... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Kasus Qidam Jangan Biarkan Padam

Foto: jenazah Qidam Alfarizki

Oleh: Taufiq Ishaq

KIBLAT.NET – Kasus tewasnya Qidam Alfariski sudah berlalu satu bulan lebih. Berita soal peristiwa tersebut pun sudah mulai menurun intensitasnya. Miris memang, berita sesadis ini terlalu cepat berlalu.

Selama waktu tersebut, keluarga masih belum mendapat keadilan yang didambakan. Ayah Qidam, Irwan Mawance telah menempuh berbagai cara; dari melakukan penolakan anaknya disebut teroris, mengadu ke Komnas HAM, serta melapor ke DPRD Sulawesi Tengah.

Namun, Irwan belum menemukan titik terang. Ia bersama Tim Pengacara Muslim Sulteng masih berusaha agar kasus ini dibuka seterang-terangnya. Mereka menuntut agar pembunuh Qidam diberi hukukuman yang setimpal.

Satu bulan sebenarnya sudah sangat cukup untuk melakukan penulusuran kasus ini. Namun semudah apapun kasusnya, jika tidak ada kemauan kuat ya sama saja. Padahal, biasanya kasus kriminal yang viral cepat kelar. Apakah karena kasus Qidam melibatkan kapolisian sehingga redup di tengah jalan?

Tak perlu diragukan bahwa peristiwa nahas itu merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan pidana. Saya kira kita semua sepakat atas hal itu. Harus diragukan jiwa kemanusiaannya apabila menganggap remeh tewasnya Qidam.

Polri sudah berkali-kali berurusan dengan hilangnya nyawa warga negara dalam kasus terorisme. Akan tetapi publik belum pernah mendengar polisi mendekam di jeruji besi atas perlakuan yang tak manusiawi. Padahal, ada semboyan yang kerap didengungkan oleh penegak hukum yaitu Fiat Justitia Ruat Caelum (keadilan harus ditegakkan walau langit akan runtuh).

Polisi beberapa waktu lalu juga telah melakukan mutasi di internal mereka. Atau bahasa yang sering kita dengar, penyegaran di tubuh Polri. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kadensus turut ada penyegaran.

Seharusnya, penyegaran ini bukan hanya sebatas simbolik. Tapi juga diimplementasikan dalam kebijakan. Apa artinya perubahan kepala jika pikirannya masih sama. Maka, ini tantangan bagi Komjen. Pol. Boy Rafli Amar selaku Kepala BNPT dan Brigjen. Pol. Marthinus Hukom selaku Kadensus untuk melakukan evaluasi.

Kita sebagai masyarakat juga perlu mengawal kasus ini. Umat Islam harus menjaga supaya obor tetap menyala, jangan sampai membiarkan kasus Qidam padam. Kontrol warga negara sangat diperlukan supaya pihak kepolisian jernih dalam mengambil tindakan.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

ACT Distribusi Paket Pangan Ramadan untuk Pengungsi Somalia

ACT membagikan ratusan paket pangan untuk keluarga di pengungsian di Kota Mogadishu

Kamis, 14/05/2020 21:09 0

Indonesia

Mardani Ali Sera: Kebijakan Jokowi Terus Membebani Rakyat

Inisiator gerakan "Kami Oposisi", Mardani Ali Sera semakin kecewa dengan kebijakan Presiden Jokowi yang terus membebani rakyat. Ia mengungkapkan hal tersebut lantaran Presiden Jokowi diam-diam menaikkan iuran BPJS Kesehatan sepihak.

Kamis, 14/05/2020 19:59 0

Suara Pembaca

Ramadhan dan Pandemi Covid-19

Suasana bulan Ramadhan kali ini sangat berbeda dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya sebagaimana dirasakan oleh umat Islam di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ramadhan kali ini umat Islam berpuasa, melakukan shalat tarawih, tadarus Al-Qur'an dan i'tikaf dalam suasana pandemi Corona Virus Desease 2019 (covid-19).

Kamis, 14/05/2020 19:48 0

Indonesia

Pengecekan Dokumen Bebas Covid-19 Sebabkan Antrean Mengular di Bandara Soetta

PT Angkasa Pura II (Persero) membenarkan bahwa pada Kamis (14/05/2020) sempat terjadi antrean calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Antrean ini terjadi pada pukul 04.00 WIB.

Kamis, 14/05/2020 18:39 0

Indonesia

Soal Kenaikan Iuran BPJS, Fachmi Idris: Pemerintah Tidak Menentang Putusan MA

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan bahwa pemerintah masih dalam koridor menjalankan putusan Mahkamah Agung dengan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020.

Kamis, 14/05/2020 14:53 0

Indonesia

Netty Prasetiyani: Kenaikan BPJS Buat Masyarakat Ambyar

Anggota Komisi IX DPR-RI, Netty Prasetiyani mengkritik keras kebijakan kenaikan iuran BPJS. Menurutnya, hal ini menunjukkan pemerintah tidak punya kepekaan empati terhadap suasana kebatinan masyarakat saat ini.

Kamis, 14/05/2020 14:10 0

Indonesia

Yuk, Kenali Perbedaan Daging Sapi dan Babi

Untuk menyambut hari raya, masyarakat biasanya menyerbu sembako di pasaran. Minyak, beras, telur, dan sembako lainnya kemungkinan akan mengalami kenaikan harga. Salah satu yang tak akan luput dari serbuan adalah daging sapi.

Kamis, 14/05/2020 13:47 0

Indonesia

Wantim MUI Sambut Seruan Ulama Al Azhar Mesir Gelar Doa Bersama

Doa bersama tersebut merespons seruan Grand Syekh Al-Azhar Mesir 14 Mei lalu

Kamis, 14/05/2020 13:25 0

Indonesia

Stafsus Wapres Prihatin Masih Ada Peredaran Daging Oplosan Jelang Lebaran

Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, sering terjadi kasus peredaran daging celeng atau babi secara ilegal, baik dalam bentuk oplosan maupun pemalsuan.

Kamis, 14/05/2020 13:07 0

Suara Pembaca

Integritas Seorang Pemimpin

Setiap perubahan di negeri manapun, membutuhkan peran pemimpin dan kepemimpinan.

Kamis, 14/05/2020 11:38 0

Close