Malaysia Perpanjang Masa MCO Bersyarat Hingga 9 Juni

KIBLAT.NET, Kualalumpur – Pemerintah Malaysia resmi memperpanjang masa pembatasan sosial atau perintah kontrol gerakan (movement control order/MCO) bersyarat hingga 9 Juni.

Perpanjangan masa lockdown atau MCO bersyarat itu diumumkan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin hari ini, Ahad (10/05/2020). Sebelumnya masa berlaku MCO ditetapkan hingga 12 Mei.

Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin menyatakan bahwa periode MCO bersyarat terbaru akan berlaku dalam empat minggu. Nantinya MCO bersyarat memungkinkan untuk beroperasinya sektor ekonomi tertentu.

“Atas saran Kementerian Kesehatan dan Dewan Keamanan Nasional, saya ingin mengumumkan bahwa MCO bersyarat yang berlaku hingga 12 Mei akan diperpanjang hingga 9 Juni atau empat minggu lagi,” kata Muhyiddin.

Muhyiddin mengatakan sejauh ini pemerintah Malaysia telah melihat perkembangan positif dalam penanganan Covid-19. Meski begitu upaya pemerintah belum sepenuhnya berhasil. Menurutnya, masih diperlukan langkah-langkah untuk memerangi pandemi ini.

“Saya juga menemukan bahwa sebagian besar menginginkan pemerintah untuk terus mengambil langkah-langkah yang tepat dalam memeranginya,” ujarnya.

Dengan perpanjangan MCO bersyarat, sejumlah pembatasan masih berlaku, seperti tidak ada perjalanan antar negara atau perkumpulan di satu tempat. Sejumlah bisnis juga belum diizinkan beroperasi, salah satunya salon rambut.

“Setiap perubahan pada aturan, prosedur operasi standar (SOP), atau daftar sektor yang diizinkan beroperasi akan diumumkan kemudian,” katanya.

Untuk menghentikan penyebaran wabah Covid-19, pemerintah Malaysia telah memberlakukan aturan ketat dengan menerapkan perintah kontrol gerakan atau movement control order/MCO. Aturan pembatasan mulai dilonggarkan pada 4 Mei dengan mengubah MCO menjadi “MCO bersyarat”. Sebagian besar bisnis kembali dibuka dengan menerapkan physical distancing yang ketat dan kegiatan rekreasi yang tidak melibatkan kelompok juga diizinkan.

Sumber: Malaysiakini
Redaktur: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat