermainkan hati rakyat.

Senin, 18/05/2020 19:19 0

Suara Pembaca

Ramadhan Syahrun Mubarak

Ramadhan merupakan Syahrun Mubarak (bulan yang diberkahi). Dinamakan Syahrun Mubarak dikarenakan Ramadhan memiliki berbagai keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan hijriah lainnya.

Senin, 18/05/2020 16:59 0

Indonesia

Jokowi Naikkan Iuran BPJS, GNPF-Ulama: Bentuk Pelanggaran Hukum Sangat Serius

Keputusan Presiden Jokowi menaikkan iuran BPJS Kesehatan melalui Perpres No. 64 Tahun 2020 menuai kontra dari berbagai elemen masyarakat.

Ahad, 17/05/2020 19:13 1

Close