... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI Provinsi Se-Indonesia Satu Suara Tolak TKA Cina

Foto: Majelis Ulama Indonesia (MUI)

KIBLAT.NET, Jakarta – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Se-Indonesia satu suara dalam pernyataan sikap menolak masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal Cina. Pernyataan itu dibuat setelah mencermati dan menganalisis Kebijakan Menteri Perhubungan RI yang kontradiktif dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sebanyak 32 Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Provinsi membuat pernyataan sikap bersama. Surat pernyataan tersebut dibuat pada Jumat (08/05/2020) bertepatan dengan tanggal 15 Ramadhan 1441 Hijriyah.

Di bagian awal surat pernyataan, para Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Provinsi se-Indonesia menyatakan bahwa, berdasarkan Pembukaan UUD Tahun 1945 bahwa Peran, Fungsi dan Tanggung Jawab Pemerintah Negara Indonesia adalah untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia serta memajukan kesejahteraan umum. Pernyataan sikap itu dikeluarkan setelah mencermati dan menganalisis Kebijakan Menteri Perhubungan RI yang kontradiktif dengan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019
(Covid-19).

“Pertama, mendesak kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk menolak masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) khususnya yang berasal dari Negara China dengan alasan apapun juga, karena TKA dari Negara China adalah Transmitor Utama Virus Corona Desease 2019 (Covid-19) yang sangat berbahaya dan mematikan,” ungkap pernyataan itu.

Kedua, meminta dengan tegas kepada Presiden Republik Indonesia untuk membatalkan Kebijakan Menteri Perhubungan yang membuka dan melonggarkan Moda Transportasi dalam semua matra baik Darat, Laut maupun Udara sebelum penyebaran dan penularan Virus Covid-19 ini benar-benar dapat terkendali dan bisa menjamin tidak akan ada lagi penularan baru.

BACA JUGA  Wiranto Terima Kompensasi Rp 37 Juta Akibat Jadi Korban Penusukan

Ketiga, memerintahkan kepada seluruh jajaran Dewan Pimpinan MUI pada semua tingkatan (Kabupaten, Kota, Kecamatan dan Kelurahan/Desa/Nagari) dalam masa pandemik virus Corona ini, untuk mengawasi dan mengawal wilayahnya masing-masing dari keberadaan Tenaga Kerja Asing dan jika ditemukan maka segera melaporkannya kepada lembaga pemerintah terkait, agar supaya mereka dapat dipulangkan ke negara asalnya.

Keempat, Dewan Pimpinan MUI se-Indonesia mendesak kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam menegakkan Pancasila dan UUD Tahun 1945 dalam setiap kebijakannya, dan kamipun bertekad akan senantiasa menjadi garda terdepan dalam mengawal dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kelima, mendesak kepada Presiden, para Menteri, para Gubernur, para Bupati dan para Walikota se-Indonesia untuk senantiasa mengedepankan sikap serta semangat Nasionalisme dan Patriotisme dalam memimpin Negeri tercinta Indonesia, sehingga NKRI tetap utuh, maju dan bersatu selama-lamanya.

“Demikian pernyataan sikap kami, semoga Pemerintah Indonesia memperhatikan sikap kami ini sambil bertawakkal kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” pungkas pernyataan itu.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

ACT Ajak Publik Bantu Para Tenaga Pendidik yang Terdampak Pandemi

Wabah Covid-19 secara perekonomian juga berdampak pada para pendidik dengan status honorer

Sabtu, 09/05/2020 22:47 0

Qatar

Utusan Khusus AS Temui Kepala Tim Negosiator Taliban

KIBLAT. NET, Doha — Utusan Khusus Amerika untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, menemui Kepala Biro Politik...

Sabtu, 09/05/2020 09:21 0

News

WHO: Pasar Hewan Tak Perlu Ditutup Meski Rawan Penularan Virus

Mengurangi risiko penularan penyakit dari hewan ke manusia di pasar-pasar yang sering penuh sesak ini menurutnya dapat diatasi dalam banyak kasus dengan meningkatkan standar kebersihan dan keamanan pangan.

Sabtu, 09/05/2020 08:50 0

Arab Saudi

Puasa Menjadi Tren Kesehatan Muslim yang Dipraktikkan Berabad-abad

Sejumlah penelitian menunjukkan metode itu dapat memiliki efek positif pada tubuh dan otak.

Sabtu, 09/05/2020 08:25 0

Amerika

Empat Rudal Patriot AS yang Ditempatkan di Saudi Ditarik

KIBLAT. NET, Washington — Amerika Serikat dikabarkan menarik empat Rudal Patriotnya yang ditempatkan di Arab...

Sabtu, 09/05/2020 07:52 0

Artikel

Snouck Hurgronje, Kolonialisme dan Umat Islam.

Dalam buku-buku sejarah Snouck Hurgronje ditulis sebagai sosok yang tercela. Ia adalah lambang dari perselingkuhan antara ilmu pengetahuan dan penjajahan.

Jum'at, 08/05/2020 22:37 0

Artikel

Cara Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir

Pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh negara di dunia membawa konsekuensi baru. Pola hidup sebagian penduduk dunia berubah, adanya pembatasan aktivitas di luar rumah dari pihak berwenang membuat banyak orang merasa tidak nyaman, tak terkecuali anak-anak.

Jum'at, 08/05/2020 16:38 0

Afrika

PBB Konfirmasi Keberadaan Tentara Bayaran Rusia di Barisan Pasukan Khalifa Haftar

KIBLAT.NET, Tripoli — Para diplomat melaporkan pada Rabu (06/05/2020) bahwa para ahli PBB yang ditugasi...

Jum'at, 08/05/2020 08:23 0

Amerika

Angka Kematian Perhari di AS Akibat Corona Kembali Tembus Dua Ribu Jiwa

KIBLAT. NET,  Washington — Angka kematian di Amerika Serikat akibat pandemi Covid-19 kembali menembus dua...

Jum'at, 08/05/2020 07:27 0

Info Event

Stok PMI Menipis, Satgas Covid-19 AQL Peduli Gelar Aksi Donor Darah

Satgas Covid-19 AQL Peduli menjaga Standar Prosedur Operasional dalam kegiatan donor darah pada situasi pandemi Covid-19

Kamis, 07/05/2020 20:59 0

Close