... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Trump: China Seharusnya Bisa Cegah Penyebaran Corona ke Seluruh Dunia

Foto: Presiden AS, Donald Trump. (Foto: AFP)

KIBLAT.NET, Washington – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa China seharusnya dapat menghentikan virus corona sebelum melanda seluruh negara di dunia.

Ia mengungkapkan bahwa Amerika Serikat sedang melakukan “penyelidikan serius” atas apa yang terjadi.

“Kami melakukan penyelidikan yang sangat serius … Kami tidak senang dengan China,” kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih pada Selasa (28/04/2020), dikutip dari Reuters.

“Kami percaya itu bisa dihentikan pada sumbernya. Itu bisa dihentikan dengan cepat dan tidak akan menyebar ke seluruh dunia,” imbuhnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan seluruh bukti yang ada menunjukkan bahwa virus corona baru berasal dari hewan di China akhir tahun lalu, dan tidak dimanipulasi atau diproduksi di laboratorium.

“Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa virus tersebut berasal dari hewan dan tidak dimanipulasi atau dibangun di laboratorium atau di tempat lain,” kata juru bicara WHO, Fadela Chaib.

“Kemungkinan besar, kemungkinan virus itu berasal dari hewan,” imbuh Chaib.

Tidak jelas, tambah Chaib, bagaimana virus itu melompati penghalang spesies ke manusia, tetapi “tentu saja” ada inang hewan perantara.

“Kemungkinan besar virus itu memiliki wadah ekologis pada kelelawar, tetapi bagaimana virus beralih dari kelelawar ke manusia masih harus dilihat dan ditemukan,” tuturnya.

Dia tidak menanggapi permintaan untuk menjelaskan apakah ada kemungkinan virus tersebut lolos dari laboratorium secara tidak sengaja. Institut Virologi Wuhan telah menepis desas-desus bahwa pihaknya menyintesis virus atau membiarkannya lolos.

BACA JUGA  Pabrik Biofarmasi China Bocor, Ribuan Orang Terinfeksi Bakteri

Chaib sendiri ketika ditanya tentang dampak keputusan Trump pekan lalu untuk menunda pendanaan ke badan PBB atas penanganan pandemi virus corona, mengatakan bahwa WHO masih menilai situasi.

“Kami masih menilai situasi tentang pengumuman oleh Presiden Trump … dan kami akan menilai situasinya dan kami akan bekerja dengan mitra kami untuk mengisi celah apa pun,” ungkapnya.

“Sangat penting untuk melanjutkan apa yang kita lakukan tidak hanya untuk Covid tetapi untuk banyak, banyak, banyak, banyak program kesehatan lainnya,” tambahnya, merujuk pada tindakan melawan polio, HIV, dan malaria di antara penyakit lainnya.

Ia juga mengatakan bahwa WHO memiliki 81 persen pendanaan untuk dua tahun ke depan pada akhir Maret, mengacu pada anggaran dua tahunan senilai 4,8 miliar dolar AS.

Sumber: Reuters
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Soal Penanganan Covid-19, Kemenkes Klaim Tak Ada Data yang Ditutupi

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mengklaim bahwa data yang disampaikan oleh Juru...

Selasa, 28/04/2020 15:37 0

Info Event

Pemuda Al Fath Bagikan Puluhan Paket Sembako untuk Warga Tabanan Bali

Kegiatan itu bentuk kepedulian sosial dalam membantu masyarakat dalam menanggulangi dampak Covid-19

Selasa, 28/04/2020 15:12 0

Munaqosyah

Syubhat Akhir Zaman: Suara Keras di Bulan Ramadhan

Salah satu penyampaian kajian akhir zaman yang membuat kaget adalah jika ada dentuman keras di bulan Ramadhan, maka itu adalah awal dari munculnya huru hara.

Selasa, 28/04/2020 13:41 0

Indonesia

Survei LKSP: Warga Jakarta Lebih Puas Penanganan Covid-19 oleh Pemprov DKI Ketimbang Pemerintah Pusat

Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) bersama Aliansi Perempuan Peduli Indonesia menggelar survei terkait persepsi warga DKI Jakarta tentang Covid-19. Survei dilakukan di 44 kecamatan menggunakan metode Krejcie-Morgan dengan Margin of Error 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Selasa, 28/04/2020 08:47 0

Indonesia

Bank Pembangunan Islam Siap Cairkan Utang hingga 250 Juta USD untuk RI

Presiden Islamic Development Bank (IsDB), Dr. Bandar Hajjar bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati membahas dana emergensi dan rencana dukungan IsDB pada anggotanya dalam menghadapi Covid-19 melalui video conference pada Ahad (26/04/2020).

Selasa, 28/04/2020 08:20 0

Manhaj

Syarh Safinatun Najah 03: Rukun-Rukun Wudhu

Artinya, “Pasal : Rukun wudhu ada 6. Pertama, niat. Kedua, membasuh muka. Ketiga, Membasuh tangan hingga siku. Keempat, Mengusap sebagian kepala. Kelima, mencuci kedua kaki hingga mata kaki. Keenam, berurutan.”

Senin, 27/04/2020 14:44 0

Manhaj

Perintah Dakwah Pertama Kepada Rasulullah

Selain itu, permulaan ayat-ayat ini mengandung seruan yang tinggi, sebagai perintah yang ditujukan kepada Nabi , agar beliau bangun dari tidur dan melepas selimut, siap untuk berjihad dan berjuang.

Senin, 27/04/2020 13:31 0

Indonesia

Ketua Tim Covid-19 PKS: Perantau Asal Cirebon dan Indramayu Jangan Mudik

Ketua Tim Covid-19 Fraksi PKS DPR-RI, Netty Prasetiyani, meminta masyarakat untuk mengikuti larangan pemerintah terkait mudik lebaran dari dan ke daerah yang dinyatakan sebagai zona merah Covid-19. Khususnya perantau asal Cirebon dan Indramayu yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Senin, 27/04/2020 12:44 0

Artikel

Yang Berdansa Saat Corona

Sulit bagi kita untuk tidak melihat betapa jungkir baliknya situasi para pemuda masa lalu dengan pemuda semacam ‘stafsus milenial’ saat ini. Mereka bukan saja terlibat konflik kepentingan tetapi juga menunjukkan dengan terbuka betapa tidak pekanya

Ahad, 26/04/2020 17:08 0

Indonesia

Fatwa MUI: Dana Zakat Boleh untuk Penyediaan APD Penanganan Covid-19

Komisi Fatwa MUI melakukan ijtihad dan menetapkan fatwa agar zakat, infak, dan sedekah dapat dimanfaatkan secara optimal dalam mengatasi masalah yang ditimbulkan wabah Covid-19

Ahad, 26/04/2020 09:07 0

Close