... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Surat Stafsus Milenial Bikin Gaduh, Bukhori Yusuf: Pecat Jika Perlu!

Foto: Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf.

KIBLAT.NET, Jakarta – Sebuah surat dengan kop Sekretariat Kabinet Republik Indonesia menimbulkan kontroversi di tengah pandemi corona yang belum usai. Pasalnya, surat tersebut ditandatangani oleh Staf Khusus (Stafsus) Milenial Presiden, Andi Taufan Garuda Putra dan ditujukan kepada para camat di seluruh Indonesia.

Di dalam surat tersebut disampaikan permohonan kepada para camat beserta perangkat desa lainnya untuk mendukung pelaksanaan kerjasama program “Relawan Desa Lawan Covid-19” yang diinisiasi oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerjasama dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha).

Sebagai informasi, Andi Taufan Garuda Putra merupakan CEO PT Amartha.

Menanggapi beredarnya surat tersebut, kritik tajam datang dari salah satu anggota DPR-RI. Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf mengungkapkan kecurigaanya terhadap adanya praktik “aji mumpung” yang dilakukan oleh Staf Khusus Presiden di tengah pandemi ini.

“Jauh sebelum kasus ini, saya sudah mengingatkan agar pemerintah tidak “aji mumpung” di tengah kesempitan. Mental korup memang sangat sulit dibasmi, tetapi kita tidak boleh menyerah. Kemarin, melalui Perppu No. 1/2020, dan kini Stafsusnya berulah melalui surat tersebut. Jelas, praktik yang dilakukan oleh stafsus Presiden ini patut dicurigai kendati konten yang diangkat di dalam surat tersebut membawa narasi melawan Covid-19,” ungkap Bukhori di Jakarta, melalui keterangan tertulisnya pada Rabu (15/04/2020).

Bukhori menilai, tindakan yang dilakukan oleh Stafsus Presiden tersebut melanggar kode etik sebagai pejabat negara, bahkan bisa dikategorikan sebagai salah satu model nepotisme. Oleh karena itu, politisi PKS ini mendesak Presiden untuk segera memberi teguran keras pada anak buahnya tersebut, bahkan sanksi pecat jika perlu.

BACA JUGA  Kunjungan ke Lamongan, BNPT Dukung Penuh Yayasan Ali Fauzi

“Apakah Presiden tidak tahu anak buahnya tengah menyalahgunakan posisinya untuk kepentingan bisnis? Jelas hal ini semakin memperburuk situasi. Kasus ini tidak hanya mempermalukan dirinya sendiri sebagai pejabat negara, tetapi juga mempermalukan Presiden. Sebab itu, harus ada teguran keras, bahkan pecat jika perlu. Semoga segera ada klarifikasi dari pihak istana,” tegas Politisi PKS asal Jepara ini.

Adapun cakupan komitmen kerjasama yang ditawarkan oleh PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berupa edukasi kepada masyarakat di desa, khususnya Mitra Amartha dan pendataan kebutuhan APD di Puskesmas atau layanan kesehatan di desa serta memenuhi kebutuhan tersebut melalui mekanisme donasi.

Dan maksud surat tersebut adalah agar para Camat dan perangkat desa terkait bersedia untuk mendukung pelaksanaan kerjasama tersebut agar program bisa berjalan baik.

Sebelumnya, Andi Taufan Garuda Putra telah meminta maaf terkait kegaduhan yang timbul, dan dia telah menarik kembali surat tersebut.

“Saya mohon maaf atas hal ini dan menarik kembali surat tersebut,” kata Andi di Jakarta pada Selasa (14/04/2020).

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Derita Pengungsi Suriah Meningkat di Saat Pandemi Corona

KIBLAT.NET, Idlib – Ketika dunia disibukkan oleh krisis yang muncul dari virus Covid-19, penderitaan para...

Rabu, 15/04/2020 08:45 0

Afrika

Stroberi di Balik Kekalahan Pasukan Khalifa Haftar

Bermunculan gambar buah stroberi yang diunggah di platform komunikasi Libya. Banyak yang bertanya-tanya tentang hal itu.

Rabu, 15/04/2020 07:59 0

Artikel

Agar “Di Rumah Saja” Bernilai Ibadah

"Di Rumah Saja" belum tentu membosankan, asal diniatkan ibadah.

Rabu, 15/04/2020 06:18 0

Amerika

Argentina Siapkan Ratusan Makam Antisipasi Pandemi Corona

Pemerintah kota di Provinsi Cordoba, Argentina, menggali sekitar 250 makam untuk mengantisipasi lonjakan kematian akibat pandemi virus corona, bahkan saat karantina nasional tampaknya berhasil menekan jumlah kasus baru.

Selasa, 14/04/2020 17:50 0

Asean

Laporan Vietnam Nol Kematian Corona, Apa Sebabnya?

KIBLAT.NET, Ho Chi Minh – Vietnam mendapat sorotan positif dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atas...

Selasa, 14/04/2020 16:17 0

Tazkiyah

Tiga Keadaan Hati Manusia

Hati adalah raja. Hati berkedudukan seperti penguasa yang mengatur pasukan dengan kewenangan mutlak, mengeluarkan instruksi dan menggunakan dengan sekehendaknya, maka seluruh anggota badan tunduk pada kekuasaannya. Segumpal daging inilah yang menentukan apakah seluruh anggota badan istiqamah atau menyimpang.

Selasa, 14/04/2020 10:04 0

News

Sisi Lain dari Wabah Corona yang Mendunia

Pada masa corona, orang-orang terpaksa tinggal di dalam rumah, sementara hewan berkeliaran di luar.

Selasa, 14/04/2020 09:07 0

Singapura

Singapura Teliti Terapi Plasma untuk Penyembuhan Pasien Corona

Sebelas orang yang telah pulih dari COVID-19 telah direkrut sebagai pendonor darah untukperawatan corona virus. Demikian kata seorang direktur di National Centre for Infectious Diseases (NCID) Singapura.

Selasa, 14/04/2020 08:47 0

Artikel

Krisis (dan) Kepemimpinan dalam Musibah Wabah

Kita bukan hendak menebar rasa cemas atau pesimistis. Tetapi dibutuhkan daya kritis yang tajam agar dapat membaca langkah-langkah selanjutnya. Sayangnya pemikiran seperti ini justru dituding sebagai tindakan tidak optimis.

Selasa, 14/04/2020 07:55 0

Info Event

Ayo Ringankan Beban Saudara Kita dengan SEMBADA

Sembada merupakan program sosial Majelis Dakwah Islam Indonesia (MADINA) dengan membagikan kebutuhan pokok (sembako)

Senin, 13/04/2020 18:38 0

Close
CLOSE
CLOSE