Habib Ahmad Zein Alkaff Wafat, KH Luthfi Basori: Beliau Pejuang Ahlu Sunnah

KIBLAT.NET, Jakarta – Innalillahi wa innailaihi roji’un, Habib Ahmad Zein Alkaff wafat. Ulama asal Jawa Timur itu dikenang sebagai pejuang ahlu sunnah wal jama’ah.

Habib Ahmad Zein Alkaff wafat hari ini, Ahad (10/05/2020) sekira pukul 17.40 WIB. Ulama yang juga Ketua Majelis Syuro Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Pusat itu wafat di Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya.

Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH. Luthfi Basori melayangkan bela sungkawa atas wafatnya Habib Ahmad Zein Alkaff. Menurutnya, almarhum merupakan sosok pejuang ahlu sunnah wal jamaah.

“Beliau pejuang ahlu sunnah wal Jamaah. Beliau mempunyai spesialisasi dalam pembahasan terkait dengan kesesatan Syi’ah,” katanya kepada Kiblat.net pada Ahad (10/05/2020).

“Gagasannya kreatif. Ada yang dituangkan dalam buku-buku beliau, ada yang lewat mimbar, sering juga lewat diskusi,” sambungnya.

Ia mengungkapkan bahwa Habib Zein kerap memyampaikan kepada umat tentang kesesatan syiah. Bahkan, pernah ada suatu seminar yang diadakan oleh tokoh syiah dan ketika pengisi acara tidak jujur lalu Habib Zein datang ke tempat tersebut. Habib Zein lantas mendebat pemateri bahkan acara itu dibubarkannya.

“Ini ketegaran dari sikap almarhum. Beliau salah satu dari tokoh yayasan Al-Bayinat, saya juga di dalamnya, yang juga gigih dalam memerangi Syi’ah,” tuturnya.

Kiai Luthfi juga memaparkan bahwa dirinya kerap diajak diskusi oleh Habib Zein terkait dengan permasalahan umat. Menurutnya, hal yang dapat diambil pelajaran dari sosok Habib Zein adalah istiqomah.

BACA JUGA  Hakim Tunggal Anggap Penahanan dan Penersangkaan HRS Sah

“Saya dari sekian banyak kawan akrab, ada diskusi sering ngajak saya. Beliau sangat intens hubungan dengan saya kalau telpon bisa setengah jam membahas tentang permasalahan keumatan. Beliau orangnya istiqomah,” paparnya.

Ia mengungkapkan, Habib Zein juga menjalin silaturahim dengan berbagai pihak. Selain aktif di Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur, beliau juga kerap berdiskusi dengan aparat keamanan baik TNI atau Polri.

Reporter: Taufiq Ishaq

Redaktur: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat