... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rezim Suriah Sepakati Kontrak Eksplorasi Minyak dengan Iran

KIBLAT.NET, Damaskus – Rezim Suriah mengumumkan kontrak perjanjiannya dengan perusahaan-perusahaan Iran untuk mengeksplorasi minyak di kota Albukamal di pedesaan timur Deir Zour. Hal ini telah menimbulkan banyak pertanyaan tentang waktu dan konsekuensi dari langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak pecahnya revolusi Suriah.

Deklarasi tersebut diungkapkan oleh Menteri Perminyakan rezim Suriah, Ali Ghanem, dua hari lalu, pada sesi “Majelis Rakyat”.

Ghanem mengonfirmasi bahwa pemerintahnya mengontrak Iran untuk mengeksplorasi minyak dari “Blok No. 12” di wilayah Albukamal, tanpa memberikan perincian lebih lanjut. Pada saat yang sama dia menunjukkan bahwa produksi minyak Suriah dapat mencapai 90 ribu barel per hari, setelah pemulihan sistem. Kontrol juga lebih banyak dilakukan terhadap ladang minyak di timur laut negara itu.

Kehadiran Iran

Pada waktu pengumuman, direktur “Justice for Life”, pengacara HAM Jalal Al-Hamad, mengatakan bahwa mengungkapkan langkah ini saat ini membawa pesan politik ke lebih dari satu partai.

Kepada Arabi 21, ia menjelaskan bahwa makna pertama dari pesan tersebut adalah untuk sekutunya Rusia, bahwa hubungan rezim Suriah dengan Iran adalah hubungan yang kuat. Hal ini tidak ada tawar-menawar dari siapa pun, terutama karena kehadiran Iran telah mengakar di Suriah.

Al-Hamad juga menegaskan bahwa permintaan Teheran kepada Rezim untuk mengungkapkan perjanjian ini, ingin meyakinkan Amerika Serikat dan Israel akan keberadaannya di Suriah.

BACA JUGA  Rusia Duduki Ladang Minyak Suriah di Deir Zour

“Iran percaya bahwa kontrak yang ditandatangani dengan Rezim memberinya legitimasi keberadaan, tanpa melihat sejauh mana rezim Suriah awalnya mengakui.”

Secara ekonomi, Al-Hamad, yang berasal dari kota Deir Zour, mempertanyakan keberadaan tujuan ekonomi terkait dengan mengekstraksi minyak dalam pengumuman ini. Ia mengatakan bahwa “ladang minyak paling penting di Deir Zour dikendalikan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF), didukung oleh koalisi internasional.”

Dia menambahkan, Iran berusaha untuk mencegah tindakan Amerika Serikat di negara itu.

Peneliti di “Pusat Studi Omran”, Nawar Shaaban, mengkonfirmasi kepada Arabi 21 bahwa wilayah yang dinyatakan untuk eksplorasi minyak (Blok 12) tidak dianggap sebagai salah satu wilayah Suriah yang kaya minyak. Ia menjelaskan, bahwa “ekstraksi minyak dari wilayah ini biayanya lebih besar dari hasilnya.”

Dia mengatakan, pengumuman kontrak ini untuk mendapat manfaat dari hiruk-pikuk dunia dengan dampak dari Corona.

“Pengumuman kontrak ini tidak akan mengganggu Rusia, karena wilayah ini terutama di luar perjanjian minyaknya (dengan Rezim Suriah).”

Sumber: Arabi21
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Belum Ada Keputusan Resmi dari Arab Saudi Terkait Haji Tahun Ini

Kemenag berharap keputusan pelaksanaan haji tahun ini sudah diumumkan Saudi sebelum 20 Ramadan atau 13 Mei

Rabu, 06/05/2020 21:49 0

Info Event

Di Masa Pandemi Covid-19, Tak Perlu Menunggu Akhir Ramadan untuk Berzakat

Umat islam diminta untuk menunaikan zakat fitrahnya lebih awal, tidak perlu menunggu penghujung Ramadan

Rabu, 06/05/2020 21:11 0

Indonesia

Satgas Covid-19 MUI Telah Salurkan 3.000 Paket Bantuan

Selain distribusi paket sembako, program lain Satgas Covid-19 MUI berupa edukasi spiritual secara daring

Rabu, 06/05/2020 19:09 0

Manhaj

Syubhat dan Syahwat Sebagai Sumber Penyakit Hati

Berbicara tentang penyakit hati, Allah SWT di dalam Al-Quran berulang kali menyebutkan penyakit hati. Secara global ada dua penyakit hati yang disebutkan di dalam Al-Quran, penyakit hati yang disebabkan oleh syubhat (kebodohan) dan penyakit hati yang disebabkan oeh syahwat (hawa nafsu).

Rabu, 06/05/2020 12:46 0

Indonesia

Komisi IX DPR Tolak Wacana Mahfud MD Soal Relaksasi PSBB

Menko Polhukam Mahfud MD mewacanakan untuk melakukan relaksasi atau pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah saat ini. Hal ini dilakukan, karena ada keluhan dari masyarakat yang sulit keluar, berbelanja, mencari nafkah dan sebagainya.

Rabu, 06/05/2020 09:37 0

Fikih

Penetapan Waktu Imsak, Bid’ah atau Produk Ijtihad?

Menjadi salah satu masalah yang sering menjadi perbincangan di kalangan muslimin di negeri ini. Sebagian memandang bahwa hal itu termasuk perkara bid’ah (baru) yang tidak memiliki dasar.

Rabu, 06/05/2020 08:59 0

Indonesia

Atasi Dampak Covid-19, Ulama Bersama ACT Deklarasikan Gerakan Satu Bantu Satu

ACT bersama para ulama mendeklarasikan gerakan “Satu Bantu Satu”

Selasa, 05/05/2020 21:39 0

Indonesia

ACT Ajak Publik Peduli Lewat Program Bantuan Kesehatan Hingga Humanity Care Line

Semangat Bersama Bangun Bangsa juga diwujudkan dengan keterlibatan publik untuk mengentaskan problematika multidimensi yang muncul akibat Covid-19

Senin, 04/05/2020 17:34 0

Indonesia

Ketua Muhammadiyah Heran TKA Cina Masih Masuk ke Indonesia

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua PP Muhammadiyah Bidang Ekonomi, Anwar Abbas menegaskan bahwa tugas negara adalah...

Senin, 04/05/2020 12:59 0

Indonesia

Pemerintah Didesak Hentikan Gelombang PHK Buruh

Sedikitnya 3 juta pekerja sektor usaha dirumahkan

Ahad, 03/05/2020 23:17 0

Close