... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pandemi Corona Semakin Mengkhawatirkan, PKS: Perlu Penguatan BNPB dan Zikir Nasional

Foto: Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf.

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota Komisi VIII DPR-RI, Bukhori Yusuf, mendorong penguatan BNPB secara kelembagaan segera mungkin melalui revisi UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Bukhori menekankan pentingnya penguatan BNPB ini mengingat peran BNPB cukup besar dalam penanganan bencana alam maupun bencana nonalam, salah satunya adalah penanganan wabah Covid-19.

Politisi PKS ini mengusulkan agar secara struktur keanggotaan BNPB, turut ditambahkan keterlibatan unsur TNI, Polri, dokter, atau tenaga kesehatan lainnya. Menurutnya, wabah Covid-19 yang semakin hari semakin mengkhawatirkan menunjukan betapa penanganan yang dilakukan oleh pemerintah kurang optimal.

“Kepala BNPB sekaligus Kepala Gugus Tugas Covid-19 pun turut mengeluhkan kepada kami di Komisi VIII terkait bagaimana peran BNPB yang kurang maksimal dikarenakan keterbatasan SDM maupun anggaran. Oleh karena itu, saya mengusulkan agar revisi UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana segera dilaksanakan dalam upaya memperkuat lembaga ini secara anggaran maupun SDM,” ujar Bukhori melalui keterangan tertulis yang diterima Kiblat.net pada Selasa (07/04/2020).

Di dalam UU No. 24 Tahun 2007, lanjut Bukhori, khususnya pada pasal 15 dan pasal 16 terkait unsur pelaksana, tidak dijelaskan secara jelas dan spesifik perihal siapa saja yang bisa dilibatkan saat kondisi pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana. Oleh sebab itu, urgensi pelibatan unsur TNI, Polri, dan tenaga kesehatan menjadi hal krusial untuk dijadikan salah satu klausul di dalam revisi UU tersebut mengingat peran ketiga unsur ini terbukti signifikan dalam membantu BNPB di tengah situasi krisis Covid-19 sejauh ini.

BACA JUGA  Soroti Pernikahan Usia Dini, Politisi NasDem Salahkan Video Dewasa

Dalam rapat kerja virtual Komisi VIII bersama Kepala BNPB sekaligus Kepala Gugus Tugas Covid 19, Bukhori kembali mendorong pentingnya upaya pendekatan agama melalui agenda doa secara nasional dalam menangani Covid-19. Usulan tersebut mendapat respon positif dari Kepala BNPB dan hampir semua anggota Komisi VIII yang kemudian dicantumkan dalam kesimpulan Rapat Kerja Komisi VIII dengan BNPB Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020.

Kepala BNPB, Doni Monardo sepakat dengan usulan zikir dan doa nasional yang dilakukan di rumah masing-masing. Menurutnya, virus ini merupakan bagian dari kuasa Allah sehingga doa bisa menjadi salah satu sumber kekuatan untuk meningkatkan imunitas terhadap penyakit ini. Doni berjanji akan menyampaikan usulan tersebut kepada Wapres Ma’ruf Amin agar ditindaklanjuti oleh beliau.

Lebih lanjut, Bukhori menyerukan peran Wapres Ma’ruf Amin, selaku ulama untuk memimpin bangsa Indonesia melakukan zikir nasional untuk memohon keselamatan dan perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari wabah Covid-19. Seruan doa secara nasional ini juga ditujukan kepada tokoh agama dan penganut agama lain dan dilakukan sesuai dengan kepercayaan mereka masing-masing.

“Di samping upaya materiil yang sudah dilakukan, saya kembali mengingatkan pentingnya upaya non-materiil melalui doa dan zikir agar kita terhindar dari segala keburukan penyakit di tengah pandemi ini,” pungkas politisi PKS asal Jepara ini.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Ulama Saudi: Corona Ini Ujian, Tingkatkan Keimanan dan Ikhtiar

KIBLAT.NET, Riyadh – Haiah Kibaril Ulama Saudi memberikan sejumalah maklumat dalam menghadapi wabah corona atau...

Selasa, 07/04/2020 21:37 0

Suriah

Tekan Penyebaran Covid-19, Turki Kurangi Aktivitas Pasukan di Suriah

KIBLAT.NET, Ankara – Sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran virus corona (COVID-19), Kementerian Pertahanan...

Selasa, 07/04/2020 12:11 0

Mesir

Wabah Corona, Advokat Mesir Tuntut China Rp164 Ribu Triliun

Pada hari Ahad, Mesir telah mendaftarkan 1.173 kasus virus corona dengan 78 kematian.

Selasa, 07/04/2020 11:13 0

Asia

Inovatif, Cara Kampus di Tokyo Gelar Acara Wisuda saat Wabah Corona

Sebuah universitas di Jepang mengadakan upacara kelulusan virtual untuk para mahasiswanya dengan cara yang inovatif.

Senin, 06/04/2020 19:56 0

Artikel

Solidaritas Untuk Umat Islam Suriah

Mendengar dan membaca berita mengenai umat muslim Suriah sangat menyedihkan dan memprihatikan kita. Bagaimana tidak, saudara-saudara kita muslim Suriah mengalami penderitaan yang luar biasa. Ratusan ribu umat Islam Suriah dibunuh dan dibantai dengan sadis dan biadab oleh militer rezim Syiah Basyar Assad dan sipil Syiah Suriah yang dibantu oleh rezim Syiah Iran dan komunis Rusia. Umat Islam Suriah kehilangan keluarga, harta, dan rumah, bahkan nyawa mereka. Keluarga mereka dibunuh. Harta mereka dirampas. Rumah dan desa mereka dibakar. Kehormatan muslimah mereka dilecehkan. Muslimah mereka diperkosa sampai mati di depan ayah, suami, dan saudaranya.

Senin, 06/04/2020 14:26 0

Afghanistan

AS Langgar Perjanjian, Taliban Ancam Tingkatkan Pertempuran

pada warga sipil. Sementar itu pemerintah Afghanistan juga menunda pembebasan 5.000 tahanan Taliban yang dijanjikan sesuai kesepakatan.

Senin, 06/04/2020 11:04 0

Opini

Darurat Corona Akankah Menjadi Darurat Negara?

Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tidak menentukan parameter waktu keberlakuannya

Senin, 06/04/2020 10:43 0

Turki

Pasien Sembuh 1.000 Lebih, Tren Covid-19 di Turki Menurun di Awal April

Sejauh ini, 1.042 pasien telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit, sementara 1.381 pasien saat ini menerima perawatan intensif.

Senin, 06/04/2020 09:59 0

Artikel

Belanja Bahan Makanan Saat Pandemi Corona, Jangan Lupa Dibersihkan

Pandemi corona membuat orang-orang lebih banyak berdiam di dalam rumah. Sesuai anjuran pemerintah, ahli medis, dan para pemuka agama, tak perlu banyak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang bersifat mendesak seperti mencari perawatan medis dan berbelanja bahan makanan.

Ahad, 05/04/2020 12:30 0

News

Google Bisa Tahu Tingkat Kepatuhan Warga Negara terhadap Aturan Lockdown

KIBLAT.NET, Washington – Google Alphabet Inc telah menerbitkan grafik yang menunjukkan bahwa virus corona telah...

Sabtu, 04/04/2020 10:07 0

Close