AS Klaim Lumpuhkan Salah Satu Pendiri Al-Shabaab Somalia

KIBLAT.NET, Washington – Amerika mengklaim pada Selasa (07/03/2020) malam berhasil melumpuhkan salah satu pendiri gerakan jihadis di Somalia, Harakah Al-Syabaab Al-Mujahidin. Komandan jihadis itu terbunuh oleh operasi drone.

“Seorang komandan terkemuka dalam gerakan bersenjata Al-Shabaab tewas dalam serangan udara AS di Somalia selatan,” kata pernyataan AFRICOM, komando militer AS di Afrika, seperti dilansir Anadolu Agency (AA).

Pernyataan itu menambahkan bahwa serangan tersebut diluncurkan di Kota Bush di provinsi Bay pada Kamis lalu. Sedikitnya tiga “teroris”, termasuk seorang pemimpin terkemuka bernama Yusuf Jais akibat serangan itu.

Masih menurut klaim AFRICOM, Jais merupakan salah satu anggota pendiri Al-Shabaab yang dideklarasikan pada 2004 lalu. Ia memegang posisi tingkat tinggi dalam gerakan tersebut, dan berkontribusi pada “operasi teroris” yang menargetkan negara-negara di kawasan Afrika Timur.

“Pemimpin Yusuf Jais bertanggung jawab atas pertumpahan darah orang-orang tak bersalah, dan kematiannya akan berkontribusi pada stabilitas Somalia dan negara-negara tetangga,” kata jenderal AS, Stephen Townsend, dalam pernyataan itu.

Direktur operasi AFRICOM, William Gailer, mengatakan bahwa Al-Shabaab masih menjadi ancaman keamanan di Somalia.

AFRICOM menambahkan bahwa meski sementara waktu kami menangguhkan operasinya di Somalia karena virus Corona, para pemimpin Al-Qaidah, Al-Shabaab dan ISIS melihat pandemi ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan agenda “teroris”. Jadi, tegasnya, kami akan terus membantu pemerintah dan pasukan Afrika.

Sumber: AA
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat