... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wantim MUI Sambut Seruan Ulama Al Azhar Mesir Gelar Doa Bersama

Foto: Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) Prof. Din Syamsuddin

KIBLAT.NET, Jakarta – Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) menggelar doa bersama ulama Al-Azhar Mesir dalam menghadapi Covid-19. Kegiata itu akan dilakukan melalui aplikasi video konferensi.

Kegiatan doa bersama itu mengusungtema “Selamat Indonesia, Selamat Dunia Bersama”. Kegiatan itu merupakan inisiatif Dewan Pertimbangan MUI Pusat bersama Komite Tinggi Persaudaraan Kemanusiaan dan Pondok Pesantren Tazakka, Batang, Jawa Tengah.

Doa bersama tersebut merespons seruan Grand Syekh Al-Azhar Mesir 14 Mei lalu. Kegiatan ini akan disiarkan di TV MUI, Tazakka TV, Tawaf TV, serta TvMUI.

“Dalam rangka menyambut seruan Grand Syekh Al Azhar Mesir Prof Dr Ahmad Muhammad At Thoyyib untuk Doa Kemanusiaan pada 14 Mei 2020, Dewan Pertimbangan MUI bekerjasama dengan Komite Tinggi Persaudaraan Kemanusiaan dan didukung Pondok Pesantren Modern Tazakka, mengadakan acara doa bersama untuk kemanusiaan pada kamis, 14 Mei 2020,” kata Ketua Wantim MUI, Prof. Din Syamsuddin, melalui keterangan tertulis, Kamis (14/05/2020).

Din menjelaskan kegiatan itu akan dilaksanakan pukul 14.30 sampai dengan 15.30 WIB melalui aplikasi Zoom.

Acara tersebut rencananya berisi lima tausiyah, lima sambutan, dan tujuh doa. Tausiyah utama akan disampaikan Grand Syekh Al Azhar tentang Islam dan Kemanusiaan yang disampaikan Rektor Universitas Al-Azhar Syekh Prof Dr Muhammad Husein Al-Mahrosowi.
Kemudian, secara berurutan, tausiyah akan disampaikan Wakil Ketua Wantim MUI Prof Dr KH Didin Hafiduddin, Sekretaris Wantim MUI Prof Dr Noor Achmad, pakar tafsir Al-Quran sekaligus alumni terkemuka Universitas Al-Azhar Prof Quraish Shihab, serta ditutup Ketua Wantim MUI Prof Din Syamsuddin.

BACA JUGA  Komisi III DPR: Preman untuk Pendisiplinan Protokol Kesehatan Bisa Repot

Lima sambutan dalam kegiatan ini masing-masing disampaikan Menteri Agama RI Fachrul Razi, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia H Muhammad Jusuf Kalla, Sekjen Komite Tinggi untuk Persaudaraan Kemanusiaan Mohammad Abdul al-Salam, Duta Besar Mesir di Jakarta Yang Mulia Asyrof Sulton, serta Duta Besar RI di Kairo Hilmi Fauzi.

Di sela-sela sesi tausiyah dan sambutan tersebut akan ada tujuh doa. Masing-masing oleh Sekjen Majma’ Al-Buhuts al-Islamiyah Prof Dr Nadzir Iyad, Ketua MUI Sumatra Utara Prof Dr KH Abdullah Syah, Ketua MUI Sulawesi Selatan KH Sanusi Baco, Pengasuh Pondok Pesantren Tremas KH Lukman Haris Dimyati, anggota Wantim MUI sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Gontor KH Hasan A Sahal, dan anggota Wantim MUI KH Abd Rasyid Abdullah Syafii. Wakil Ketua Umum MUI KH Muhyiddin Junaidi akan memimpin doa pamungkas.

Reporter: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Integritas Seorang Pemimpin

Setiap perubahan di negeri manapun, membutuhkan peran pemimpin dan kepemimpinan.

Kamis, 14/05/2020 11:38 0

Artikel

Potret Ulama

Kata ulama “mendadak” menjadi kata yang biasa diucapkan dalam keseharian umat Islam di Indonesia. Sebabnya jelas, rentetan peristiwa nasional yang melibatkan umat Islam akhir-akhir ini memang selalu melibatkan kata ulama, tercatat dimulai sejak skandal “dibohongi pakai Al Maidah” oleh Ahok pada 2016, aksi 411, aksi 212, reuni 212, ijtima ulama yang berjilid-jilid, hingga pemutaran film Hayya pada pertengahan September 2019.

Rabu, 13/05/2020 23:00 0

Info Event

Maksimalkan 10 Hari Terakhir Ramadan dengan Zakat Lewat IndonesiaDermawan.id

Maksimalkan 10 Hari Terakhir Ramadan dengan Zakat Lewat IndonesiaDermawan.id

Rabu, 13/05/2020 19:15 0

Suara Pembaca

Aksi Galang Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Bersama Sagacov-19

Sejak Januari lalu, negeri kita mulai sakit. Kian bertambahnya waktu, sakit itu semakin parah dan...

Rabu, 13/05/2020 14:45 0

Suara Pembaca

Pandemi Corona dan Pandemi Kebodohan

Sudah bodoh, tertimpa corona.

Rabu, 13/05/2020 13:34 3

Arab Saudi

Saudi Berlakukan Jam Malam Selama Idul Fitri

KIBLAT. NET,  Riyadh — Kementerian Dalam Negeri Saudi mengumumkan pemberlakuan jam malam di semua wilayah...

Rabu, 13/05/2020 10:44 0

Palestina

Tentara Israel Tewas Terkena Lemparan Batu Pejuang Palestina

KIBLAT. NET,  Tepi Barat — Tentara Israel mengumumkan pada Selasa (12/05/2020)  bahwa satu anggotanya tewas...

Rabu, 13/05/2020 09:07 0

Info Event

Operasi Makan Gratis Bersama GASS di Jakarta

Bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT), Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) menyediakan 500 porsi hidangan iftar gratis

Selasa, 12/05/2020 21:16 0

Fikih

Sahkah I’tikaf di Rumah Saat Terjadi Pandemi Corona?

Sudah menjadi kebiasaan kaum muslimin memakmurkan bulan Ramadhan dengan amalan kebaikan dan ketakwaan. Tilawah Al-Quran, sedekah, sholat taraweh adalah amalan yang biasa dilakukan untuk memakmurkan bulan Ramadhan, meskipun saat pandemi virus melanda negeri-negeri kaum muslimin. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan itikaf? i'tikaf adalah ibadah yang mensyaratkan masjid sebagai tempatnya, sedangkan di musim pandemi masjid-masjid ditutup sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus.

Selasa, 12/05/2020 14:19 0

Manhaj

Dakwah Rahasia dan Rumah Arqam bin Abil Arqam Sebagai Pusat Komando

Buku-buku sirah menyebutkan bahwa pemilihan rumah Arqam sebagai pusat komando Rasulullah dilakukan setelah perlawanan pertama yang ditunjukkan oleh Sa'ad bin Abi Waqash.

Selasa, 12/05/2020 11:37 0

Close