... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

HNW Dorong Kemenag Tetap Bantu UKT Mahasiswa di Masa Pandemi

Foto: Wakil Ketua MPR-RI, Hidayat Nur Wahid. (Foto: Jundii)

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota komisi VIII DPR RI, Hidayat Nur Wahid, MA mendukung tuntutan Mahasiswa dan menyayangkan pembatalan diskon Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk para mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), yang sempat jadi edaran dari Kementerian Agama. Menurutnya, pembatalan kebijakan tersebut meresahkan Mahasiswa, dan dapat menjadi langkah mundur yang tidak solutif sebagai kontribusi atasi dampak wabah Covid-19.

“Memang Pemerintah melakukan pemotongan anggaran, termasuk di Kemenag, sebagai upaya mengatasi Covid-19. Tapi jangan sampai hal itu malah menambah beban mereka yang terdampak Covid-19, seperti dari kalangan mahasiswa maupun para walinya,” katanya kepada Kiblat.net melalui rilisnya, pada Kamis (30/04/2020).

HNW yang juga Wakil Ketua MPR-RI Fraksi PKS ini juga menjelaskan bahwa pemotongan anggaran Kemenag oleh Kemenkeu sebesar Rp 2,6 triliun seharusnya tidak menjadi alasan dibatalkannya diskon UKT bagi mahasiswa PTKIN.

Ia menegaskan bahwa Kemenag perlu kreatif menyiasati hal ini. Termasuk memaksimalkan pos anggaran Dana Abadi Pendidikan yang dapat dimanfaatkan Kemenag, untuk membantu para mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan.

Hal ini, kata dia, sudah kami sampaikan langsung kepada Kemenag pada Rapat Komisi VIII sebelumnya, agar kegiatan pendidikan tidak berhenti, dan peserta didik termasuk mahasiswa tidak menjadi korban berikutnya, akibat wabah Covid-19.

“Apalagi jika dengan alasan mengatasi Covid-19, justru seharusnya civitas academica PTKIN diperkuat agar mampu berperan dalam pengembangan riset Islami, untuk hadirkan ilmuwan Muslim unggulan, agar dapat berkontribusi untuk mengatasi Covid-19. Dan hal tersebut sudah disepakati dalam rapat Komisi VIII dengan Kemenag,” ungkap Hidayat.

BACA JUGA  Polisi Tangkap Dua Penghina Ahok di Medsos

Hidayat juga mengingatkan Kemenag agar tetap mengakomodasi kebutuhan para mahasiswa demi menjamin keberlangsungan kegiatan pendidikan di lingkungan PTKIN secara kondusif.

“Walaupun pemotongan UKT tidak sampai 10%, tetapi dengan besaran yang berbeda, ataupun relaksasi pembayarannya, tetap akan sangat membantu para mahasiswa, dan hadirkan kondisi kondusif untuk mereka. Tetapi kalaupun terpaksa UKT tetap normal, maka Kemenag agar memberikan alternatif solusi bantuan, dengan mengarahkan pihak kampus supaya UKT tersebut dialihkan untuk meringankan para mahasiswa dalam kegiatan belajarnya,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Dituduh Lecehkan Partai Komunis dan Rezim, Jurnalis di China Dihukum 15 Tahun Bui

Shane Guerin ditangkap bersama banyak kerabatnya pada musim panas 2018 setelah dia menerbitkan artikel di blognya yang menuduh pejabat setempat melakukan korupsi.

Jum'at, 01/05/2020 18:57 0

Amerika

AS Setop Publikasikan Informasi Tentang Serangan Taliban

ikap ini membatasi pemahaman tentang perkembangan konflik ketika Washington mengurangi kehadiran militernya di negara itu.

Jum'at, 01/05/2020 18:33 0

Suriah

AS Tawarkan Rusia Bantuan untuk Perangi ISIS

Jeffrey memperingatkan bahwa meskipun untuk sementara serangan rezim pada Idlib telah dihentikan, namun konsekuensinya "masih berbahaya."

Jum'at, 01/05/2020 14:19 0

Arab Saudi

Manajemen Haramain Bantah Hoax Pembukaan Ka’bah dan Masjid Nabawi

Lembaga Kepengurusan Haramain yang diketuai oleh Syaikh Abdurrahman As-Sudais mengkonfirasi hoax terkait pembukaan haramain (masjidil haram dan nabawi). Di dalam akun resminya haramain.info mengumumkan

Jum'at, 01/05/2020 08:32 0

Arab Saudi

Syaikh Ibrahim As-Sakran Dikabarkan Bebas dari Penjara Saudi

Akun twitter Muktaqalir Rakyi mengabarkan bahwa Syaikh Ibrahim As-Sakran sudah dibebaskan dari penjara Arab Saudi setelah melewati 4 tahun di penjara.

Jum'at, 01/05/2020 07:09 0

Konsultasi

Hukum Sholat Menggunakan Masker di Tengah Pandemi Corona

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh, kepada redaksi kiblat.net, pasca pandemi corona ada sebagian masjid di zona hijau yang masih menyelenggarakan sholat jamaah dengan protokol yang dianjurkan, seperti menggunakan masker, sosial distancing shaff serta mencuci tangan dan anjuran-anjuran lainnya.

Jum'at, 01/05/2020 06:44 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Bertahan di Tengah Pandemi Corona dengan Zuhud

Khutbah Jumat. Wabah Corona berdampak kepada sendi-sendi kehidupan manusia, tidak hanya pada masalah kesehatan, Corona juga berdampak pada masalah ekonomi. Di Indonesia ada sekitar 2,8 juta pekerja yang terkena PHK,

Jum'at, 01/05/2020 05:56 0

Suriah

HRW: Rezim Assad Cegah Bantuan Masuk untuk Penanganan Corona

KIBLAT.NET, Damaskus – Rezim Bashar Assad menghalangi pengiriman persediaan medis dan personel yang diperlukan untuk...

Kamis, 30/04/2020 16:19 0

Amerika

Dua Pria AS Masuk Rumah Sakit Usai Tenggak Pemutih untuk Cegah Corona

Surat kabar lokal Amerika Atalanta melaporkan bahwa seorang pria dirawat di rumah sakit pada hari Sabtu setelah makan 16 ons pemutih.

Kamis, 30/04/2020 16:03 0

Suriah

AS Bentuk Unit Khusus Pasukan Penjaga Minyak di Suriah Timur

KIBLAT. NET, Hasakah — Amerika Serikat memulai proyek pembentukan unit militer khusus, yang unsur-unsurnya dari...

Kamis, 30/04/2020 08:11 0

Close