... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lagi, AS Akui Operasinya di Somalia Tewaskan Sipil

Foto: Drone AS terbang.

KIBLAT. NET, WaDronshington — Amerika Serikat mengatakan pada Senin (27/04/2020) bahwa negaranya membunuh dua warga sipil dan melukai tiga orang saat tentaranya menggelar serangan udara di Somalia awal tahun 2019. Pengakuan resmi atas kematian warga sipil dalam operasi komando militer AS di Afrika sangat jarang terjadi di tengah banyaknya laporan hal itu.

Pengumuman itu muncul pada awal laporan evaluasi triwulanan kepemimpinan Amerika di Afrika tentang tuduhan kematian warga sipil sebagai akibat dari operasinya terhadap gerilyawan Islam di Somalia, Libya dan negara-negara Afrika lainnya.

“Sayangnya, dua warga sipil tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan udara pada Februari 2019 … kami sangat menyesalkan ini,” kata Jenderal Stephen Townsend, komandan Komando Militer AS di Afrika, dalam laporan itu.

Serangan udara yang dimaksud itu dilakukan di sekitar Cuneo Baru di wilayah Lower Shabelle. Laporan itu menyatakan bahwa serangan itu menargetkan pembunuhan dua anggota Gerakan Al Shabaab Somalia, dan operasi itu sukses melumpuhkan keduanya.

Laporan itu mengatakan bahwa kematian warga sipil terjadi sebagai akibat “ledakan amunisi pasukan Amerika atau Al-Shabaab” selama serangan udara.

Ini adalah serangan udara kedua yang diketahui di mana komando militer AS di Afrika mengakui kematian warga sipil di Somalia. Sementara itu, aktivis HAM menuduh AS menutup rapat setiap informasi operasinya di Somalia sejak lama.

BACA JUGA  Klaim Tak Sengaja, Pasukan Prancis Tewaskan Warga Sipil Mali

Serangan udara pertama adalah pada bulan April 2018 di daerah Al-Bor di distrik Jalgadud, Somalia tengah. Komando militer AS saat itu di Afrika mengakui bahwa mereka secara tidak sengaja membunuh dua warga sipil selama serangan itu.

Amerika Serikat melakukan serangan udara di Somalia selama bertahun-tahun untuk membantu mengalahkan Al Shabaab, yang berupaya menggulingkan pemerintah yang didukung Barat dan membangun pemerintahannya sendiri berdasarkan Syariat Islam.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Syarh Safinatun Najah 03: Rukun-Rukun Wudhu

Artinya, “Pasal : Rukun wudhu ada 6. Pertama, niat. Kedua, membasuh muka. Ketiga, Membasuh tangan hingga siku. Keempat, Mengusap sebagian kepala. Kelima, mencuci kedua kaki hingga mata kaki. Keenam, berurutan.”

Senin, 27/04/2020 14:44 0

Manhaj

Perintah Dakwah Pertama Kepada Rasulullah

Selain itu, permulaan ayat-ayat ini mengandung seruan yang tinggi, sebagai perintah yang ditujukan kepada Nabi , agar beliau bangun dari tidur dan melepas selimut, siap untuk berjihad dan berjuang.

Senin, 27/04/2020 13:31 0

Indonesia

Ketua Tim Covid-19 PKS: Perantau Asal Cirebon dan Indramayu Jangan Mudik

Ketua Tim Covid-19 Fraksi PKS DPR-RI, Netty Prasetiyani, meminta masyarakat untuk mengikuti larangan pemerintah terkait mudik lebaran dari dan ke daerah yang dinyatakan sebagai zona merah Covid-19. Khususnya perantau asal Cirebon dan Indramayu yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Senin, 27/04/2020 12:44 0

Artikel

Yang Berdansa Saat Corona

Sulit bagi kita untuk tidak melihat betapa jungkir baliknya situasi para pemuda masa lalu dengan pemuda semacam ‘stafsus milenial’ saat ini. Mereka bukan saja terlibat konflik kepentingan tetapi juga menunjukkan dengan terbuka betapa tidak pekanya

Ahad, 26/04/2020 17:08 0

Indonesia

Fatwa MUI: Dana Zakat Boleh untuk Penyediaan APD Penanganan Covid-19

Komisi Fatwa MUI melakukan ijtihad dan menetapkan fatwa agar zakat, infak, dan sedekah dapat dimanfaatkan secara optimal dalam mengatasi masalah yang ditimbulkan wabah Covid-19

Ahad, 26/04/2020 09:07 0

Indonesia

Dinilai Banyak Masalah, PKS Minta Program Kartu Prakerja Dihentikan

Wakil Ketua Fraksi PKS, Sukamta memandang rencana pelatihan online program kartu prakerja yang akan digulirkan sebaiknya dihentikan dan tidak dipaksakan. Hal ini mengingat banyaknya kritikan terhadap rencana tersebut.

Sabtu, 25/04/2020 17:19 0

Indonesia

Polemik Mudik vs Pulkam Jangan Sampai Buat Lengah Awasi Dana Covid-19

"Jangan sampai (seperti) kejadian 1998, membuat negara hingga hari ini harus menanggung beban hutang 600T"

Jum'at, 24/04/2020 15:51 0

Foto

Begini Suasana Tarawih Pertama di Masjidil Haram

Tarawih malam pertama itu diimami oleh Syaikh Su'ud Asy-Syuraim. Beliapun meneteskan air mata di rekaat pertama.

Jum'at, 24/04/2020 15:13 0

Artikel

Marhaban Ramadhan, Tamu Agung dengan Segala Kemuliaannya

Begitu banyak sifat mulia pada Bulan Ramadhan, bulan mubarok, bulan Al-Quran dan sekian sifat mulia lainnya. Selayaknya tamu yang agung sudah pastinya orang-orang beriman memuliakannya.

Jum'at, 24/04/2020 13:38 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Ibadah Ramadhan Tetap Prima, Meski Corona Melanda

Khutbah Jumat: Ibadah Ramadhan Tetap Prima, Meski Corona Melanda

Jum'at, 24/04/2020 08:58 1

Close