Aneh, Mahfud MD Ngaku Dihubungi Napi Korupsi Lewat Whatsapp

KIBLAT.NET, Jakarta – Menkopolhukam Mahfud MD, menyebutkan bahwa keputusan untuk memberi remisi atau pembebasan bersyarat kepada narapidana merupakan keputusan rapat terbatas kabinet.

Ia juga menekankan bahwa keputusan tersebut dikarenakan adanya penyebaran virus Corona. Di samping itu, kondisi lapas yang ada saat ini melebihi kapasitas.

“Keputusan untuk memberi remisi atau pembebasan bersayarat kepad anarapidana itu keputusan ratas. Di situ disetujui oleh presiden bahwa karena covid dan kapasitas lapas kita yang dibilang seperti itu, disetujui untuk membebaskan sebanyak mungkin orang yang layak diberi kebebasan,” katanya di forum ILC pada Selasa (07/04/2020).

Namun, dalam rapat terbatas tersebut ia mengklaim bahwa tidak membahas secara spesifik soal pembebasan napi korupsi. Sebab, memang ada aturan yang melarang akan hal itu.

“Memang tidak bicara yang khusus seperti korupsi, terorisme dan narkoba. itu nggak ada karena itu memang tidak masuk (yang boleh dibebaskan.red). Sampai detik ini tidak ada koruptor yang diberi remisi atau pembebasan bersyarat,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD pun mengaku sempat mendapat keluhan dari napi korupsi yang sekarang sedang di penjara. Bahkan, ia menyebut keluhan dari napi korupsi itu disampaikan ke Mahfud melalui aplikasi whatsapp. Mahfud sendiri tak menyebutkan siapa napi korupsi yang dimaksud.

“Saya mendapat WA dari seorang yang sedang di penjara karena korupsi. Dia bilang gini, abang saya ini sebenarnya lima bulan lagi sudah akan keluar tetapi saya berharap keluar lebih cepat tapi pemerintah nggak setuju. Padahal saya ini ndak korupsi, ada orang dapat lalu diseret katanya saya ikut serta, lalu saya dihukum. Saya kena 2 tahun, Agustus mau keluar,” tutur Mahfud.

BACA JUGA  HRS Center: Habib Rizieq Tak Bisa Dipidana Karena Langgar PSBB

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat