... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Terbitkan Hasil Wawancara Dengan Pemberontak, Jurnalis Ini Malah Dikenai UU Anti-Terror

KIBLAT.NET, Yangon – Pihak berwenang Myanmar menahan seorang Jurnalis karena menerbitkan hasil wawancara dengan juru bicara kelompok pemberontak di negara bagian Rakhine.

Kepolisian Myanmar menahan pendiri dan editor kantor berita Voice of Myanmar, Nay Myo Lin pada Senin malam karena menerbitkan hasil wawancara dengan juru bicara pemberontak Arakan, sebuah kelompok etnis pemberontak bersenjata yang mayoritas beragama Buddha dan diketahui sering terlibat pertempuran dengan militer.

Nay Myo Lin didakwa telah melanggar pasal dalam undang-undang anti-teorisme terkait larangan organisasi dan individu untuk menghubungi atau bergaul dengan organisasi terlarang

Jika diputuskan bersalah, Nay Myo Lin akan menghadapi hukuman minimal tiga tahun penjara atau bahkan seumur hidup.

Zarni Mann, istri Nay Myo Lin yang juga seorang jurnalis menegaskan bahwa suaminya tidak melakukan hal yang tidak etis dalam menerbitkan laporan tersebut.

“Dia hanya melakukan apa yang dilakukan wartawan; pekerjaan mereka. Saya tidak melihat ada yang salah dengan laporannya tentang pertempuran di negara bagian Rakhine dengan menghubungi kelompok pemberontak Arakan,” katanya.

Pada hari Senin, kepolisian juga mengajukan gugatan terhadap Pemimpin Redaksi kantor berita Narinjana, Khine Myat Kyaw.

Kyaw dituduh dengan tuduhan yang sama karena mewawancarai seorang juru bicara kelompok pemberontak dan menerbitkannya pada bulan Maret 2020.

Langkah ini secara luas dipandang sebagai serangan terhadap kebebasan pers di Myammar.

Pada bulan Januari lalu, militer Myanmar juga mengajukan gugatan terhadap Reuters dan seorang anggota parlemen lokal atas pencemaran nama baik dalam sebuah laporan tentang kematian dua wanita Muslim Rohingya sebagai akibat dari penembakan oleh militer di negara bagian Rakhine.

Namun kasus itu ditarik setelah dewan pers Myanmar turun tangan.

 

Sumber: Anadolu
Editor: Guntur Aji


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Perppu Darurat Sipil Tak Mengatur Soal Wabah Penyakit

Anggota LBH Street Lawyer, Ari Saputera Tarihoran menegaskan bahwa masyarakat sudah melakukan Pembatasan Sosial Sekala Besar (PSBB) sebelum ditetapkan Presiden.

Selasa, 31/03/2020 19:04 0

Indonesia

Pandemi Corona, Jokowi Tetapkan Status Darurat Kesehatan

Pemerintah telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat atas wabah Corona di Indonesia. Hal itu dikatakan oleh Presiden Joko Widodo.

Selasa, 31/03/2020 18:27 0

Indonesia

Koalisi Reformasi Tolak Darurat Sipil

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan yang terdiri dari ELSAM, Imparsial, LBH Jakarta, LBH Masyarakat, LBH Pers, ICW, PBHI, PILNET Indonesia, dan KontraS, menyatakan ketidak setujuannya dengan darurat sipil yang ditetapkan pemerintah melawan penyebaran virus corona dari Wuhan, China ini.

Selasa, 31/03/2020 16:17 0

Indonesia

Romo Syafii: Darurat Sipil Bentuk Ketidakpedulian Pemerintah Terhadap Rakyat

Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii menolak wacana pemerintah menetapkan darurat sipil sebagai langkah terakhir menyikapi Corona.

Selasa, 31/03/2020 16:09 0

Indonesia

Cegah Covid-19, BMH Papua Buka Layanan Semprot Disinfektan

Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Papua, tepatnya di Jayapura hari ini (31/3) membuka layanan semprot disinfektan untuk sekolah, masjid dan rumah dai.

Selasa, 31/03/2020 15:24 0

Info Event

Bantu Mereka yang Tak Bisa #DiRumahAja Saat Wabah Corona

Mari bantu orang-orang yang karena tuntutan keadaan tak bisa #DiRumahAja saat terjadi wabah virus Corona

Selasa, 31/03/2020 12:21 0

Indonesia

Fraksi PAN: Penerapan Darurat Sipil Kurang Tepat

Wakil Ketua Fraksi PAN DPR-RI, Saleh Partaonan Daulay menilai kurang tepat apabila pemerintah mengambil kebijakan pembatasan sosial berskala besar untuk mengendalikan penularan Covid-19 bersamaan dengan penerapan darurat sipil.

Selasa, 31/03/2020 11:50 0

Indonesia

Jazuli Juwaini: Kemenkes Harus Lebih Profesional Atasi Corona

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendesak Kemenkes RI untuk lebih profesional dalam pelayanan medis dan penanganan pasien covid-19.

Selasa, 31/03/2020 00:23 0

Indonesia

PKS Minta Anggaran Kementrian dan Lembaga Difokuskan Atasi Corona

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengucapkan keprihatinan yang mendalam atas masyarakat yang terdampak Virus Wuhan atau Corona.

Selasa, 31/03/2020 00:08 0

Indonesia

Nasir Djamil: Status Darurat Sipil Tunjukkan Pemerintah Gagap Tangani Corona

Anggota Komisi III DPR RI, M. Nasir Djamil mendesak Presiden Jokowi untuk melupakan keinginannya untuk menerapkan darurat sipil dalam mengatasi wabah virus corona.

Senin, 30/03/2020 23:49 0

Close
CLOSE
CLOSE