... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Standar Cinta dan Benci Seorang Muslim

Oleh: Siti Hartinah Ode, SH (The Voice of Muslimah Papua Barat)

KIBLAT.NET – Perasaan cinta dan benci adalah sebuah fitrah yang ada pada diri setiap manusia. Kedua perasaan ini tergolong pada naluri baqa, yaitu naluri mempertahankan diri yang akan muncul dalam keadaan tertentu atau ada sesuatu yang memancingnya.

Cinta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya adalah suka sekali; sayang sekali. Kata sekali yang membersamai kata suka dan sayang menandakan bahwa kata cinta adalah sesuatu yang besar dan memiliki kekuatan dorongan yang besar dalam hal yang bersangkutan dengan kata tersebut. Dan sifat alami dari cinta itu sendiri adalah mengorbankan dan melindungi.

Sedangkan benci dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti sangat tidak suka. Kata sangat juga mengindentifikasikan sebuah dorongan besar untuk kata tidak suka, dan dalam hal ini seseorang akan menjauh dan meninggalkan hal yang dibencinya.

Adapun sebagai seorang muslim, kita telah diberikan gambaran dalam aktivitas mencintai dan membenci ini. Dan standar inilah yang seharusnya dipakai oleh umat muslim dalam kehidupanya.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah yang dikeluarkan oleh Muslim berkata, Rasulullah Saw., bersabda: “Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Belum sempurna keimanan kalian jingga kalian saling mencintai. Tidakkah (kalian suka) aku tunjukkan pada satu perkara, jika kalian melakukanya niscaya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian”.

BACA JUGA  Gandeng Taklim Jurnalistik, Aman Palestin Ajak Donasi Pembangunan Masjid Gaza

Dalam hadits lainya tertulis, hadis dari Abu Hurairah riwayat Muslim, Rasulullah Saw., bersabda: “Sesungguhnya kelak di hari kiamat Allah akan berfirman, “Dimana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini Aku akan memberikan kepadanya naungan-Ku disaat tidak ada naungan kecuali naungan-Ku”.

Disinilah terdapat sebuah perintah bahwasanya sebagai hamba Allah dalam aktivitas mencintai maka standar kita adalah karena Allah. Tidak hanya mencintai, dalam aktivitas membenci pun standar yang kita gunakan adalah karena Allah Swt.

Di dalam buku yang berjudul Pilar-Pilar Pengokoh Nafsiyah Islamiyah dikatakan, “Cinta karena Allah adalah mencintai hamba Allah kerena keimanannya kepada Allah dan ketaatan kepada-Nya. Benci karena Allah adalah membenci hamba Allah disebabkan kekufuran dan perbuatan maksiatnya”. Jelaslah standar bagi seorang muslim dalam aktivitas mencintai dan membenci.

Standar inilah yang seharusnya digunakan oleh seluruh umat muslim. Selaras dengan Firman Allah Swt., yang berbunyi:

يَاأَيُّهَاالنَّاسُاعْبُدُوارَبَّكُمُالَّذِيخَلَقَكُمْوَالَّذِينَمِنْقَبْلِكُمْلَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ﴿٢١﴾الَّذِي جَعَلَلَكُمُالْأَرْضَفِرَاشًاوَالسَّمَاءَبِنَاءًوَأَنْزَلَمِنَالسَّمَاءِمَاءًفَأَخْرَجَبِهِمِنَالثَّمَرَاتِرِزْقًالَكُمْ ۖ فَلَاتَجْعَلُوالِلَّهِأَنْدَادًاوَأَنْتُمْتَعْلَمُونَ

“Hai manusia, sembahlah Rabbmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa. Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allâh padahal kamu mengetahui” (al-Baqarah: 21-22)

Maka, cukuplah bagi seorang hamba yang taat tidak ada keraguan dalam diri untuk melaksanakannya. Menggunakan standar Islam (karena Allah Swt) dalam aktivitas mencintai dan membenci akan membawa banyak manfaat. Di antaranya adalah:

BACA JUGA  Puan Berucap, Dukungan Pun Menguap

1. Sempurna imannya, dalam sebuah hadits dari Muadz bin Anas al-Jahni bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Siapa saja yang memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menikah karena Allah, maka berarti ia telah sempurna imannya”.

2. Allah Swt mencintainya. Malik dalam al-Muwatha dengan sanad yang shahih, telah mengeluarkan hadits dari Muadz bin Jabal, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda: “Allah berfirman,”Kecintaan-Ku pasti diperoleh oleh orang yang saling mencintai karena-Ku, saling berkumpul karena-Ku, saling mengunjungi karwna-Ku, dan saling memberi karena-Ku”.

3. Diberikan kebahagiaan di hari kiamat. Hadits yang diriwayatkan oleh ath-thabrani dalam kitabnya ash-Shagir dengan isnad hasan dari Anas, ia berkata, Rasullullah Saw., bersabda: “Barang siapa yang menemui saudaranya yang muslim dengan menampakkan perkara yang disukainya karena ingin membahagiakannya, maka Allah akan memberikan kebahagiaan kepadanya di hari kiamat”.

Maka, sungguh inilah standar yang jelas bagi setiap muslim dalam menjalankan kehidupannya, tak terkecuali dalam hal mencintai dan membenci. Standar jelas ini akan membuang semua keraguan dan menumbuhkan keimanan lebih pada diri seorang muslim.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Sekjen MUI Minta Pemerintah Tegas Larang TKA Asal Cina

Kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal Cina menyakitkan hati bangsa Indonesia yang tengah berusaha memutus penyebaran virus Corona

Rabu, 29/04/2020 09:57 0

Turki

Turki Kirim Bantuan Alat Medis ke AS

KiAnadoluKIBLAT. NET, Ankara — Pesawat militer Turki sarat perlengkapan medis dan Alat Pelindung Diri (APD)...

Rabu, 29/04/2020 08:11 0

Rohah

Sang Penggerak Itu Bernama Hati

Sesungguhnya di dalam tubuh kita ada segumpal daging, yang bilamana daging itu baik maka baiklah seluruh badan kita. Eksistensi hati dalam tubuh kita bagaikan seorang panglima yang mempunyai kewenangan mutlak dalam mengatur seluruh pasukannya. Dialah awal mula kelahiran sebuah tekad dan niat yang akan menjadi pedoman bagi anggota badan yang lain dalam bekerja. Instruksi hati lah yang akan mengarahkan anggota badan yang lain untuk berbuat dan bertindak, entah ke arah yang baik ataupun arah yang buruk, kepada cahaya kebenaran ataupun gulita kebathilan, kepada indahnya kebaikan ataupun tipu daya keburukan.

Rabu, 29/04/2020 06:26 0

Artikel

Meraih Keutamaan Ramadhan

Ramadhan merupakan suatu momen super khusus disediakan Allah Swt kepada kaum muslimin. Dikatakan demikian karena bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan lainnya. Allah Swt menyediakan berbagai keutamaan ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan. Inilah rahmat dan nikmat Allah Swt yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang memanfaatkan moment ini dengan memperbanyak ibadah. Maka bersyukurlah kepada Allah dengan dipertemukan dengan bulan Ramadhan ini.

Rabu, 29/04/2020 05:31 0

Malaysia

Team Ustadz Adi Hidayat Bantu WNI di Malaysia Terdampak Corona Rp 100 Juta

Bantuan dari Team Ustadz Adi Hidayat itu disalurkan melalui Pengurus Muslim-KL dan Ormas-ormas Indonesia di Malaysia

Selasa, 28/04/2020 20:05 0

Indonesia

Bantuan 20 Ton APD UEA Kepada Indonesia Berbalas Buah dan Sayur Segar

Pemerintah Uni Emirat Arab mengirimkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak 20 ton kepada Indonesia dalam rangka penanganan Covid-19 yang dibalas langsung oleh Indonesia dengan pengiriman buah-buahan dan sayur-sayuran segar.

Selasa, 28/04/2020 17:33 0

Amerika

Trump: China Seharusnya Bisa Cegah Penyebaran Corona ke Seluruh Dunia

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa China seharusnya dapat menghentikan virus corona sebelum melanda seluruh negara di dunia.

Selasa, 28/04/2020 16:50 0

Indonesia

Soal Penanganan Covid-19, Kemenkes Klaim Tak Ada Data yang Ditutupi

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mengklaim bahwa data yang disampaikan oleh Juru...

Selasa, 28/04/2020 15:37 0

Afrika

Khalifa Haftar Klaim Jadi Penguasa Tunggal di Libya

Jenderal Khalifa Haftar secara sepihak menyatakan dirinya sebagai penguasa Libya.

Selasa, 28/04/2020 14:25 0

Munaqosyah

Syubhat Akhir Zaman: Suara Keras di Bulan Ramadhan

Salah satu penyampaian kajian akhir zaman yang membuat kaget adalah jika ada dentuman keras di bulan Ramadhan, maka itu adalah awal dari munculnya huru hara.

Selasa, 28/04/2020 13:41 0

Close