... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Operasi Makan Gratis Bersama GASS di Jakarta

Bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT), Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) menyediakan 500 porsi hidangan iftar gratis di 5 warteg yang ada di Jakarta.

Salah satu warteg yang berpartisipasi pada pendistribusian tersebut adalah Warteg Kharisma Bahari di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Selain makanan siap saji, warteg tersebut juga menyertakan satu masker untuk penerima manfaat. Pemilik warteg telah membagikan kupon kepada masyarakat dan menyasar orang yang benar-benar terdampak oleh pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, kita bagikan untuk penerima manfaat yang diantaranya ada marbot masjid, pedagang keliling, ojek online, dan lingkungan sekitar yang mana mereka biasanya terkena PHK akibat pandemi Covid-19 ini,” kata Dewi, pemilik Warteg Kharisma Bahari Pasar Baru.

Mereka menyiapkan nasi kotak ini untuk warga yang nantinya akan berbuka puasa. Penerima manfaat dapat menentukan sendiri lauk yang akan mereka makan nantinya. “Setiap porsinya kita tidak baku lauknya apa, tapi insyaallah sesuai dengan selera dari penerima manfaat,” kata Dewi.

Operasi Makan Gratis libatkan warteg di Jakarta

Tamsari, seorang pedagang nanas di lingkungan sekitar, berterima kasih karena bisa mendapatkan bantuan dari Operasi Makan Gratis. Ia mengaku sangat senang dengan hadirnya program ini. “Wah senang saya, orang-orang sini juga (antusias). Bahkan kemarin sebelum puasa ramai yang datang ke sini dan mengantre,” kata Tamsari.

BACA JUGA  Global Qurban-ACT Bantu Sesama di Tengah Pandemi Covid-19

Melly Goeslaw yang merupakan salah satu anggota dari GASS juga sempat melakukan panggilan video dengan tim ACT yang berada di lokasi. Penyanyi yang akrab disapa dengan panggilan Teh Melly ini juga sempat berbincang-bincang langsung dengan pemilik warteg. Selain Melly, anggota GASS lainnya yang ikut dalam panggilan video tersebut antara lain Hedi Yunus dan Armand Maulana.

Sejak 19 Apri lalu, GASS mengajak publik untuk bersama membantu saudara sebangsa yang terdampak pandemi Covid-19. “Kami ingin mengajak masyarakat untuk membantu ringankan ikhtiar mereka. Bersama Aksi Cepat Tanggap, GASS akan ikut aksi menyelamatkan saudara-saudara kita yang secara ekonomi terdampak wabah Corona. Melalui program Operasi Pangan Gratis dan Operasi Beras Gratis, kita bantu mereka dengan memberikan bantuan pangan terbaik selama masa darurat bencana wabah Corona ini,” ujar GASS dalam narasi kampanye kepedulian mereka di laman Indonesia Dermawan.

Hingga saat ini (12/5), donasi yang terkumpul mencapai Rp70,375,530. GASS akan terus mengajak publik untuk bersama selamatkan bangsa, mengingat luasnya dampak pandemi hingga saat ini.

Sementara itu, hingga kini Operasi Makan Gratis telah berkolaborasi dengan ribuan warteg dan rumah makan di Jabodetabek. Target Operasi Makan Gratis meliputi pekerja informal, masyarakat prasejahtera, dan buruh harian yang semakin sulit mendapatkan penghasilan saat pandemi Covid-19. Aksi terus dimasifkan melihat dampak Covid-19 yang semakin meluas secara sosial ekonomi.

BACA JUGA  Ekonominya Terpuruk Akibat Covid-19, ACT Siapkan Program Sahabat UMI

Agar ikhtiar ini berjalan dengan lebih mudah dan luas, kami mengajak kamu semua untuk turut serta dalam aksi ini. Dengan kepedulianmu, kita selamatkan mereka para saudara sebangsa. Salurkan donasi Rp 10.000 buah kepedulianmu untuk bantu mereka sekarang! Bersama GASS dan Aksi Cepat Tanggap, kita selamatkan bangsa melalui www.indonesiadermawan.id


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI: Status Covid-19 Belum Jelas, Tetap Jaga Diri

MUI meng imbau untuk mengedepankan pendekatan pemeliharaan dan penjagaan diri (hifdzun nafsi)

Selasa, 12/05/2020 20:50 0

Fikih

Sahkah I’tikaf di Rumah Saat Terjadi Pandemi Corona?

Sudah menjadi kebiasaan kaum muslimin memakmurkan bulan Ramadhan dengan amalan kebaikan dan ketakwaan. Tilawah Al-Quran, sedekah, sholat taraweh adalah amalan yang biasa dilakukan untuk memakmurkan bulan Ramadhan, meskipun saat pandemi virus melanda negeri-negeri kaum muslimin. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan itikaf? i'tikaf adalah ibadah yang mensyaratkan masjid sebagai tempatnya, sedangkan di musim pandemi masjid-masjid ditutup sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus.

Selasa, 12/05/2020 14:19 0

Amerika

Gangster Kejam di Meksiko Tewas Kena Corona

Menurut laporan BBC, Escamella dijatuhi hukuman penjara 37 tahun karena perdagangan narkoba dan senjata, serta pembunuhan 12 orang yang dipenggal pada 2008.

Selasa, 12/05/2020 11:11 0

Afrika

Nama Hijrahnya “Aisyah”, Masuk Islam saat Ditahan Jihadis Somalia

Wanita muda Italia Silvia Romano, yang baru-baru ini dibebaskan setelah ditahan selama 18 bulan oleh Gerakan Pemuda Mujahidin (Al-Syabaab) di wilayah antara Kenya dan Somalia.

Selasa, 12/05/2020 10:35 0

China

Soal Pelarungan Jenazah ABK, China Anggap Laporan Media Tidak Sesuai Fakta

Pemerintah China berjanji akan serius menindaklanjuti laporan mengenai pelarungan jenazah tiga anak buah kapal asal Indonesia dan dugaan eksploitasi terhadap ABK lainnya yang bekerja pada kapal pencari ikan berbendera China.

Selasa, 12/05/2020 10:14 0

Artikel

Ramadhan Bulan Al-Quran

Ramadhan merupakan syahrul Qur’an (bulan Al-Qur’an). Dinamakan demikian karena Al-Quran diturunkan pertama kali pada bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (Al-Baqarah: 185). Allah SWT juga berfirman:“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh kamilah yang memberi peringatan.” (Ad-Dukhan: 3). Allah SWT juga berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al-Qur’an) pada lailatul qadar.” (QS. Al-Qadr: 1).

Selasa, 12/05/2020 09:38 0

Suriah

Amnesty: Rezim Assad dan Rusia Melakukan Kejahatan Perang di Idlib

KIBLAT. NET,  Idlib — Amnesty International mengatakan, Senin (11/05/2020), pihaknya mendokumentasikan sedikitnya 18 serangan rezim...

Selasa, 12/05/2020 09:26 0

Afghanistan

Afghanistan Tangkap Pemimpin ISIS Asia Selatan

KIBLAT. NET, Kabul — Pemerintah Afghanistan mengatakan pada Senin (11/05/2020) bahwa pasukan keamanan Afghanistan menangkap...

Selasa, 12/05/2020 08:05 0

Indonesia

Jakarta Masih Jadi Ibu Kota Hingga 2039, HNW Minta Jokowi Tarik RUU IKN

Presiden diminta konsisten dengan keputusan tersebut dengan menarik Omnibus Law RUU Ibukota Negara (RUU IKN).

Senin, 11/05/2020 22:30 0

Indonesia

Kebijakan Menhub Soal Relaksasi Transportasi Tak Penuhi Rasa Keadilan

Pernyataan Menhub menimbulkan kebingungan masyarakat, boleh atau tidaknya ke luar daerah

Senin, 11/05/2020 20:32 0

Close