... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polisi Tangkap Tiga Penjual Surat Keterangan Bebas Covid-19 Palsu

Foto: Penjual surat keterangan bebas Covid-19 palsu ditangkap polisi. (Foto: Instagram)

KIBLAT.NET, Jembrana – Polres Jembrana ungkap kasus tindak pidana membuat surat keterangan sehat palsu. Berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/04/V/2020/Bali/Polres Jbr/Sek Kawasan Pelanuhan Glk, tanggal 14 Mei 2020, telah diamankan tiga (3) pelaku pembuat surat keterangan sehat palsu, diantaranya berinisial FMN, BSP, dan SWP.

Dikutip dari akun Instagram Polres Jembrana, Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K. mengatakan bahwa kasus dilakukan dengan modus, pelaku memanfaatkan SE Nomor 04 Tahun 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, membuat dan menjual surat keterangan sehat palsu dan dijual kepada para pengguna pelabuhan Gilimanuk.

Adi memaparkan bahwa pihaknya pada hari Rabu (13/05/2020) mendapatkan informasi adanya transaksi penjualan surat keterangan sehat palsu di depan pasar Gilimanuk, Kabupaten Jembrana. Menindaklanjuti informasi tersebut, unit Reskrim Polsek kawasan Laut Gilimanuk melakukan penyelidikan dan menemukan pelaku FMN sedang membagikan surat keterangan sehat yang diduga palsu kepada para penumpang mobil travel.

Setelah diinterogasi, FMN mengaku memperoleh surat dari BSP. Lalu setelah BSP ditangkap, diperoleh keterangan bahwa surat tersebut diperoleh dari pelaku SWP. Berdasar keterangan SWP, awalnya BSP membawa blangko surat keterangan sehat ke percetakan miliknya untuk diedit. Namun SWP menawarkan blangko yang telah dia buat sendiri di komputernya dan mereka sepakat untuk memperbanyak lalu diberikan kepada FMN untuk dijual seharga Rp 25.000 per surat kepada para penumpang travel.

BACA JUGA  Ternyata Sertifikasi Dai Tak Pernah Dibahas di DPR

“Selain menjual kepada para penumpang mobil travel, dijual juga kepada saksi An. MR yang merupakan pengendara sepeda motor seharga seratus ribu,” ungkap Adi.

Ketiga pelaku berikut barang bukti kini telah diamankan ke Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Diharapkan Atasi Epidemi, Kain Anti-Virus Bangladesh Diproduksi Massal Usai Idul Fitri

"Corona Block Fabric" dikembangkan oleh Zaber & Zubair Fabrics Ltd. (Z&Z) setelah penelitian lebih dari dua bulan

Ahad, 17/05/2020 05:42 0

Info Event

Berzakat dengan Berbagai Kemudahan di Global Zakat-ACT

Global Zakat-ACT menawarkan berbagai kemudahan bagi muzaki untuk menunaikan zakat tanpa perlu keluar rumah melalui program Zakat Care Line

Sabtu, 16/05/2020 17:14 0

Suara Pembaca

Mengambil Spirit dari Pamungkas Bulan Ramadhan di Tengah Pandemi

Bulan suci Ramadhan memiliki "senjata pamungkas" yaitu di sepuluh hari terakhirnya. Sepuluh malam terakhir itu terhitung sejak malam ke-21 hingga berakhirnya bulan suci Ramadhan. Baik bulannya naqis (kurang) yaitu 29 hari ataupun tammam (sempurna) yaitu 30 hari. Jika bulannya bulan naqis maka sembilan hari saja.

Sabtu, 16/05/2020 15:21 0

Afghanistan

AS: Penarikan Pasukan dari Afghanistan Masih Berlanjut

KIBLAT. NET, Kabul — Utusan Khusus AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, Jumat (15/05/2020), mengatakan bahwa...

Sabtu, 16/05/2020 09:01 0

Amerika

Missouri Loloskan RUU Anti-BDS Israel

Perusahaan akan diminta untuk menandatangani kontrak perjanjian untuk tidak memboikot Israel dalam melakukan bisnis dengan Missouri. 

Sabtu, 16/05/2020 06:26 0

Turki

12 Juni, Turki Akan Buka Kembali Masjid untuk Shalat Jamaah

"Sambil memprioritaskan kesehatan kami, saya berharap kami akan dapat kembali ke masjid kami sesegera mungkin," kata kepala Diyanet Ali Erbaş pada sebuah program TV.

Sabtu, 16/05/2020 05:25 0

Info Event

Perkuat Ekonomi Masyarakat Bersama Global Zakat – ACT

Melalui Global Zakat - ACT, zakat fitrah ini akan disalurkan dalam bentuk beras bagi mereka yang membutuhkan di tengah pandemi

Jum'at, 15/05/2020 20:14 0

Malaysia

Malaysia Kembali Izinkan Shalat Jamaah di Masjid

KIBLAT. NET, Kuala Lumpur — Pemerintah Malaysia mengumumkan mencabut larangan shalat berjamaah di masjid-masjid mulai...

Jum'at, 15/05/2020 07:31 0

Eropa

Kampanye Anti-Islam di Italia Meningkat Usai Pembebasan Romano

Ungkapan terbaru dari wakil Partai Liga sayap kanan Italia Alessandro Pagano yang menyebut Romano "teroris baru".

Jum'at, 15/05/2020 05:25 0

Close