... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

UEA Denda Rp86 Juta Penyebar Info Palsu tentang Corona

Foto: Sheikh Abdullah bin Zayed, Menlu Uni Emirates Arab.

KIBLAT.NET, Abu Dhabi – Uni Emirat Arab akan mendenda warga hingga 20.000 dirham (Rp 86 juta) yang berbagi berita palsu terkait dengan virus corona. Pengumuman pada Sabtu (18/04/2020) itu dikeluarkan karena dapat menjadi gangguan informasi kesehatan.

Pemerintah UEA menjelaskan bahwa kementerian kesehatan dan lembaga kesehatan negara lainnya bertanggung jawab untuk mendistribusikan informasi yang “benar” tentang penyakit ini, dan dilarang mempublikasikan, menerbitkan ulang, atau mengedarkan informasi medis atau panduan yang salah.

“Dilarang bagi individu mana pun untuk menerbitkan, menerbitkan ulang, atau mengedarkan informasi atau panduan medis yang salah, menyesatkan, atau belum diumumkan secara resmi, menggunakan media cetak, audiovisual atau sosial, atau situs web online atau cara publikasi lainnya atau sirkulasi,” demikian dilaporkan Emirates News Agency (WAM) yang mengutip arahan pemerintah.

Keputusan itu hanya mengarah pada “individu,” sehingga membuatnya tidak jelas apakah jurnalis dan profesional media masuk dalam larangan.

Menurut para pejabat, aturan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran informasi yang salah dan desas-desus tentang wabah virus corona yang telah menewaskan sekitar 37 orang di negara Teluk Arab dan menginfeksi lebih dari 6.300 orang.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Hasil Sidang Isbat Bisa Dilihat Melalui Live Streaming

Rukyatul hilal awal Ramadhan 1441 H digelar di 82 titik di seluruh Indonesia

Senin, 20/04/2020 21:55 0

Indonesia

Satgas Covid-19 MUI Mulai Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Bantuan kemanusiaan merupakan salah satu program Satgas Covid-19 MUI selain edukasi spiritual

Senin, 20/04/2020 20:42 0

Indonesia

Di Tengah Pandemi Corona, KSPI Tetap Akan Menggelar Aksi May Day

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) akan memperingati hari buruh Internasional atau May Day dengan melakukan aksi pada tanggal 30 April 2020.

Senin, 20/04/2020 19:42 0

Indonesia

Masa PSBB, LPPOM MUI Jalankan Protokol MOsA

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) semakin merebak di Indonesia. Beberapa daerah pun sudah memberlakukan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB). Dengan pemberlakuan PSBB ini, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menjalankan protokol Modified On-site Audit (MosA) dalam menjamin pelayanan sertifikasi halal tetap berjalan lancar.

Senin, 20/04/2020 18:05 0

Suara Pembaca

Corona dan Depresi Massal

Seorang psikolog terkenal yang sudah menulis belasan buku, suatu hari diwawancarai perihal misteri kehidupan yang selama ini belum dipecahkan dan dicarikan solusinya. Dengan suara terbata-bata psikolog itu justru menjawab riskan, “Yang masih misteri dalam perjalanan hidup saya adalah, bagaimana cara mendidik anak laki-laki saya yang sedang mengalami depresi.”

Senin, 20/04/2020 17:13 0

Indonesia

Fadli Zon: Sudah Sebulan, Janji Jokowi Turunkan Harga BBM Belum Terealisasi

Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon menyayangkan harga BBM yang tidak turun. Padahal, Presiden Jokowi sempat berjanji akan menurunkan harga BMM sebagai imbas anjloknya harga minyak.

Senin, 20/04/2020 15:02 0

Indonesia

Madina Tebar Sembako Serentak di 14 Kota

Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) kembali melaksanakan program SEMBADA (Sembako Dakwah) dengan mendistribusikan sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

Senin, 20/04/2020 14:09 0

Indonesia

Takut Wabah Corona, Kemenkumham Bebaskan 38.822 Napi

Jumlah napi yang bebas itu terdiri dari narapidana umum dan napi anak dari 525 UPT lapas di seluruh Indonesia. Para napi itu bebas melalui pemberian asimilasi dan hak integrasi.

Senin, 20/04/2020 09:58 0

Artikel

Mengenang Wahid Hasyim: Hidup Singkat Sang Pejuang Tujuh Kata

Dulu, pernah ada seorang gus yang matian-matian menyuarakan Islam sebagai agama negara.

Ahad, 19/04/2020 20:15 0

Indonesia

Dewan Pers Tolak Pembahasan RUU KUHP dan Cipta Kerja

Kedua RUU itu memuat pasal yang mengancam kemerdekaan pers

Ahad, 19/04/2020 09:30 0

Close