... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Belva Devara Mundur, Stafsus Milenial yang Miliki Konflik Kepentingan Diminta Ikuti

Foto: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Stafsus Milenial.

KIBLAT.NET, Jakarta – Bos perusahaan start up Ruangguru, Belva Devara menyatakan mundur dari posisi Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI setelah isu konflik kepentingan yang melibatkan dirinya merebak. Pengamat meminta Staf Khusus Milenial lain yang memiliki konflik kepentingan untuk ikuti langkah Belva.

Pengumuman pengunduran diri CEO Ruangguru Belva Devara disampaikan melalui surat terbuka yang diumumkan di Jakarta, Selasa (21/04/2020). “Berikut ini saya sampaikan informasi terkait pengunduran diri saya sebagai Staf Khusus Presiden. Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020,” ujarnya.

Dalam surat itu, Belva mengklaim proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan. Pemilihan pun dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja. Menurtnya hal itu sesuai dengan yang telah dijelaskan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja (PMO).

Belva mengatakan dirinya mengambil keputusan mundur karena tidak ingin membuat polemik mengenai asumsi atau persepsi publik yang bervariasi tentang posisinya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan. Situasi itu dinilainya dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi COVID-19.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memahami dan menerima pengunduran diri saya,” imbuhnya.

BACA JUGA  Bertemu Muhammadiyah, Presiden Tegaskan Tak Buat Perppu Ciptaker

Menanggapi pengunduran diri Belva dari posisi Staf Khusus Presiden, pengamat ekonomi Bhima Yudhistira menyampaikan apresiasi. Sebelumnya, Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) itu sempat menantang Belva untuk melakukan debat terbuka terkait program Kartu Pra Kerja yang melibatkan Ruangguru, perusahaan yang dipimpin Belva.

“Belva telah menunjukkan bahwa Milenial harus memiliki integritas dan bisa menghindari konflik kepentingan yang muncul ketika berada dalam posisi di pemerintahan,” kata Bhima.

“Saya berharap Staf Khusus Milenial lainnya yang memiliki konflik kepentingan antara bisnis dan jabatan publik untuk mengikuti jejak Belva, yakni memilih salah satunya tetap menjadi Stafsus atau profesional melanjutkan bisnis startupnya,” lanjutnya.

Menurut Bhima, perjalanan karier para Stafsus Millenial masih cukup panjang, dan generasi milenial yang jumlahnya 90 juta orang di Republik ini akan mengawasi setiap langkah mereka. Maka Bhima meminta mereka untuk menjaga amanah dengan sebaik-baiknya.

Reporter: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Covid-19 di Arab Saudi Tembus Angka 10.000 Kasus

Kasus positif Covid-19 tertinggi tercatat di kota Mekah

Selasa, 21/04/2020 22:09 0

Arab Saudi

Arab Saudi Perpanjang Masa Lockdown Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Direktur Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Senin (21/04/2020), mengatakan akan memperpanjang penangguhan ibadah selama bulan suci Ramadhan.

Selasa, 21/04/2020 09:32 0

Artikel

Menyambut Kemuliaan Ramadhan

Tak terasa kita berada di pekan terakhir bulan Sya’ban. Sebentar lagi kita akan kedatangan bulan suci Ramadhan. Maka sudah sepatutnya kita melakukan berbagai persiapan dalam rangka tarhib Ramadhan (menyambut Ramadhan). Ibarat sosok tamu yang agung, kedatangan bulan Ramadhan mesti disambut dengan perasaan gembira dan suka cita oleh umat Islam. Setelah sekian lama berpisah, maka tamu yang agung ini kembali ditunggu-tunggu dan dielu-elukan kedatangannya dengan penuh kegembiraan dan kerinduan.

Selasa, 21/04/2020 09:03 0

Timur Tengah

UEA Denda Rp86 Juta Penyebar Info Palsu tentang Corona

Keputusan itu hanya mengarah pada "individu," sehingga membuatnya tidak jelas apakah jurnalis dan profesional media masuk dalam larangan.

Selasa, 21/04/2020 09:02 0

Suara Pembaca

Corona dan Depresi Massal

Seorang psikolog terkenal yang sudah menulis belasan buku, suatu hari diwawancarai perihal misteri kehidupan yang selama ini belum dipecahkan dan dicarikan solusinya. Dengan suara terbata-bata psikolog itu justru menjawab riskan, “Yang masih misteri dalam perjalanan hidup saya adalah, bagaimana cara mendidik anak laki-laki saya yang sedang mengalami depresi.”

Senin, 20/04/2020 17:13 0

Eropa

Penembakan Brutal di Wilayah Lockdown Corona, Belasan Orang Tewas

KIBLAT.NET, Toronto – Seorang pria bersenjata menewaskan sedikitnya 16 orang, termasuk seorang polisi wanita di...

Senin, 20/04/2020 16:06 0

Artikel

Mengenang Wahid Hasyim: Hidup Singkat Sang Pejuang Tujuh Kata

Dulu, pernah ada seorang gus yang matian-matian menyuarakan Islam sebagai agama negara.

Ahad, 19/04/2020 20:15 0

Malaysia

Di Tengah Pandemi Corona, Malaysia Tolak Kedatangan 200 Pengungsi Rohingya

Pihak berwenang di Malaysia telah menolak kapal yang membawa sekitar 200 pengungsi Rohingya, termasuk anak-anak, karena khawatir mereka mungkin terinfeksi virus corona.

Ahad, 19/04/2020 11:52 0

Timur Tengah

Hadapi Corona, Dubai Bangun Rumah Sakit Lapangan Berkapasitas 3.000 Tempat Tidur

Otoritas Dubai membuka rumah sakit lapangan berkapasitas 3.000 tempat tidur pada hari Sabtu (18/04/2020) di salah satu World Trade Center-nya untuk mempersiapkan potensi lonjakan kasus baru coronavirus.

Ahad, 19/04/2020 10:55 0

Manhaj

Tadabur Al-Quran: Stimulus untuk Menyelami Kedalaman Makna Al-Quran

Ibnu Masud berkata, “Sesiapa yang menginginkan ilmu, hendaklah ia mengkaji-mendalami-menadabburi Al-Qur'an, karena di dalamnya terdapat ilmu orang terdahulu dan ilmu orang terkemudian.”

Ahad, 19/04/2020 06:59 0

Close