... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pandemi Corona Akan Jadi Gangguan Ekonomi Dunia Terbesar Sejak Perang Dunia Kedua

Foto: (Foto: Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Eropa – Pandemi virus Corona diperkirakan akan menjadi gangguan terbesar terhadap ekonomi global sejak perang dunia kedua. Hal ini diungkapkan oleh Bank Rekonstruksi dan Pembangunan Eropa (EBRD).

Dalam pernyataan yang dirilis pada hari Rabu (08/04/2020), EBRD memperkirakan hal ini akan sangat memengaruhi ekonomi negara-negara berkembang. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa kondisi tersebut akan pulih dengan cepat.

Dalam skenario terbaik, normalitas diperkirakan akan kembali pada paruh kedua tahun 2020. Tetapi jika lockdown dan karantina terus berlanjut, maka dampak terhadap ekonomi akan semakin besar.

“Ini akan memiliki dampak negatif pada tingkat potensi pertumbuhan jangka menengah dan dapat mengakibatkan kerusakan struktural yang parah pada industri layanan konsumen, seperti maskapai penerbangan, bioskop dan restoran, meskipun yang lain, termasuk pengiriman makanan, dapat mengambil manfaat (dari kondisi ini),” ujar EDRB dalam pernyataanya.

Bank milik Uni Eropa tersebut juga memperingatkan tentang naiknya utang publik akibat pandemi virus Corona. Menurut EDRB, selain beban fiskal yang besar, lockdown juga akan membuat utang publik meningkat tajam.

“Tingkat utang baru ini mungkin terjangkau di beberapa negara karena tingkat bunga riil yang sangat rendah, tetapi negara-negara lain mungkin menghadapi kendala fiskal yang mencekik,” imbuh EDRB.

Setelah muncul di China pada Desember lalu, virus Corona telah menyebar ke setidaknya 184 negara dan wilayah. Hal ini berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins yang berbasis di Amerika Serikat.

BACA JUGA  Cegah Corona, Gugus Tugas Covid-19 Minta Warga Papua Barat Konsumsi Sagu dan Ikan

Lebih dari 1,45 juta kasus infeksi telah dilaporkan di seluruh dunia. Dan Eropa menjadi benua yang paling terdampak pandemi ini.

 

Sumber: AA

Editor: Guntur Aji


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Mencari Jalan Tengah dari Pro Kontra Malam Nishfu Sya’ban

Malam Nishfu Sya'ban, sebagian Tabiin dari negeri Syam semisal Khalid bin Ma'dan, Makhul, dan Luqman bin 'Amir mengaggungkannya dan bersungguh-sungguh dalam beribadah pada malam itu.

Kamis, 09/04/2020 11:56 0

Opini

Gara-gara Corona?

Oleh: Yusuf Sholahuddin KIBLAT.NET – Geger, semua jagat medsos dunia maya ataupun dunia nyata digegerkan...

Kamis, 09/04/2020 11:46 0

Manhaj

Kisah Turunnya Wahyu Pertama Kepada Rasulullah SAW

Rasulullah pulang dengan merekam bacaan tersebut dalam kondisi hati yang bergetar, dan menemui Khadijah binti Khuwailid sembari berucap, “Selimutilah aku, selimutilah aku!” maka beliau diselimuti hingga badan beliau tidak lagi menggigil layaknya terkena demam.

Kamis, 09/04/2020 10:19 0

Indonesia

MUI: Penolakan Jenazah Korban Covid-19 Tak Beralasan Secara Agama dan Medis

MUI menilai terjadi salah paham di masyarakat terkait adanya penolakan jenazah korban Covid-19

Kamis, 09/04/2020 08:35 0

Indonesia

Sebagai Daerah Penopang, Kabupaten Bekasi Juga Ajukan PSBB

Pemerintah Kabupaten Bekasi secara resmi telah mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Pemerintah Pusat melalui Gubernur Jawa Barat.

Kamis, 09/04/2020 07:58 0

Indonesia

Anies Berlakukan PSBB Mulai Jumat Dini Hari, Berikut Garis Besarnya

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan diberlakukan mulai Jumat (10/04/2020) dini hari.

Kamis, 09/04/2020 07:00 0

Indonesia

Aneh, Mahfud MD Ngaku Dihubungi Napi Korupsi Lewat Whatsapp

Menkopolhukam Mahfud MD, menyebutkan bahwa keputusan untuk memberi remisi atau pembebasan bersyarat kepada narapidana merupakan keputusan rapat terbatas kabinet.

Rabu, 08/04/2020 18:31 0

Indonesia

Surat Telegram Kapolri Soal Penginaan Presiden Berpotensi Penyalahgunaan Kekuasaan

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesai Usman Hamid merespon diterbitkannya surat telegram Kapolri tentang pedoman pelaksanaan tugas fungsi reserse kriminal

Rabu, 08/04/2020 15:28 3

Indonesia

Pandemi Corona Semakin Mengkhawatirkan, PKS: Perlu Penguatan BNPB dan Zikir Nasional

Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf, mendorong penguatan BNPB secara kelembagaan segera mungkin melalui revisi UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Bukhori menekankan pentingnya penguatan BNPB ini mengingat peran BNPB cukup besar dalam penanganan bencana alam maupun bencana nonalam, salah satunya adalah penanganan wabah Covid-19.

Rabu, 08/04/2020 06:08 0

Indonesia

MADINA Berbagi Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Wabah virus corona semakin menyebar di Indonesia, angka kasus positif virus ini terus bertambah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerinah dalam penangan virus ini. Seperti pengurangan aktivitas kerja di perkantoran dan perusahaan, kegiatan sosial dan keagamaan pun sangat dikurangi dan sebagian masyarakat sudah mulai sadar dengan adanya resiko virus corona ini.

Selasa, 07/04/2020 20:57 0

Close