... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Narapidana di Penjara SDF Berontak, Sejumlah Tahanan ISIS Kabur

Foto: Anggota ISIS yang ditawan milisi Kurdi SDF di Al-Baghuz di Suriah. Baghuz merupakan kota terakhir yang dikuasai ISIS./Ilustrasi

KIBLAT.NET, Hasakah – Pemberontakan meletus di penjara Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pada Ahad (29/03/2020) di timur laut Suriah. Para tahanan berhasil ruangan dan sebagian lain berhasil kabur, beberapa di antaranya anggota ISIS.

Juru bicara milisi Kurdi yang didukung AS, Musthafa Bali, mengabarkan dalam Twitter bahwa insiden itu terjadi di sebuah penjara besar yang dikelola SDF di provinsi Hasakah, timur laut Suriah. Pihaknya sedang menambah kekuatan untuk mengatasi kondisi tersebut.

“Situasinya tegang di dalam penjara, dan pasukan anti-teroris berusaha mengendalikan situasi. Kami telah mengirim lebih banyak bala bantuan dan pasukan kontraterorisme ke penjara,” tulis Bali di akun Twitternya seperti dilansir Reuters.

TV pemerintah Suriah sebelumnya melaporkan bahwa sedikitnya 12 militan melarikan diri dari penjara menuju pinggiran selatan Hasakah.

Tokoh-tokoh suku Arab dalam kontak dengan penduduk di daerah itu mengatakan bahwa pesawat koalisi pimpinan AS terlihat terbang di dekat penjara setelah insiden itu.

Warga mengatakan ada laporan yang belum dikonfirmasi tentang kematian beberapa tahanan dalam upaya terbaru untuk melarikan diri dari penjara.

Tidak jelas berapa banyak narapidana di penjara itu, dan itu adalah salah satu dari beberapa penjara yang digunakan SDF untuk menahan ribuan tahanan. Banyak pihak menyebutkan para tahanan anak-anak dan yang lainnya ditangkap dengan tuduhan palsu atau karena menolak kebijakan perekrutan wajib militer SDF.

BACA JUGA  Disokong Rusia, Rezim Assad Akan Buat Hagia Sophia Tandingan

Human Rights Watch yang berbasis di AS mengatakan bahwa SDF menahan sekitar 12.000 pria dan anak lelaki yang diduga anggota ISIS, termasuk antara 2.000 dan 4.000 orang asing dari sekitar 50 negara.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Karantina Wilayah: Perlu tapi Pemerintah Belum Siap

Badai pandemi corona masih belum berakhir. Total kasus per 30 Maret 2020 adalah 1.285 orang dengan rincian 1.107 dalam perawatan, 114 meninggal, dan 64 sembuh. Infeksi virus corona atau Covid-19 juga telah menyebar ke 24 provinsi di Indonesia. Kasus terbanyak masih dipegang oleh DKI Jakarta dengan total kasus 675 dengan rincian 562 dalam perawatan, 68 meninggal, dan 45 sembuh.

Senin, 30/03/2020 07:33 0

Indonesia

Pandemi Corona, Mukernas VI Parmusi Digelar Secara Online

Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi), H. Usamah Hisyam membuka Mukernas VI Parmusi pada Ahad (29/03/2020) pagi. Kegiatan yang diikuti para pengurus wilayah Parmusi di seluruh Indonesia itu dilakukan secara online.

Ahad, 29/03/2020 22:15 0

Indonesia

MUI: Dana Ibu Kota Baru Sebaiknya untuk Rakyat Ketika Lockdown

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas memberikan beberapa pertimbangan kepada elit negeri ini dalam menyikapi Coron

Ahad, 29/03/2020 19:57 0

Suara Pembaca

Penanganan Corona Memang Santuy, Tapi Pemerintah Sama Sekali Tidak Salah

Santuy, itulah kata yang pantas disematkan kepada pemerintah dalam menangani wabah corona yang hari ini (29/03/2020) kasusnya telah menembus angka seribu. Atau paling tidak, itulah yang bisa kita simpulkan dari kritikan yang disampaikan oleh para oposan terkhusus Fraksi Partai Keadilan Sejahtera.

Ahad, 29/03/2020 15:53 0

Indonesia

Pemerintah Didesak Segera Terbitkan Perppu Covid-19

Pengamat Hukum, M. Kamil Pasha menegaskan bahwa Pemerintah harus segera menerbitkan Perppu untuk menyikapi virus Corona.

Ahad, 29/03/2020 15:51 0

Indonesia

LBH Street Lawyer Kritik Narasi Achmad Yurianto Soal Penyebaran Corona

Statemen Jubir Pemerintah khusus penanganan COVID-19, Achmad Yurianto terkait penyebaran Corona tuai kontroversi.

Ahad, 29/03/2020 15:26 0

Artikel

Heal the World, Make it Better Place

Mari sembuhkan bumi, membuatnya jadi tempat yang lebih baik. Sang penyanyi telah meninggal, namun sepenggal lagu tentang bumi mengingatkan kita, manusia, akan satu hal besar yang terlupakan.

Ahad, 29/03/2020 12:17 0

Artikel

Lockdown, Simalakama bagi Jokowi

Meski tak dijelaskan spesifik, Jokowi seolah menyatakan bahwa lockdown tak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

Sabtu, 28/03/2020 19:20 0

Suara Pembaca

Ibu Bercita-cita Mulia

Covid-19 bukan hanya berdampak pada para pekerja, atau kondisi ekonomi saja, akan tetapi para siswa-siswi dari segala jenjang pendidikan pun kena imbasnya. Mereka dengan terpaksa diliburkan dan menjalankan tugas sekolah dari rumah masing-masing dengan bantuan para orang tua. Adanya perpanjangan masa libur oleh pihak sekolah membuat beberapa orang tua mengeluh.

Sabtu, 28/03/2020 16:46 0

Indonesia

Habib Rizieq: Corona Meluas Karena Pengambil Kebijakan Meremehkan Masalah

Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab mengatakan bahwa berbagai langkah yang diambil Gugus Tugas Covid-19 bersama Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam menyikapi Wabah Corona secara umum sudah sangat bagus.

Sabtu, 28/03/2020 15:10 0

Close