... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Darurat Corona Akankah Menjadi Darurat Negara?

Foto: Ilustrasi (sumber foto: Kompas.com)

Oleh: Dr. H. Abdul Chair Ramadhan, S.H., M.H.
Direktur HRS Center

Perppu Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara Dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 Dan/Atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan, telah diterbitkan Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, menunggu keputusan DPR apakah akan menolak atau justru menetapkannya menjadi undang-undang.

Dilihat dari judul Perppu, sebenarnya diarahkan untuk kepentingan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan yang terancam bahaya. Dapat dikatakan, kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan ‘mendompleng’ pandemi virus corona. Adanya kata “dan/atau” yang mendahului frasa “dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan”, menunjukkan bahwa Perppu berlaku juga terhadap adanya ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan.

Perppu tidak menyebutkan ancaman yang membahayakan dimaksud, selain pandemi virus corona. Oleh karenanya, Perppu tetap berlangsung, walaupun pandemi virus Corona sudah tidak ada lagi di Indonesia.

Di sisi lain, Perppu tidak menentukan parameter waktu keberlakuannya, ini terkait dengan dengan berakhirnya masa pandemi virus corona guna kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan yang akan diambil.

Perppu menyatakan batasan defisit anggaran melampui 30 % (tiga puluh persen) dari PDB selama masa penanganan Covid-19 dan/atau untuk menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan paling lama sampai dengan berakhirnya Tahun Anggaran 2022. Sejak Tahun Anggaran 2023 besaran defisit akan kembali menjadi paling tinggi sebesar 3% (tiga persen) dari PDB. Namun demikian, meskipun defisit disyaratkan kembali 3 persen pada 2023 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) huruf a angka 2, ketentuan tersebut tidak dapat menjadi dalil sebagai ukuran bahwa kebijakan dimaksud berakhir pada tahun yang bersangkutan.

BACA JUGA  Soal Vaksin Covid-19, Wapres Minta Masyarakat Dukung Pemerintah

Lebih lanjut, pemerintah saat ini juga sedang merumuskan Perppu terkait dengan penundaan Pilkada serentak – semula dijadwalkan pada 23 September 2020 – sebagai respon Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dengan mewabahnya virus corona. Dampak wabah virus corona juga dikhawatirkan merambah pada kemampuan ketersediaan pangan. Tiga lembaga dunia di bawah PBB, WTO, FAO dan WHO telah memperingatkan bahwa virus corona bisa memicu potensi kekurangan (baca: krisis) pangan di seluruh dunia.

Terhadap berbagai permasalahan yang muncul akibat pandemi virus corona, menimbulkan pertanyaan serius, apakah Presiden benar-benar akan menyatakan kedaruratan negara (darurat sipil) berdasarkan kekuatan Undang-Undang Keadaan Bahaya.

Terlepas dari pro dan kontra, secara obyektif harus dicermati keadaan yang bagaimana yang akan dilindungi oleh pemerintah, apakah kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kapital, termasuk gepolitik RRT, atau malah sebaliknya. Kepentingan gepolitik dimaksud menunjuk pada investasi dan berbagai kerjasama strategis.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Pasien Sembuh 1.000 Lebih, Tren Covid-19 di Turki Menurun di Awal April

Sejauh ini, 1.042 pasien telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit, sementara 1.381 pasien saat ini menerima perawatan intensif.

Senin, 06/04/2020 09:59 0

Indonesia

Kemenag Diminta Siapkan Langkah Mitigasi Jika Haji Tahun Ini Ditiadakan

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi telah menyarankan penundaan segala jenis kontrak terkait pelaksanaan ibadah Haji

Senin, 06/04/2020 09:42 1

Indonesia

PKS: Dr. Ahzami Ulama yang Aktif Dakwah Membimbing Umat

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan belasungkawa dan duka cita mendalam atas wafatnya Dr. KH. Ahzami Samiun Jazuli

Ahad, 05/04/2020 15:54 0

Artikel

Belanja Bahan Makanan Saat Pandemi Corona, Jangan Lupa Dibersihkan

Pandemi corona membuat orang-orang lebih banyak berdiam di dalam rumah. Sesuai anjuran pemerintah, ahli medis, dan para pemuka agama, tak perlu banyak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang bersifat mendesak seperti mencari perawatan medis dan berbelanja bahan makanan.

Ahad, 05/04/2020 12:30 0

Indonesia

Ahli Tafsir Dr. Ahzami Samiun Jazuli Wafat

Ulama ahli tafsir sekaligus pengasuh Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikmah (YAPIHD) Bekasi Dr. Ahzami Samiun Jazuli wafat

Ahad, 05/04/2020 11:15 0

Indonesia

Dampak Pandemi Corona, Ribuan Satpam Kehilangan Pekerjaan

Dampak ekonomi dari pandemi virus Covid-19 cukup terasa bagi sektor industri di Indonesia. Diberlakukannya sosial distancing dan work from home telah menyebabkan beberapa aktivitas bisnis melamban dan berhenti. Termasuk dunia industri keamanan yang juga mengalami dampaknya.

Ahad, 05/04/2020 10:49 0

Indonesia

Solo KLB Corona, Kuttab Al-Faruq Belajar Daring Via ZOOM

Berorientasi pada menghafal Al-Qur'an dan pendidikan adab, lembaga pendidikan setingkat SD itu memiliki 40 siswa, tersebar dari kelas 1 hingga 5. Untuk mendukung pembelajaran online, aplikasi ZOOM Cloud Meetings digunakan untuk membantu para siswa belajar.

Ahad, 05/04/2020 10:28 0

Indonesia

Pandemi Corona Belum Usai, Komunitas TDA Bali Salurkan Sembako kepada Warga Terdampak

Penyebaran Covid-19 yang cukup cepat, memaksa pemerintah menerapkan darurat corona. Salah satu anjuran pemerintah adalah agar warga menerapkan social distancing. Semua warga diharapkan untuk banyak tinggal di rumah dan mengurangi kerumunan. Langkah ini adalah upaya untuk memutus rantai penyebaran virus yang hingga kini belum ditemukan obatnya.

Ahad, 05/04/2020 10:27 0

Indonesia

Solidaritas Atar Tetangga Diperlukan untuk Hadapi Dampak Wabah Covid-19

Wabah Covid-19 membuat banyak orang ekonominya terpukul

Ahad, 05/04/2020 01:20 0

Indonesia

Begini Pedoman Pengurusan Jenazah Covid-19 Menurut MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengatur tentang pedoman pengurusan jenazah yang sebelumnya terinfeksi virus SARS-CoV-2 atau corona

Sabtu, 04/04/2020 22:33 0

Close
CLOSE
CLOSE