... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Utusan Khusus AS Temui Kepala Tim Negosiator Taliban

Foto: Negosiasi antara Taliban-AS

KIBLAT. NET, Doha — Utusan Khusus Amerika untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, menemui Kepala Biro Politik Imarah Islam Afghanistan (Taliban) di Doha, ibukota Qatar. Pertemuan ini membicarakan perjalanan implementasi perjanjian yang disepakati oleh kedua pihak.

Seperti dilansir Al Jazeera pada Jumat (08/05/2020), Khalilzad mengatakan bahwa ia melakukan pertemuan panjang dengan kepala tim negosiator Taliban, Abdul Ghani Baradar, dan anggotanya pada Rabu malam lalu. Pertemuan ini dalam upaya membuat kemajuan untuk mengurangi kekerasan, gencatan senjata, dan memastikan cara terbaik untuk menangani wabah virus Corona.

Dia menambahkan bahwa pertemuan itu membahas percepatan pembebasan tahanan dari kedua belah pihak, dan mengamankan pembebasan warga negara Amerika Mark Freaks yang ditahan di Afghanistan.

Utusan AS juga mengatakan bahwa pertemuan itu menyentuh dukungan regional dan internasional untuk proses perdamaian di Afghanistan, dan transisi ke negosiasi Afghanistan-Afghanistan sesegera mungkin. Khalilzad menambahkan bahwa ia akan bertemu dengan Baradar dan timnya lagi setelah kunjungannya ke India dan Pakistan.

Tur Khalilzad –yang meliputi Doha, Islamabad, dan New Delhi– dilakukan setelah serangan yang sering dilakukan oleh Taliban yang mengakibatkan pembunuhan dan melukai puluhan pasukan Afghanistan. Selain itu, negosiasi antara Taliban dan Kabul belum kunjung terealisasi, meskipun kedua belah pihak telah melanjutkan pertukaran tahanan selama berpekan-pekan.

Serangan Terbaru

Dalam serangan terbaru, seorang kepala polisi, asistennya dan petugas lainnya tewas pada Kamis malam oleh bom pinggir jalan di provinsi Khost (Afghanistan tenggara).

Dalam sebuah tweet di Twitter, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengaku bertanggung jawab atas bom tersebut, dan gerakan itu sebelumnya menolak permintaan pemerintah Afghanistan untuk gencatan senjata.

Washington mengutuk serangan itu melalui kedutaan besarnya di Kabul. Sebelumnya, AS telah berulang kali menyeru pengurangan kekerasan di Afghanistan untuk memungkinkan implementasi perjanjian Doha.

Di sisi lain, koresponden Al-Jazeera di Afghanistan mengutip sebuah sumber pemerintah yang mengatakan bahwa Taliban membebaskan 17 tahanan dari pasukan Afghanistan di provinsi Herat, sebelah barat negara itu.

Dengan ini, Taliban telah membebaskan beberapa kloter tawanan yang berjumlah 130 tahanan lebih, sementara pemerintah telah membebaskan lebih dari 500 anggota Taliban.

Pembebasan terbaru datang dalam implementasi perjanjian perdamaian yang ditandatangani pada 29 Februari di Doha, antara Amerika Serikat dan Taliban.

Perjanjian itu membuka jalan — sesuai dengan jadwal– untuk penarikan pasukan AS dari Afghanistan secara bertahap dengan imbalan jaminan dari gerakan tersebut, dan menetapkan bahwa Kabul membebaskan lima ribu tahanan Taliban yang dimilikinya, dan bahwa gerakan itu sebagai imbalan membebaskan 1.500 pasukan Afghanistan yang telah ditahan.

Sumber: Al Jazeera
Resaktur: Sulhi El Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Snouck Hurgronje, Kolonialisme dan Umat Islam.

Dalam buku-buku sejarah Snouck Hurgronje ditulis sebagai sosok yang tercela. Ia adalah lambang dari perselingkuhan antara ilmu pengetahuan dan penjajahan.

Jum'at, 08/05/2020 22:37 0

Indonesia

Anies Baswedan Mengaku Sudah Lacak Kasus Covid-19 Sejak Januari

Pemprov DKI Jakarta mengklaim telah mulai memantau dan melacak kasus-kasus potensial Covid-19 pada bulan Januari, lebih dari sebulan sebelum Pemerintah Pusat "terlambat" melaporkan kasus infeksi pertamanya pada 2 Maret.

Jum'at, 08/05/2020 20:14 0

Indonesia

Rizal Ramli Ingatkan Indonesia dalam Ancaman Krisis Pangan

Krisis pangan akibat pandemi Covid-19 menghantui dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Kebijakan social distancing dan pembatasan akses lainnya memicu golongan menengah ke atas melakukan panic buying sementara rantai suplai semakin berkurang.

Jum'at, 08/05/2020 18:47 0

Artikel

Cara Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir

Pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh negara di dunia membawa konsekuensi baru. Pola hidup sebagian penduduk dunia berubah, adanya pembatasan aktivitas di luar rumah dari pihak berwenang membuat banyak orang merasa tidak nyaman, tak terkecuali anak-anak.

Jum'at, 08/05/2020 16:38 0

Indonesia

UBN: Donor Darah Saat Ramadhan Bisa Jadi Sedekah Luar Biasa

"Insya Allah ada cara lain yang lebih hebat dari berinfak uang, yaitu donor darah"

Kamis, 07/05/2020 21:22 0

Info Event

Stok PMI Menipis, Satgas Covid-19 AQL Peduli Gelar Aksi Donor Darah

Satgas Covid-19 AQL Peduli menjaga Standar Prosedur Operasional dalam kegiatan donor darah pada situasi pandemi Covid-19

Kamis, 07/05/2020 20:59 0

Indonesia

Soal Suara Dahsyat di Pertengahan Ramadhan, MIUMI Aceh: Khurafat yang Menyesatkan

Akhir-akhir ini beredar pesan berantai di sosial media tentang terjadinya suara dahsyat pada pertengahan bulan Ramadhan yang bertepatan dengan hari Jum'at dan akan terjadi huru-hara pada bulan sesudahnya.

Kamis, 07/05/2020 19:11 0

Indonesia

China Klaim Pelarungan Jenazah ABK WNI Sesuai Standar Kelautan Internasional

Kementerian Luar Negeri RI akan memanggil Duta Besar Republik Rakyat Cina untuk menagih penjelasan terkait kabar perlakuan tidak manusiawi yang diterima Anak Buah Kapal (ABK) WNI di kapal-kapal ikan berbendera Cina.

Kamis, 07/05/2020 13:34 0

Info Event

Bersama Solidaritas Muslim, Ringankan Beban Keluarga Siyono

Saat ini Hilmi yang merupakan anak bungsu (alm) Siyono yang beralamatkan di Cawas Klaten dirawat di RS. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Kamis, 07/05/2020 13:11 0

Analisis

Invasi Komunis dalam Situasi Krisis, Pelajaran dari Afghanistan

Pertanyaannya sekarang, mungkinkah hal yang sama terjadi di Indonesia? Secara faktual, meski tak diakui secara resmi, sudah menjadi rahasia umum bahwa kebijakan di negeri ini disetir dari Beijing.

Kamis, 07/05/2020 10:08 0

Close
CLOSE
CLOSE