... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Tadabur Al-Quran: Stimulus untuk Menyelami Kedalaman Makna Al-Quran

Foto: Tadabur Al-Quran

KIBLAT.NET – Kami bukanlah orang yang paling alim terkait Al-Qur’an, bahkan kami pun belum menjadi hafizhul Qur’an, tetapi kami diberi kesempatan oleh Allah untuk mengkaji-mendalami tadabbur Al-Qur’an secara mandiri.

Hasilnya, kami tertakjub dengan kandungan-kandungan Al-Qur’an. Betapa ia menegaskan pernyataan Sahabat agung, Abdullah bin Mas’ud –radhiyallahu anhu- yang disampaikan 14-an abad yang lalu,

من أراد العلم فليثور القرآن فإن فيه علم الأولين والآخرين

Artinya, “Sesiapa yang menginginkan ilmu, hendaklah ia mengkaji-mendalami-menadabburi Al-Qur’an, karena di dalamnya terdapat ilmu orang terdahulu dan ilmu orang terkemudian.”

Maknanya, Al-Qur’an adalah sumber ilmu yang hakiki yang harus kita sadari, dan perlu kita kaji lebih serius lagi. Karena siapa yang bisa menguasainya, kata Imam Ibnul Qayyim –Rahimahullah-, maka ia tengah menggenggam perbendaharaan-perbendaharaan ilmu dan kebahagiaan.

Maka, pada kesempatan perdana ini, mari kita sejenak melakukan simulasi dan stimulus tentang tadabbur Al-Qur’an yang perlu kita asah bersama:

Para ulama, seperti Imam Al-Biqa’i di dalam bukunya Nadhmud Durar fi Tanasubil Ayat was Suwar menegaskan satu hal menarik yang menggelitik, yaitu bahwa “tiap satu kata dengan kata setelahnya dalam satu ayat; satu ayat dengan ayat selanjutnya, dan perpaduan ayat-ayat di dalam sebuah surat itu memiliki keterkaitan yang sangat erat. Saling berhubungan, dan tidak bisa dipisahkan.

Setelah membaca pernyataan Imam Al-Biqa’i di atas, apa yang kita fahami dari ayat -ayat berikut:

Pertama: keterkaitan antara kata dengan kata selanjutnya dalam satu surat

1. Surat Maryam ayat 59

BACA JUGA  Cekal Dicabut, Habib Rizieq Bersiap ke Indonesia

Allah Ta’ala berfirman,

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

Artinya, “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (QS Maryam : 59)

Jika kita memperhatikan urutan kata yang tertulis di dalam ayat ini, sejenak kita akan bertanya, mengapa menyia-nyiakan shalat disandingkan dengan mengikuti syahwat? apa korelasinya? Pelajaran apa yang terkandung di dalamnya?

2. Surat Al-Mukminun ayat 51

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا ۖ إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Artinya, “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Mukminun : 51)

Mengapa setelah perintah memakan yang thayyib ada titah beramal shalih? apa hubungan antara keduanya?

Kedua: Keterkaitan antara satu ayat dengan ayat setelahnya

3. Surat Maryam ayat 29-30

Allah Ta’ala berfirman,

فَأَشَارَتْ إِلَيْهِ ۖ قَالُوا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَنْ كَانَ فِي الْمَهْدِ صَبِيًّا (29) قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا

Artinya, “Maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?” (29) Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.” (QS Maryam : 29-30)

Mengapa ada kesan tidak ada ketersambungan antara jawaban Nabi Isa kecil dengan tuduhan orang-orang.  Mereka menuduh Ibunda Maryam melakuka perbuatan nista tapi Nabi Isa berkata, “Sesungguhnya aku adalah hamba Allah.” Ada apa dibalik ucapan ini? Apa hubungan pernyataan Nabi Isa kecil ini dengan tuduhan yang dialamatkan kepada ibundanya?

BACA JUGA  Arab Saudi, Visi 2030, dan Sportswashing

4. Surat Adz-Dzariyat ayat 56-58

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (56) مَا أُرِيدُ مِنْهُمْ مِنْ رِزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَنْ يُطْعِمُونِ (57) إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Artinya, “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (56) Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan. (57) Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.” (QS Adz-Dzariyat : 56-58)

Apa pula keterkaitan antara tujuan penciptaan manusia, yaitu ibadah dengan rizki? Atau ini hanya kebetulan semata?

Ketiga: keterkaitan antara sekumpulan ayat dalam satu surat.

5. Contohnya surat Al-Kahfi

Apa hubungan antara ayat-ayat dalam surat Al-Kahfi dengan surat Al-Kahfi disebut oleh Nabi Muhammad bahwa sesiapa yang hafal sepuluh awal dari surat Al-Kahfi akan terlindung dari Dajjal??

Pertanyaan-pertanyaan di atas, adakah kita tahu jawabannya? Apakah ia hanya kebetulan ataukah mengandung pelajaran yang belum kita ketahui? Bagaimana kita menjawab pertanyaan ini bila kita merujuk kepada pernyataan Imam Al-Biqa’i?

Mohon berhenti sejenak dan renungkan pertanyaan-pertanyaan di atas, karena pertanyaan-pertanyaan di atas membantu kita mentadabburi Al-Quran dan merasakan agungnya firman Allah SWT.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Baca halaman selanjutnya: Setelah memberikan waktu untuk...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Napi Lakukan Kriminal Pasca Bebas, Pemerintah Diminta Tanggungjawab

Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad mengkritisi kebijakan pelepasan Napi. Menurutnya, memang kebijakan tersebut bisa mengurangi

Sabtu, 18/04/2020 19:13 0

Info Event

Hujan dan Malam Tak Halangi Tukang Ojol Cari Nafkah di Tengah Pandemi Covid-19

KIBLAT.NET PEDULI UMAT menyalurkan bantuan kepada orang-orang yang terpaksa keluar rumah saat wabah Covid-19 untuk mencari nafkah

Sabtu, 18/04/2020 19:13 0

Indonesia

BMT Fajar Salurkan Sembako untuk Warga Terdampak Corona

BMT Fajar membagi sembago bagi masyarakat yang terdampak wabah Corona. Pembagian sembako ini sebagai wujud kepedulian terhadap warga yang terkena imbas dari Covid-19.

Sabtu, 18/04/2020 17:05 0

News

Muslim Dituding Biang Corona, Cendekiawan Ini Seru Pengusiran Hindu India

KIBLAT.NET, Riyadh – Umat ​​Hindu militan yang menyebarkan kebencian dan melakukan kejahatan terhadap Muslim harus...

Sabtu, 18/04/2020 14:00 0

Mesir

Cerita Lansia Mesir Pulih dari Corona: Jangan Putus Harapan!

Para dokter tak yakin dirinya bertahan mengingat kondisinya yang memburuk.

Sabtu, 18/04/2020 13:14 0

Arab Saudi

Arab Saudi dan Rusia Sepakat Kurangi Produksi Minyak hingga Juni

Kantor Berita Saudi menyatakan bahwa mereka melakukan kesepakatan bersama dengan negara-negara penghasil minyak lainnya.

Sabtu, 18/04/2020 12:15 0

News

Cegah Penyebaran Corona, Komunitas Jurnalis Ini Bagikan 1.000 Masker dan Hand Sanitizer

Ishaq mengaku prihatin dengan para pekerja lepas yang tidak bisa melindungi diri dengan masker dan hand sanitizer di tengah pandemi.

Jum'at, 17/04/2020 22:23 0

Indonesia

Kasus Kematian Corona Indonesia Terbanyak di Asia Tenggara

Jumlah kasus positif virus corona per 17 April 2020 sebesar 5.923 kasus menjadi catatan baru bagi Indonesia. Kini Indonesia menggeser Filipina sebagai negara dengan jumlah kasus corona terbanyak di Asia Tenggara.

Jum'at, 17/04/2020 22:12 0

Palestina

Hindari Corona, Tarawih di Masjid Al Aqsha Ditiadakan

Lingkungan Masjid Al Aqsha di Baitul Maqdis tidak akan dibuka untuk pelaksanaan ibadah shalat tarawih pada bulan Ramadhan yang dimulai pekan keempat April, demi mencegah penularan virus corona lebih lanjut, demikian disampaikan dewan ulama masjid pada Kamis (16/04/2020).

Jum'at, 17/04/2020 21:04 0

Indonesia

Soal Omnibus Law, KSPI Apresiasi Sikap PKS

Sikap Fraksi PKS pun mendapat apresiasi dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Jum'at, 17/04/2020 19:55 0

Close
CLOSE
CLOSE