... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Malaysia Perpanjang Masa MCO Bersyarat Hingga 9 Juni

Foto: Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan perpanjangan masa MCO Bersyarat hingga 9 Juni

KIBLAT.NET, Kualalumpur – Pemerintah Malaysia resmi memperpanjang masa pembatasan sosial atau perintah kontrol gerakan (movement control order/MCO) bersyarat hingga 9 Juni.

Perpanjangan masa lockdown atau MCO bersyarat itu diumumkan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin hari ini, Ahad (10/05/2020). Sebelumnya masa berlaku MCO ditetapkan hingga 12 Mei.

Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin menyatakan bahwa periode MCO bersyarat terbaru akan berlaku dalam empat minggu. Nantinya MCO bersyarat memungkinkan untuk beroperasinya sektor ekonomi tertentu.

“Atas saran Kementerian Kesehatan dan Dewan Keamanan Nasional, saya ingin mengumumkan bahwa MCO bersyarat yang berlaku hingga 12 Mei akan diperpanjang hingga 9 Juni atau empat minggu lagi,” kata Muhyiddin.

Muhyiddin mengatakan sejauh ini pemerintah Malaysia telah melihat perkembangan positif dalam penanganan Covid-19. Meski begitu upaya pemerintah belum sepenuhnya berhasil. Menurutnya, masih diperlukan langkah-langkah untuk memerangi pandemi ini.

“Saya juga menemukan bahwa sebagian besar menginginkan pemerintah untuk terus mengambil langkah-langkah yang tepat dalam memeranginya,” ujarnya.

Dengan perpanjangan MCO bersyarat, sejumlah pembatasan masih berlaku, seperti tidak ada perjalanan antar negara atau perkumpulan di satu tempat. Sejumlah bisnis juga belum diizinkan beroperasi, salah satunya salon rambut.

“Setiap perubahan pada aturan, prosedur operasi standar (SOP), atau daftar sektor yang diizinkan beroperasi akan diumumkan kemudian,” katanya.

Untuk menghentikan penyebaran wabah Covid-19, pemerintah Malaysia telah memberlakukan aturan ketat dengan menerapkan perintah kontrol gerakan atau movement control order/MCO. Aturan pembatasan mulai dilonggarkan pada 4 Mei dengan mengubah MCO menjadi “MCO bersyarat”. Sebagian besar bisnis kembali dibuka dengan menerapkan physical distancing yang ketat dan kegiatan rekreasi yang tidak melibatkan kelompok juga diizinkan.

BACA JUGA  Peneliti Sebut Covid-19 Sudah Ada Sebelum Pandemi

Sumber: Malaysiakini
Redaktur: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Mardani: Tak Transparan, Kinerja Ekonomi Nasional Sudah Buruk Sebelum Pandemi Covid-19

Buruknya kinerja ekonomi terjadi karena ketidak cermatan pemerintah dalam menjalankan Tata Kelola Pemerintahan

Ahad, 10/05/2020 14:51 0

Indonesia

MUI Provinsi Se-Indonesia Satu Suara Tolak TKA Cina

Dewan Pimpinan MUI pada semua tingkatan diperintahkan untuk mengawasi keberadaan TKA selama masa pandemi Covid-19

Sabtu, 09/05/2020 22:58 0

Info Event

ACT Ajak Publik Bantu Para Tenaga Pendidik yang Terdampak Pandemi

Wabah Covid-19 secara perekonomian juga berdampak pada para pendidik dengan status honorer

Sabtu, 09/05/2020 22:47 0

Indonesia

Kebijakan Buka Bandara Lemahkan Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Pembukaan kembali moda transportasi udara, termasuk bagi WNA semakin memperbesar risiko masuk dan menyebarnya Covid-19

Sabtu, 09/05/2020 22:40 0

Artikel

Snouck Hurgronje, Kolonialisme dan Umat Islam.

Dalam buku-buku sejarah Snouck Hurgronje ditulis sebagai sosok yang tercela. Ia adalah lambang dari perselingkuhan antara ilmu pengetahuan dan penjajahan.

Jum'at, 08/05/2020 22:37 0

Indonesia

Anies Baswedan Mengaku Sudah Lacak Kasus Covid-19 Sejak Januari

Pemprov DKI Jakarta mengklaim telah mulai memantau dan melacak kasus-kasus potensial Covid-19 pada bulan Januari, lebih dari sebulan sebelum Pemerintah Pusat "terlambat" melaporkan kasus infeksi pertamanya pada 2 Maret.

Jum'at, 08/05/2020 20:14 0

Indonesia

Rizal Ramli Ingatkan Indonesia dalam Ancaman Krisis Pangan

Krisis pangan akibat pandemi Covid-19 menghantui dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Kebijakan social distancing dan pembatasan akses lainnya memicu golongan menengah ke atas melakukan panic buying sementara rantai suplai semakin berkurang.

Jum'at, 08/05/2020 18:47 0

Artikel

Cara Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir

Pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh negara di dunia membawa konsekuensi baru. Pola hidup sebagian penduduk dunia berubah, adanya pembatasan aktivitas di luar rumah dari pihak berwenang membuat banyak orang merasa tidak nyaman, tak terkecuali anak-anak.

Jum'at, 08/05/2020 16:38 0

Indonesia

UBN: Donor Darah Saat Ramadhan Bisa Jadi Sedekah Luar Biasa

"Insya Allah ada cara lain yang lebih hebat dari berinfak uang, yaitu donor darah"

Kamis, 07/05/2020 21:22 0

Info Event

Stok PMI Menipis, Satgas Covid-19 AQL Peduli Gelar Aksi Donor Darah

Satgas Covid-19 AQL Peduli menjaga Standar Prosedur Operasional dalam kegiatan donor darah pada situasi pandemi Covid-19

Kamis, 07/05/2020 20:59 0

Close