... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sisi Lain dari Wabah Corona yang Mendunia

KIBLAT.NET – Banyak efek negatif yang diakibatkan pandemi virus corona. Namun di sisi lain, ada sisi positif sebagaimana yang kerap disebut-sebut media internasional.

Pada masa corona, orang-orang terpaksa tinggal di dalam rumah, sementara hewan berkeliaran di luar. Pertukaran ini hanya dapat terjadi dalam film-film fiksi ilmiah, namun kini nyata.

Gambar-gambar di platform media sosial yang dipantau oleh “Observatory” dalam episodenya pada (13/04/2020) juga mengkonfirmasi terjadinya perubahan luar biasa di bumi hari ini.

Tidak mungkin bagi ahli ekologi untuk melihat hewan yang berbeda berkeliaran di jalan-jalan dan pantai hanya beberapa bulan yang lalu. Tetapi larangan karena wabah corona memungkinkan orang-orang menutup rumah mereka, sementara hewan liar mulai beristirahat di kota-kota, lingkungan, dan taman-taman umum.

Di Peru, segerombolan burung berkumpul di pantai, sebuah pemandangan yang jarang terjadi. Dan di daerah Wales, kawanan kambing liar berkeliaran di jalan-jalan provinsi, monyet menyerbu jalan-jalan Thailand untuk mencari makan dan bermain, dan babi hutan berkeliaran di jalan-jalan ibukota Prancis, Paris, dan beruang mengambil tur yang tenang di jalan-jalan California di Amerika.

Hewan-hewan aneh muncul di jalan-jalan India, dan yang lain di beberapa kota Amerika. Banyak stasiun televisi di seluruh dunia menunjukkan video dan gambar dari fenomena aneh tersebut.

Dalam beberapa minggu setelah invasi virus corona, kota-kota di dunia lumpuh, karena kota-kota tidur dan jalan-jalan serta pabrik ditutup. Tetapi, tragedi ini membuat lingkungan memulih.

BACA JUGA  Sebuah Ponsel Tertanam di Perut Pria Ini Selama 7 Bulan

Tindakan ketat penutupan dan embargo telah memberikan waktu untuk bernapas, penelitian menunjukkan bahwa kualitas udara telah meningkat dan tingkat polusi telah menurun di banyak negara. Sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Gambar satelit menunjukkan penurunan tajam dalam polusi di China, dan laporan menunjukkan bahwa kualitas udara di benua Eropa meningkat.

Salah satu keajaiban corona berkaitan dengan peradaban Venesia, yang untuk pertama kalinya dalam sejarah kanal-kanal terlihat dan airnya menjadi jernih dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Para pencinta lingkungan percaya bahwa menjaga orang di rumah untuk jangka waktu yang lebih lama memberi planet kesempatan untuk mengembalikan keseimbangannya yang hilang.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Keluarga Qidam Datangi DPRD Poso Minta Kasus Penembakan Diusut

Dengar pendapat yang berlangsung mendekati waktu zuhur itu lebih menitikberatkan tuntutan kepada kepolisian untuk segera mencabut pernyataan di media yang menuduh Qidam adalah kelompok teroris Ali Kalora.

Selasa, 14/04/2020 08:23 0

Artikel

Krisis (dan) Kepemimpinan dalam Musibah Wabah

Kita bukan hendak menebar rasa cemas atau pesimistis. Tetapi dibutuhkan daya kritis yang tajam agar dapat membaca langkah-langkah selanjutnya. Sayangnya pemikiran seperti ini justru dituding sebagai tindakan tidak optimis.

Selasa, 14/04/2020 07:55 0

Indonesia

Komnas HAM Sulteng Desak Kapolri Terbuka Soal Kematian Qidam Alfariski

KIBLAT.NET, Palu – Keluarga melapor ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) RI Perwakilan Sulawesi...

Selasa, 14/04/2020 07:42 0

Indonesia

Soal Kematian Qidam, Polisi Dinilai Bikin Gaduh di Tengah Pandemi Corona

Misteri kematian pemuda warga Desa Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara, Qidam Al-Fariski pada KamisĀ (09/04/2020) malam masih terus berlanjut. Sejumlah pihak masih terus mempertanyakan penyebab kematiannya.

Selasa, 14/04/2020 07:36 0

Info Event

Ayo Ringankan Beban Saudara Kita dengan SEMBADA

Sembada merupakan program sosial Majelis Dakwah Islam Indonesia (MADINA) dengan membagikan kebutuhan pokok (sembako)

Senin, 13/04/2020 18:38 0

Indonesia

Jenazah Qidam Penuh Luka Siksa, Solidaritas Umat Islam Poso Kecam Polisi

Bahwa kami yakinkan, bahwa Qidam Alfarizki Mowance bukan merupakan anggota kelompok manapun yang dihubungkan dengan TERORIS.

Senin, 13/04/2020 16:54 2

Indonesia

Ratusan Warga Poso Iringi Jenazah Qidam Korban Tembak Polisi

KIBLAT.NET, Poso – Ratusan warga Desa Tambarana menghadiri pemakaman Qidam Al Fariski Mowance di pemakaman...

Senin, 13/04/2020 16:33 3

Indonesia

Soal Kasus Qidam, Wasekjen MUI: Polisi Itu Melayani dengan Hati, Bukan Besi Panas

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain menanggapi kasus kematian Qidam Alfariski. Menurutnya, Kapolri harus segera menjelaskan kepada publik kejadian yang sebenarnya.

Senin, 13/04/2020 11:17 0

Indonesia

Bunyi Dentuman di Jakarta, Berikut Penjelasannya

Gunung Anak Krakatau memang mengalami erupsi pada Jumat (10/04/2020) sebanyak dua kali, yaitu pada pukul 21.58 WIB dan pukul 22.35 WIB. Tipe letusan yang terjadi adalah strombolian dengan tinggi kolom letusan kurang lebih 500 meter. Namun banyak yang mengaitkan erupsi tersebut dengan suara dentuman yang terdengar di wilayah Jakarta, Bogor, dan Depok pada Sabtu (11/04/2020) dini hari.

Ahad, 12/04/2020 20:01 0

Artikel

Jalan yang Lurus: Sebuah Nasehat di Masa Pandemi Corona

Kelompok jihadis global Al Qaeda baru-baru ini merilis pernyataan tentang wabah yang telah menjadi sumber kepanikan seluruh negara di planet bumi. Ya, seperti yang kita ketahui bersama, virus corona telah ditetapkan sebagai pandemic oleh WHO. Data per 8 April 2020, virus ini telah menyebabkan sekitar88.000 orang meregang nyawa di berbagai negara.

Ahad, 12/04/2020 18:53 0

Close
CLOSE
CLOSE