... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Anies Berlakukan PSBB Mulai Jumat Dini Hari, Berikut Garis Besarnya

Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam Konferensi Pers terkait PSBB di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (07/04/2020).

KIBLAT.NET, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan diberlakukan mulai Jumat (10/04/2020) dini hari.

“Jadi PSBB ini akan berlaku hari Jumat tanggal 10 pukul 00.00 WIB,” kata Anies dalam Konferensi Pers di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (07/04/2020) yang diunggah di saluran YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Adapun garis besar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan oleh Anies Baswedan memiliki delapan poin. Delapan poin tersebut diatur seiring kebijakan yang telah digariskan oleh Keputusan Menteri Kesehatan tentang PSBB.

Poin pertama terkait kegiatan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Anies mengatakan selama ini kegiatan belajar, bekerja, beribadah di rumah sudah dilaksanakan di DKI Jakarta. Namun, kegiatan dalam rangka pembatasan sosial tersebut ke depan akan lebih diefektifkan.

Kedua, dilarang berkerumun lebih dari lima orang. Untuk lebih mengefektifkan pengawasan aturan soal berkerumun itu, ke depan akan banyak diadakan patroli seluruh jajaran melibatkan Polisi dan TNI.

“Nanti akan banyak patroli karena kita harus memastikan bahwa tidak ada kerumunan, bukan berbentuk checkpoint, tapi akan patroli seluruh jajaran bersama Polisi dan TNI untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mentaati,” ujar Anies.

Anies mengungkapkan dalam kegiatan PSBB nanti, pelayanan pemerintahan terus berfungsi seperti biasa. Meskipun akan ada pergiliran antara pegawai pemerintahan yang bekerja di rumah dan yang tetap bekerja di kantor, Anies mengatakan jadwal giliran diatur oleh atasan masing-masing.

BACA JUGA  Komisi III DPR: Preman untuk Pendisiplinan Protokol Kesehatan Bisa Repot

“Pelayanan jalan terus. Pemprov DKI, Kepolisian, maupun TNI, semua tetap berjalan seperti biasa,” ungkapnya.

Ketiga, semua tempat hiburan, rekreasi, taman, dan balai pertemuan ditutup.

“Semua fasilitas umum tutup, baik itu fasilitas umum hiburan milik pemerintah maupun tempat hiburan milik masyarakat, taman, balai pertemuan, ruang RPTRA (ruang publik terpadu ramah anak, red.), gedung olahraga, museum, semuanya tutup,” urai Anies.

Keempat, pembatasan kegiatan sosial budaya, seperti resepsi pernikahan dan khitanan.

“Pernikahan tidak dilarang, tetapi dilakukan di Kantor Urusan Agama. Kemudian, resepsi ditiadakan. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan perayaan lain, seperti kegiatan ritual khitan, tapi perayaannya yang ditiadakan,” tuturnya.

Kelima, kegiatan perkantoran dihentikan, kecuali delapan sektor yaitu: sektor kesehatan, pangan, energi, komunikasi, keuangan dan perbankan, logistik dan distribusi, ritel (warung dan toko kelontong), dan industri strategis.

Keenam, pembatasan kapasitas penumpang dan jam operasional moda transportasi. Ketujuh, mewajibkan warga memakai masker kain selama di luar rumah.

Dan terakhir, Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat akan menyiapkan bantuan sosial kepada warga miskin dan rentan miskin yang terdampak pelaksanaan PSBB dan yang terdampak atas kondisi perekonomian yang turun akibat wabah Covid-19.

“Insya Allah mulai Kamis (09/04/2020), akan mulai memfasilitasi distribusi sembako kepada masyarakat di kawasan-kawasan padat dan masyarakat yang memiliki kebutuhan,” ujar Anies.

“Pendistribusian dilakukan bersama-sama, dari jajaran Pemprov, Kepolisian, dan jajaran TNI. Dan itu akan dilakukan dengan memegang prinsip physical distancing, dan itu dilakukan sampai ke level RW. Jadi, kita bisa menjaga sampai ke level RW,” pungkasnya.

BACA JUGA  Penusukan Syekh Jaber, Menag Minta Masyarakat Tetap Tenang

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Pandemi Corona Mengancam Mata Pencaharian Jutaan Orang

Menurut perkiraan Organisasi Buruh Internasional PBB, epidemi mengancam 195 juta pekerjaan pada kuartal kedua, karena perusahaan dan pabrik ditutup. Perkiraan ILO didasarkan pada dampak virus, dengan hilangnya 25 juta pekerjaan sepanjang tahun 2020.

Rabu, 08/04/2020 20:10 0

News

WhatsApp Kini Batasi Layanan “Pesan Diteruskan”, Ini Alasannya

Aplikasi WhatsApp pada Selasa (07/04/2020), menekankan pembatasan fitur "pesan diteruskan" bagi penggunanya hanya satu pesan dalam setiap percakapan. Hal ini dilakukan setelah maraknya penyebaran berita medis hoaks terkait virus corona.

Rabu, 08/04/2020 19:55 0

Inggris

Radio BBC Siarkan Shalat Jumat di Tengah Pandemi Corona

Umat Islam di Inggris kini dapat mendengarkan shalat Jumat yang disiarkan di radio BBC untuk pertama kalinya.

Rabu, 08/04/2020 19:46 0

Afrika

AS Klaim Lumpuhkan Salah Satu Pendiri Al-Shabaab Somalia

"Pemimpin Yusuf Jais bertanggung jawab atas pertumpahan darah orang-orang tak bersalah, dan kematiannya akan berkontribusi pada stabilitas Somalia dan negara-negara tetangga," kata jenderal AS, Stephen Townsend, dalam pernyataan itu.

Rabu, 08/04/2020 11:45 0

Afghanistan

Tangguhkan Negosiasi, Taliban Tarik Timnya dari Kabul

Pengumuman ini dikeluarkan beberapa jam setelah gerakan tersebut menangguhkan pembicaraan tentang pertukaran tahanan dengan pemerintah Afghanistan.

Rabu, 08/04/2020 08:35 0

Palestina

Penyebaran Corona Tak Hentikan Israel Tangkapi Warga Palestina

"Kekhawatiran akan nasib para tahanan Palestina di penjara-penjara Israel diperburuk dengan penyebaran virus Covid-19," kata pernyataan yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga HAM Palestina.

Rabu, 08/04/2020 07:45 0

Arab Saudi

Ulama Saudi: Corona Ini Ujian, Tingkatkan Keimanan dan Ikhtiar

KIBLAT.NET, Riyadh – Haiah Kibaril Ulama Saudi memberikan sejumalah maklumat dalam menghadapi wabah corona atau...

Selasa, 07/04/2020 21:37 0

Suriah

Tekan Penyebaran Covid-19, Turki Kurangi Aktivitas Pasukan di Suriah

KIBLAT.NET, Ankara – Sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran virus corona (COVID-19), Kementerian Pertahanan...

Selasa, 07/04/2020 12:11 0

Mesir

Wabah Corona, Advokat Mesir Tuntut China Rp164 Ribu Triliun

Pada hari Ahad, Mesir telah mendaftarkan 1.173 kasus virus corona dengan 78 kematian.

Selasa, 07/04/2020 11:13 0

Asia

Inovatif, Cara Kampus di Tokyo Gelar Acara Wisuda saat Wabah Corona

Sebuah universitas di Jepang mengadakan upacara kelulusan virtual untuk para mahasiswanya dengan cara yang inovatif.

Senin, 06/04/2020 19:56 0

Close