... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Tengah Pandemi Corona, KSPI Tetap Akan Menggelar Aksi May Day

Foto: KSPI.

KIBLAT.NET, Jakarta – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) akan memperingati hari buruh Internasional atau May Day dengan melakukan aksi pada tanggal 30 April 2020.

Presiden KSPI, Said Iqbal menyampaikan, aksi tersebut akan dipusatkan di Gedung DPR-RI dan kantor Menko Perekonomian RI. Adapun tuntutan yang akan disuarakan dalam aksi nanti adalah tolak omnibus law, stop PHK, dan liburkan buruh dengan tetap mendapatkan upah dan THR penuh.

Pada hari yang sama, kata Said Iqbal, aksi serupa juga akan dilakukan di Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Banda Aceh, Batam, Medan, Bengkulu, Riau, Palembang, Lampung, Manado, Makassar, Gorontalo, Banjarmasin, Samarinda, Maluku, dan Papua.

“Surat pemberitahuan aksi kepada Mabes Polri dan Polda Metro Jaya sudah disampaikan pada hari Jumat tanggal 17 April,” kata Said Iqbal dalam keterangan yang diterima Kiblat.net pada Ahad (10/04/2020).

Namun Iqbal menuturkan bahwa petugas piket menolak menerima surat tersebut.

“Sehingga surat pemberitahuan aksi KSPI dan MPBI sesuai UU No 9 Tahun 98 telah dikirimkan melalui jasa pengiriman titipan kilat ke Kantor Mabes Polri (Kabagintelkam) dan Polda Metro Jaya (Dirintelkam) pada hari Sabtu tanggal 18 April 2020,” lanjutnya.

KSP dan MPBI berharap aksi ini diizinkan oleh kepolisian RI, karena faktanya jutaan buruh sampai saat ini masih tetap bekerja di pabrik-pabrik.

BACA JUGA  Keberangkatan Umrah Indonesia Masih Menunggu Izin Saudi

“Dengan argumentasi yang sama, seharusnya pihak Polda di seluruh wilayah Indonesia dan Mabes Polri mengizinkam buruh untuk aksi dalam peringatan May Day yang dipercepat peringatannya pada tanggal 30 April di depan DPR-RI, Kantor Perekonomian RI dan Kantor Gubernur di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Menurut Said Iqbal, buruh akan mengikuti protokol pandemi corona, yaitu jaga jarak, memakai masker, dan hand sanitizer.

KSPI dan MPBI, lanjut Iqbal, akan berkoordinasi dengan pihak Mabes Polri dan Metro Jaya untuk mencari solusi berkenan rencana aksi buruh ini. Kami yakin akan mendapatkan titik temu.

“Aksi buruh 30 April akan kami hentikan bila DPR-RI dan Menko Perekonomian menghentikan pembahasan omnibus law RUU Cipta Kerja selama pandemi corona. Tetapi kalau tidak, maka buruh tetap aksi,” tegas Said Iqbal.

Iqbal menegaskan jika dipersoalkan aksi buruh di tengah pandemi corona akan membahayakan nyawa buruh, maka jawabannya sederhana. Yaitu liburkan sekarang juga jutaan buruh yang masih bekerja di pabrik ditengah pandemi corona yang mengancam nyawa buruh.

“Pemerintah dan aparat hukum harus adil dalam memandang masalah ini. Jangan gunakan standar ganda,” pungkasnya.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Corona dan Depresi Massal

Seorang psikolog terkenal yang sudah menulis belasan buku, suatu hari diwawancarai perihal misteri kehidupan yang selama ini belum dipecahkan dan dicarikan solusinya. Dengan suara terbata-bata psikolog itu justru menjawab riskan, “Yang masih misteri dalam perjalanan hidup saya adalah, bagaimana cara mendidik anak laki-laki saya yang sedang mengalami depresi.”

Senin, 20/04/2020 17:13 0

Eropa

Penembakan Brutal di Wilayah Lockdown Corona, Belasan Orang Tewas

KIBLAT.NET, Toronto – Seorang pria bersenjata menewaskan sedikitnya 16 orang, termasuk seorang polisi wanita di...

Senin, 20/04/2020 16:06 0

Artikel

Mengenang Wahid Hasyim: Hidup Singkat Sang Pejuang Tujuh Kata

Dulu, pernah ada seorang gus yang matian-matian menyuarakan Islam sebagai agama negara.

Ahad, 19/04/2020 20:15 0

Malaysia

Di Tengah Pandemi Corona, Malaysia Tolak Kedatangan 200 Pengungsi Rohingya

Pihak berwenang di Malaysia telah menolak kapal yang membawa sekitar 200 pengungsi Rohingya, termasuk anak-anak, karena khawatir mereka mungkin terinfeksi virus corona.

Ahad, 19/04/2020 11:52 0

Timur Tengah

Hadapi Corona, Dubai Bangun Rumah Sakit Lapangan Berkapasitas 3.000 Tempat Tidur

Otoritas Dubai membuka rumah sakit lapangan berkapasitas 3.000 tempat tidur pada hari Sabtu (18/04/2020) di salah satu World Trade Center-nya untuk mempersiapkan potensi lonjakan kasus baru coronavirus.

Ahad, 19/04/2020 10:55 0

Manhaj

Tadabur Al-Quran: Stimulus untuk Menyelami Kedalaman Makna Al-Quran

Ibnu Masud berkata, “Sesiapa yang menginginkan ilmu, hendaklah ia mengkaji-mendalami-menadabburi Al-Qur'an, karena di dalamnya terdapat ilmu orang terdahulu dan ilmu orang terkemudian.”

Ahad, 19/04/2020 06:59 0

Info Event

Hujan dan Malam Tak Halangi Tukang Ojol Cari Nafkah di Tengah Pandemi Covid-19

KIBLAT.NET PEDULI UMAT menyalurkan bantuan kepada orang-orang yang terpaksa keluar rumah saat wabah Covid-19 untuk mencari nafkah

Sabtu, 18/04/2020 19:13 0

News

Muslim Dituding Biang Corona, Cendekiawan Ini Seru Pengusiran Hindu India

KIBLAT.NET, Riyadh – Umat ​​Hindu militan yang menyebarkan kebencian dan melakukan kejahatan terhadap Muslim harus...

Sabtu, 18/04/2020 14:00 0

Mesir

Cerita Lansia Mesir Pulih dari Corona: Jangan Putus Harapan!

Para dokter tak yakin dirinya bertahan mengingat kondisinya yang memburuk.

Sabtu, 18/04/2020 13:14 0

Arab Saudi

Arab Saudi dan Rusia Sepakat Kurangi Produksi Minyak hingga Juni

Kantor Berita Saudi menyatakan bahwa mereka melakukan kesepakatan bersama dengan negara-negara penghasil minyak lainnya.

Sabtu, 18/04/2020 12:15 0

Close
CLOSE
CLOSE