... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rusia, Turki dan Iran Bahas Situasi Terkini di Idlib

Foto: Perundingan Astana Ketujuh, 30-31 Oktober 2017.

KIBLAT. NET, Moskow — Menteri Luar Negeri Rusia, Turki dan Iran kembali menggelar pembicaraan soal Idlib, Suriah, pada Rabu (22/04/2020). Pembicaraan yang diadakan melalui teleconference itu dilaksanakan tertutup.

Harian Al Sarq Al Ausath menyebutkan bahwa pembicaraan itu mencakup pembahasan solusi politik di Suriah, kondisi kemanusiaan dan pemulangan pengungsi.

Sejumlah sumber Rusia mengatakan, Moskow dalam pembicaraan itu menekankan pentingnya pencabutan sanksi AS terhadap Suriah, Iran dan sejumlah negara lain.

Sementara ketiga menteri sepakat pentingnya komunikasi tingkat tinggi, termasuk dalam penyelenggeraan pembicaraan Astana selanjutnya setelah pandemi covid 19 berakhir.

Di Ankara, Menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa pertemuan Astana putaran ketujuh pada Rabu kemarin digelar menyusul perkembangan terkini di Idlib, Timur Sungai Eufrat dan kepulangan pengungsi. Pertemua tiga menteri itu juga membahas langkah penanganan wabah corona.

Pertemuan ini didahului kunjungan Menlu Iran Muhammad Jawad Zharif ke Damaskus untuk menemui Presiden Suriah Bashar Assad. Dalam kunjunga itu, Zharif menegaskan bahwa tiga negara penjamin konferensi Astana (Turki, Rusia dan Iran) tidak bubar akan tetapi fakum karena wabah corona.

Menjelang pembicaraan para menteri, Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Recep Tayyip Erdogan dan Hasan Rouhani. Ketiganya membahas situasi terkini di Idlib, perjalanan perjanjian, gencatan senjata yang ditandatangani pada 5 Maret lalu.

Sumber di kepresidenan Turki mengatakan bahwa Erdogan dan Putin memfokuskan pembicaraan pada proses politik di suriah dan menjaga kedaulatannya.

Sementara itu, Moskow mengumumkan bahwa Menlu Lavrov kemarin menghubungi Menlu Yordania Ayman Ash Shofdi. Dalam pernyataan resmi Kemenlu Rusia, kedua menteri itu saling bertukar pendapat pada aspek-aspek utama dari agenda regional dengan fokus pada situasi di Suriah, termasuk tugas membantu menyelesaikan masalah-masalah tempat tinggal penduduk sesuai dengan undang-undang HAM internasional.

Kemenlu Rusia menambahkan bahwa semua pihak di Suriah mendukung rangkaian proses yang dijalankan oleh Komite Konstitusi. Shofdi mengaoresiasi langkah Rusia untuk mendukung kesepakatan yang dicapai dalam konferensi Astana
Pada perkembangan lain, Turki menggelar operasi ketiga dari kampanye permukiman warga Suriah di Tal Abyad, utara provinsi Raqqah. Militer Turki telah memindahkan 500 orang lebih keluarga pejuang oposis bersenjata Suriah loyalis Turki dari Jarabulus, yang masuk dalam wilayah kontrol operasi Perisai Eufrat di utara Aleppo, dengan 150 bus.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan bahwa beberapa orang terlantar dari Ghouta, Damaskus, Homs, dan Idlib juga dipindahkan ke kota Tal Abyad, sementara dewan lokal di daerah-daerah kontrol pasukan Turki dan faksi-faksi yang setia kepada mereka masih mencatat nama-nama keluarga para pejuang untuk dipindahkan.

Ini adalah gelombang ketiga relokasi keluarga para pejuang. Presiden Turki mengatakan Desember lalu bahwa negaranya telah mulai bekerja pada perumahan satu juta orang di kota-kota Tal Abyad dan Ras al-Ain. Dua kota tersebut direbut oleh Turki dan oposisi Suriah dari milisi Kurdi.

Pada saat yang sama, laporan mengungkapkan bahwa pasukan Turki baru-baru ini menyelesaikan pembangunan tembok baru di wilayah Afrin. Tembok ini sebagai benteng untuk melindungi wilayah dari serangan musuh.

Sumber: Al Sarq Ausath
Redaktur: Sulhi El Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kyai Cholil Nafis: Puasa Saat Pandemi Covid-19 Tidak Bisa Diganti Fidyah

Satgas Covid-19 MUI Pusat, Kyai Cholil Nafis menyatakan bahwa MUI belum pernah menerima pertanyaan atau permintaan fatwa secara resmi dari pihak manapun untuk menetapkan hukum fidyah menggantikan kewajiban puasa Ramadhan karena mewabahnya Pandemi Covid-19.

Kamis, 23/04/2020 10:22 0

Indonesia

Jusuf Kalla: Tidak Ada Gunanya Mudik Sekarang

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla menyampaikan bahwa mudik bukan menjadi hal penting sekarang ini.

Kamis, 23/04/2020 09:48 0

Indonesia

Pengamat: Meski Mundur dari Stafsus, Belva Tetap Untung

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai bahwa Belva Devara memang sudah pantas mundur dari stafsus Presiden Jokowi. Meski mundur, ia menilai Belva tetap untung besar.

Rabu, 22/04/2020 18:30 0

Indonesia

Ramadhan Saat Wabah, Sekjen MUI: Jangan Kendor Beramal

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menegaskan bahwa umat Islam harus tetap mengoptimalkan amalan saat Ramadhan meski ada Corona.

Rabu, 22/04/2020 18:13 0

Indonesia

Soal Larangan Mudik, Politisi PKS: Agak Terlambat

Presiden RI, Joko Widodo akhirnya pada Selasa (21/04/2020) memutuskan pelarangan mudik tahun ini, setelah sebelumnya larangan mudik hanya berlaku untuk PNS, TNI-Polri dan karyawan BUMN.

Rabu, 22/04/2020 12:24 0

Indonesia

Menteri Agama: Mudik Saat Pandemi Covid-19 Lebih Banyak Mudaratnya

Mudik bisa menjadi salah satu faktor pendorong penyebaran virus Corona

Rabu, 22/04/2020 12:14 0

Indonesia

LPPOM MUI Berikan Masker dan Hand Sanitizer untuk Nakes

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) melakukan aksi nyata untuk membantu para tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Corona Virus Disease (Covid-19). Hal ini merupakan bentuk dukungan LPPOM MUI kepada para tenaga medis yang terus berjuang sebagai pejuang terdepan dalam melawan wabah virus corona.

Rabu, 22/04/2020 10:38 0

Indonesia

Pengunduran Diri Belva Dinilai Tak Hilangkan Polemik Ruangguru

Wakil Ketua Fraksi PAN DPR-RI, Saleh Partaonan Daulay menilai keputusan Adhamas Belva Devara mengumumkan pengunduran diri sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo belum tentu menghilangkan polemik di tengah masyarakat terkait dengan respons terhadap pemilihan startup Ruangguru yang ditunjuk sebagai mitra pelaksana Kartu Prakerja.

Rabu, 22/04/2020 09:50 0

Indonesia

Belva Devara Mundur, Stafsus Milenial yang Miliki Konflik Kepentingan Diminta Ikuti

Mundurnya Belva dinilai telah menunjukkan bahwa Milenial harus memiliki integritas dan bisa menghindari konflik kepentingan

Selasa, 21/04/2020 22:32 0

Indonesia

Luhut: Warga Ngotot Pulang Mudik Bisa Disanksi Mulai 7 Mei 2020

Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan akan memberikan sanksi kepada warga yang ngotot ingin mudik.

Selasa, 21/04/2020 18:50 0

Close