... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bank Pembangunan Islam Siap Cairkan Utang hingga 250 Juta USD untuk RI

Foto: Presiden Islamic Development Bank (IsDB), Dr. Bandar Hajjar.

KIBLAT.NET, Jakarta – Presiden Islamic Development Bank (IsDB), Dr. Bandar Hajjar bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati membahas dana emergensi dan rencana dukungan IsDB pada anggotanya dalam menghadapi Covid-19 melalui video conference pada Ahad (26/04/2020).

Sebelumnya, IsDB telah meluncurkan program 3R yaitu “Respond, Restore, Restart” untuk mendukung negara-negara anggotanya menghadapi Covid-19 dengan total pinjaman 2,3 miliar USD. Khusus untuk Indonesia, dana emergensi Covid-19 dari pinjaman IsDB tersebut sedang dinegoisasikan antara USD 200 hingga 250 juta untuk program” Indonesian Respond to Covid-19″.

“Dana emergensi Covid-19 dari IsDB dalam proses negosiasi berkisar antara USD 200 hingga 250 juta,” jelas Sri Mulyani, dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

Lembaga multilateral lainnya yaitu World Bank dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) juga berkomitmen untuk memberi pinjaman (co-financing) masing-masing sebesar USD 250 juta untuk membantu program “Indonesian Respond to Covid-19”.

Jika ditotal, menurut Sri, Indonesia akan mendapat pinjaman dari ketiganya hingga sekitar USD 750 juta untuk penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Sri juga menjelaskan langkah-langkah dan kebijakan pemerintah Indonesia dalam menghadapi Covid-19 di bidang kesehatan, bantuan sosial (bansos) dan bantuan untuk dunia usaha terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Islamic Development Bank atau Bank Pembangunan Islam merupakan lembaga keuangan multilateral yang didirikan oleh OKI pada tahun 1975 dengan kantor pusat di Jeddah, Arab Saudi. Dalam menghadapi wabah corona, IsDB meluncurkan program 3R “Respond, Restore, Restart” untuk negara anggota.

BACA JUGA  Anies: Wabah Covid-19 di Jakarta Tahap Darurat

“Respond” artinya memberikan tindakan segera melalui operasi Linkage Cadangan negara Selatan-Selatan dan Utara-Selatan yang berfokus pada memperkuat sistem kesehatan untuk memberikan perawatan kepada yang terinfeksi, membangun kapasitas dalam produksi alat uji dan vaksin, dan membangun kapasitas kesiapsiagaan pandemi, bekerja sama dengan Inisiatif Global G20.

“Restore” artinya memberikan tindakan jangka menengah melalui jalur pembiayaan untuk perdagangan dan UKM untuk mempertahankan aktivitas dalam rantai nilai strategis inti dan memastikan kontinuitas pasokan yang diperlukan terutama untuk sektor kesehatan, ketahanan pangan, dan komoditas penting lainnya.

“Restart” artinya memberikan tindakan jangka panjang untuk membangun ekonomi yang tangguh di atas dasar yang kuat dan mengkatalisasi investasi swasta dengan mendukung pemulihan ekonomi dan pengeluaran countercyclical.

Sumber: Setkab
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Lagi, AS Akui Operasinya di Somalia Tewaskan Sipil

Ini merupakan pengakuan resmi kedua AS

Selasa, 28/04/2020 07:59 0

Inggris

Inggris Kekurangan APD, Penjahit Papan Atas pun Turut Membuat Baju Medis

Ketika Inggris menghadapi kekurangan alat pelindung diri (APD) untuk para pekerja medis yang melawan virus corona di garda terdepan, para penjahit di kota London menggunakan mesin pemotong dan mesin jahit mereka untuk mengisi kekosongan tersebut.

Selasa, 28/04/2020 07:49 0

Arab Saudi

Kerajaan Saudi Hapus Hukuman Mati untuk Penjahat di Bawah Usia 18 Tahun

Al-Awad, Kepala Komnas HAM Saudi, mengatakan bahwa itu adalah "hari yang penting" untuk Arab Saudi, mengingat bahwa tatanan kerajaan membantu kita mempersiapkan hukum pidana "yang lebih modern".

Senin, 27/04/2020 19:05 0

Wilayah Lain

Belanja Militer Dunia Capai Rekor Tertinggi Sejak 1989

AS menjadi negara nomor satu dengan belanja militer terbesar di dunia, kemudian di susul China.

Senin, 27/04/2020 18:42 0

Asean

Nol Positif Covid-19 Selama 11 Hari Berturut-turut di Vietnam

Menurut Vietnam News Agency (VNA) jumlah kasus COVID-19 di negara itu tetap 270, dengan 225 telah pulih dan tidak ada kematian.

Senin, 27/04/2020 16:06 0

Irak

Rumah Kecil Ummu Wissam Dipersembahkan untuk Studi Al-Quran

Kondisi sulit akibat pandemi corona tak membuatnya ragu untuk menghibahkan rumahnya guna jadi tempat studi Al-Quran.

Senin, 27/04/2020 15:06 0

Manhaj

Syarh Safinatun Najah 03: Rukun-Rukun Wudhu

Artinya, “Pasal : Rukun wudhu ada 6. Pertama, niat. Kedua, membasuh muka. Ketiga, Membasuh tangan hingga siku. Keempat, Mengusap sebagian kepala. Kelima, mencuci kedua kaki hingga mata kaki. Keenam, berurutan.”

Senin, 27/04/2020 14:44 0

Manhaj

Perintah Dakwah Pertama Kepada Rasulullah

Selain itu, permulaan ayat-ayat ini mengandung seruan yang tinggi, sebagai perintah yang ditujukan kepada Nabi , agar beliau bangun dari tidur dan melepas selimut, siap untuk berjihad dan berjuang.

Senin, 27/04/2020 13:31 0

Yaman

Koalisi Saudi: Hentikan Eskalasi di Yaman

Koalisi pimpinan Arab Saudi pada Senin (27/04/2020) mengatakan semua pihak harus kembali ke status yang sudah ada sebelum Dewan Transisi Selatan (STC) di Yaman menyatakan darurat di Aden.

Senin, 27/04/2020 11:53 0

Artikel

Yang Berdansa Saat Corona

Sulit bagi kita untuk tidak melihat betapa jungkir baliknya situasi para pemuda masa lalu dengan pemuda semacam ‘stafsus milenial’ saat ini. Mereka bukan saja terlibat konflik kepentingan tetapi juga menunjukkan dengan terbuka betapa tidak pekanya

Ahad, 26/04/2020 17:08 0

Close