... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemerintah Didesak Hentikan Gelombang PHK Buruh

Foto: Demo buruh (ilustrasi).

KIBLAT.NET, Jakarta – Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) melanda kaum buruh. Pemerintah didesak untuk membahas masalah itu dengan pihak terkait untuk menghentikannya.

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemenaker) Tenaga Kerja RI, saat ini sedikitnya 3 juta pekerja sektor usaha dirumahkan sebagai dampak pandemi Covid-19.

“Saya mendesak pemerintah untuk menghentikan gelombang PHK buruh nasional. Presiden bisa memanggil Kadin dan asosiasi perusahaan di Indonesia untuk duduk dan membahas masalah ini agar bisa ketemu solusinya,” kata Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera di Jakarta, Ahad (03/05/2020).

Dia mengatakan perlu ada perhatian khusus terhadap deindustrialisasi yang saat ini terus terjadi. “Harus dipikirkan solusi taktis agar tidak terus bertambah PHK agar tidak semakin memberatkan buruh kita,” ujar Mardani.

Merujuk data LIPI bekerjasama dengan FEB Universtias Indonesia, Mardani menyebut dampak pandemi Corona terhadap dunia kerja. Data itu menyebutkan sebanyak 65 persen tetap menjadi pegawai semula tetapi bekerja di rumah, 18 persen tidak terdampak, 15 persen di PHK tanpa pesangon, dan hanya 2 persen yang di PHK dengan pesangon.

Anggota komisi II DPR itu mendesak pemerintah memberikan pelatihan padat karya sebagai solusi masifnya buruh yang di rumahkan. Dengan demikian para korban PHK dapat menjadi kreatif dan bisa berwirausaha.

Selain itu, pencetus gerakan Kami Oposisi itu juga mengkritik adanya izin kepada 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang akan masuk ke Indonesia. Pemerintah dinilainya tak peka di saat banyak buruh dirumahkan akibat dampak pandemi.

BACA JUGA  Kemendagri Klaim Pilkada Serentak Jadi Stimulus Ekonomi

“Tidak ada kepedulian dan sangat melukai perasaan rakyat,” pungkas Mardani.

Reporter: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Positif Corona di Rusia Melonjak, Sehari 10 Ribu Kasus

Secara keseluruhan, korban positif Corona di Rusia sebanyak 124.054 orang.

Ahad, 03/05/2020 08:19 0

Afrika

Lagi, Tentara Prancis Tewas di Mali

Sejak mengintervensi negara itu pada 2013 silam, senyak 42 personel militer Prancis tewas di wilayah Sahel. Data ini berdasarkan perhitungan yang dilakukan melalui pemantauan angka-angka yang diterbitkan oleh Staf Umum Militer

Ahad, 03/05/2020 07:50 0

Malaysia

Tak Ingin Nikah Tertunda Lantaran Corona, Pasangan Malaysia Langsungkan Akad Via Skype

Itu adalah salah satu hari terbesar dalam hidup Siti Jaslin Johari yang mengenakan pakaian terbaiknya - jilbab berwarna cokelat dan baju kurung berwarna krem.

Sabtu, 02/05/2020 14:42 0

Amerika

Covid-19 Tak Halangi Muallaf Ini Rasakan Nikmatnya Ibadah Ramadhan

Dia tinggal di Queens - lima lingkungan terbesar di Kota New York - pusat wabah virus corona (Covid-19). Dia mengatakan bahwa tahun ini berpuasa, shalat dan merayakan Ramadhan dengan keluarga Muslimnya.

Sabtu, 02/05/2020 14:10 0

Manhaj

Dakwah Rahasia dan Generasi Pertama Pengikut Nabi Muhammad

Merupakan sesuatu yang lumrah bila yang pertama dilakukan oleh Rasulullah adalah menawarkan Islam kepada orang-orang yang dekat hubungan dengannya, baik itu anggota keluarga maupun sahabat-sahabat karibnya.

Sabtu, 02/05/2020 06:56 0

News

Dituduh Lecehkan Partai Komunis dan Rezim, Jurnalis di China Dihukum 15 Tahun Bui

Shane Guerin ditangkap bersama banyak kerabatnya pada musim panas 2018 setelah dia menerbitkan artikel di blognya yang menuduh pejabat setempat melakukan korupsi.

Jum'at, 01/05/2020 18:57 0

Amerika

AS Setop Publikasikan Informasi Tentang Serangan Taliban

ikap ini membatasi pemahaman tentang perkembangan konflik ketika Washington mengurangi kehadiran militernya di negara itu.

Jum'at, 01/05/2020 18:33 0

Suriah

AS Tawarkan Rusia Bantuan untuk Perangi ISIS

Jeffrey memperingatkan bahwa meskipun untuk sementara serangan rezim pada Idlib telah dihentikan, namun konsekuensinya "masih berbahaya."

Jum'at, 01/05/2020 14:19 0

Arab Saudi

Manajemen Haramain Bantah Hoax Pembukaan Ka’bah dan Masjid Nabawi

Lembaga Kepengurusan Haramain yang diketuai oleh Syaikh Abdurrahman As-Sudais mengkonfirasi hoax terkait pembukaan haramain (masjidil haram dan nabawi). Di dalam akun resminya haramain.info mengumumkan

Jum'at, 01/05/2020 08:32 0

Arab Saudi

Syaikh Ibrahim As-Sakran Dikabarkan Bebas dari Penjara Saudi

Akun twitter Muktaqalir Rakyi mengabarkan bahwa Syaikh Ibrahim As-Sakran sudah dibebaskan dari penjara Arab Saudi setelah melewati 4 tahun di penjara.

Jum'at, 01/05/2020 07:09 0

Close